Keren! Seperti Inilah Wujud Sinyal Wi-Fi Jika Difoto


Wujud Sinyal Wi-Fi

Saat ini, hampir di setiap tempat-tempat umum terdapat fasilitas Wi-Fi, bahkan kini sebagian pengguna internet sudah memasang Wi-Fi pribadi di rumah mereka. Di beberapa tempat umum, kita bisa dengan mudah menggunakan fasilitas Wi-Fi tersebut secara gratis. Namun selain menggunakannya, pernakah kamu membayangkan seperti apa wujud sinyal Wi-Fi tersebut?, teknologi Wi-Fi berbeda dengan koneksi internet kabel. Jika internet kabel kita bisa melihat kabel yang terhubung ke komputer sebagai media koneksinya, namun teknologi Wi-Fi menggunakan sebuah perangkat Wi-Fi untuk memancarkan sinyal yang tidak terlihat oleh kasat mata.

Baca juga: Berkenalan Dengan Li-Fi, Teknologi Wireless yang 100 Kali Lebih Cepat Dibandingkan Wi-Fi

Oleh sebab itu, agar kita dapat melihat sinyal Wi-Fi tersebut, sekelompok peneliti yang berasal dari Newcastle University, Inggris, berhasil mengabadikan wujud sinyal Wi-Fi agar dapat terlihat dengan teknik fotografi dalam sebuah project yang bernama Touch Research Project. Semua hasil karya foto dari project tersebut mereka sebut dengan Light painting Wi-Fi.

Untuk dapat memvisualisasikan sinyal Wi-Fi tersebut, para peneliti menggunakan teknik fotografi long exposure yang dihubungkan dengan sensor RSSI sehingga sinyal Wi-Fi yang tertangkap dapat menghasilkan warna-warna yang indah seakan-akan sinyal Wi-Fi tersebut bergerak berdasarkan interaksi objek.

Warna-warna yang dihasilkan dari sinyal Wi-Fi dibagi menjadi dua, yaitu biru dan merah. Adapun warna merah menandakan sinyal Wi-Fi yang sangat kuat. Sedangkan warna berarti menandakan sinyal Wi-Fi yang lemah. Berikut ini adalah beberapa karya dari tim peneliti Touch Research Project yang berhasil memvisualisasikan wujud sinyal Wi-Fi kedalam sebuah foto:


Wujud Sinyal Wi-Fi

Bagaimana? Sangat indah sekali bukan wujud dari sinyal Wi-Fi tersebut? Jadi jika misalkan kita berada didalam ruangan yang terdapat sinyal Wi-Fi nya, maka bisa dikatakan bahwa kita sebenarnya berada ditempat yang penuh dengan warna-warna yang indah. #eaa XD

Sumber: Pocket Lint | Kompas Tekno
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »