19 December 2016

Gboard Resmi Hadir di Android, Keyboard Canggih Buatan Google


Belum lama ini Google akhirnya telah secara resmi menghadirkan aplikasi keyboard terbarunya yang bernama Gboard untuk perangkat Android, setelah sebelumnya raksasa mesin pencari tersebut telah lebih dulu merilis aplikasi Gboard ini untuk perangkat iOS sejak bulan Mei lalu.

Sebenarnya, aplikasi keyboard ini merupakan versi update dari Google Keyboard yang biasanya digunakan secara default oleh beberapa smartphone berbasis Android. Hanya saja pada versi terbaru ini, Google mengganti namanya menjadi Gboard sekaligus menambahkan beberapa fitur baru didalamnya. Adapun konsep dari fitur utama Gboard ini adalah dengan menggabungkan fungsi dari Google search ke dalam keyboard virtual. Dimana terdapat shortcut ke kolom pencarian melalui tombol berlogo "G" khas Google yang ada di keyboard.

Gboard

Pengguna dapat menggunakan tombol "G" tersebut untuk melakukan pencarian dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan, kemudian pengguna dapat membagikan link dari hasil pencariannya tersebut kepada teman langsung dari aplikasi chatting yang digunakan. Sehingga pengguna jika ingin berbagi link tidak perlu repot lagi dari searching di browser, mengcopy link, kemudian balik lagi ke aplikasi chatting.

Selain itu, terdapat beberapa fitur menarik yang ada di Gboard, diantaranya dukungan tiga bahasa untuk preferensi kata, pengetikkan gesture yang bernama Glide Typing, pengguna dapat mengirim berbagai pilihan emoji yang menarik serta mengirim gambar dan animasi GIF. Namun untuk berkirim animasi GIF, pengguna hanya dapat menggunakannya jika menggunakan aplikasi yang mendukung gambar berformat GIF.

Nah, bagi kamu yang kebetulan menggunakan Google Keyboard sebagai keyboard default di smartphone Android mu, silahkan update aplikasi Google Keyboard ke versi terbaru untuk dapat mencoba fitur-fitur keren yang ada di Gboard. Dan bagi yang belum menggunakannya, aplikasi Gboard dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.