Skip to main content

Nokia 6 Resmi Dirilis, Smartphone Android Terbaru dari Nokia


Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya tepat pada hari Minggu kemarin (08/01/2017), HMD Global secara resmi merilis smartphone Android Nokia yang bernama Nokia 6. Namun sayangnya, untuk sementara ini smartphone Nokia tersebut masih hanya dirilis di China. Bagi kamu yang belum tahu, HMD Global adalah perusahan asal Finlandia yang mengambil alih bisnis ponsel Nokia setelah perjanjian Nokia dengan Microsoft berakhir dan HMD Global kini yang memegang lisensi merek dagang "Nokia".

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Nokia yang Jarang Diketahui

HMD Global juga memberikan pernyataan mengenai proses pembuatan body dari Nokia 6 yang dibuat di pabrik Foxconn. Dalam pernyatannya tersebut, mereka mengungkapkan proses pembuatan body Nokia 6 itu terbuat dari balok aluminium seri 6000 membutuhkan waktu selama 55 menit. Selanjutnya, ada dua proses penganodaan secara terpisah yang memakan waktu lebih dari 10 jam. Dan masing-masing proses tersebut akan diakhiri dengan proses penyempurnaan sebanyak 5 kali.

Nokia 6

Adapun hasil akhir dari seluruh proses tersebut adalah desain unibody dari bahan alumunium dengan level tertinggi pada kualitas visual yang struktural. Jadi bisa dipastikan bahwa Nokia 6 akan menjadi sebuah smartphone dengan desain yang solid dan memiliki tingkat ketahanan yang sangat tinggi.

Nokia 6 menggunakan layar seluas 5,5 inchi Full HD 1920×1080 pixel dengan desain melengkung 2,5D Gorilla Glass dari Corning. Nokia 6 juga dibekali dengan dual speaker dan mendukung teknologi audio Dolby Atmos yang mampu menghantarkan suara hingga 6 desibel. Sehingga kualitas suara yang dihasilkan jauh lebih kencang daripada speaker pada umumnya.

Dan berikut ini beberapa spesifikasi dari Nokia 6:
  • Dimensi: 154 x 75.8 x 7.85 mm. Dengan desain Unibody aluminium.
  • Layar: IPS 5.5 inchi Full HD 1920x1080 pixel, 403 ppi, 2,5D Gorilla Glass.
  • Processor: Octa-core 64 bit Qualcomm Snapdragon 430.
  • RAM: 4 GB.
  • Memori Internal: 64 GB, slot microSD hingga 128 GB.
  • Sistem Operasi: Android 7.0 Nougat.
  • Kamera Belakang: 16 Megapixel, aperture f/2.0, PDAF, dual LED flash.
  • Kamera Depan: 8 Megapixel, aperture f/2.0, sudut pandang 84 derajat.
  • Konektivitas: 4G LTE Cat. 4, Bluetooth, Wi-Fi, GPS, microUSB, jack audio 3.5 mm.
  • Fitur lain: Fingerprint sensor, Dual speaker, support Dolby Atmos.
  • Baterai: 3000 mAh.
Jika kita lihat dari spesifikasi di atas, sudah jelas bahwa Nokia 6 memang ditujukan untuk segmen kelas menengah. Kabarnya, Nokia 6 akan mulai dijual di China pada awal tahun 2017 ini melalui toko online JD.com dengan harga 1.699 Yuan atau sekira Rp.3,2 jutaan. Belum bisa dipastikan apakah HMD Global juga akan merilis Nokia 6 di negara lain atau tidak. Jadi, kita tunggu saja kabar selanjutnya.

UPDATE: Nokia 6 Resmi Dirilis Secara Global, baca artikel selengkapnya disini

Sumber: Nokia.com | HMDglobal.com

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.