Microsoft Akan Mengakhiri Dukungan untuk Windows 7 Pada Tahun 2020


Windows 7 end support

Kamu pengguna Windows 7? Jika iya, maka bersiaplah menerima kabar yang bisa dikatakan “kurang baik” bagi kamu yang masih setia menggunakan sistem operasi ini. Karena belum lama ini, Microsoft telah mengumumkan bahwa pada tahun 2020 nanti mereka akan mengakhiri dukungannya untuk sistem operasi Windows 7. Ya, tepatnya pada tanggal 14 Januari 2020, sekitar tiga tahun lagi dukungan Microsoft terhadap Windows 7 akan berakhir.

Itu artinya pada tanggal yang sudah ditetapkan oleh Microsoft tadi, para pengguna Windows 7 tidak akan lagi mendapatkan fitur tambahan baru, update keamanan serta dukungan teknis dari Microsoft. Microsoft juga mengatakan jika pengguna masih tetap menggunakan Windows 7 maka pengguna harus mengeluarkan biaya lebih untuk maintenance. Karena pasca pemberhentian dukungan tersebut, Windows 7 mungkin tidak akan bisa lagi bertahan dengan berbagai ancaman security yang luar biasa di masa mendatang.

Sebenarnya, tanda-tanda Windows 7 akan di “pensiun” kan oleh Microsoft telah terlihat sejak dulu. Hal tersebut terbukti sejak tanggal 13 Januari 2015 lalu, Microsoft telah mengakhiri dukungan mainstream bagi pengguna Windows 7 Service Pack 1. Namun, dukungan untuk update terkait sistem keamanan masih akan terus diberikan oleh Microsoft dalam masa “extended support” yang berlaku hingga 14 Januari 2020.

Tentu hal tersebut akan menjadi kabar buruk bagi para pengguna Windows 7. Terlebih hingga saat ini, banyak sekali pengguna yang masih setia dengan OS yang menemani selama 8 tahun sejak pertama kali dirilis pada tahun 2009 lalu tersebut. Karena dukungan untuk Windows 7 akan segera berakhir, maka ada baiknya jika mulai sekarang kamu harus mempertimbangkan untuk meninggalkan Windows 7 dan beralih ke sistem operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 10.

Namun bagi kamu yang masih ragu untuk beralih ke Windows 10, jangan khawatir, karena Microsoft menjamin bahwa Windows 10 memiliki keamanan yang maksimum, telah mendukung teknologi yang mutakhir, dan proses upgrade juga mudah. Bahkan kabarnya 96% perusahaan di seluruh dunia sudah mengevaluasi Windows 10. Dengan pernyataan dari Microsoft tadi, apa kamu masih ragu untuk beralih Windows 10?

Sekarang kita telah memasuki tahun 2017, sekitar 3 tahun lagi perjalanan Windows 7 akan berakhir. Apakah kamu punya pengalaman menarik selama menggunakan Windows 7? Yuk! Bagikan pengalamanmu di kolom komentar. ;)

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »