10 December 2016

5 Fitur Keren di Browser Opera yang Layak Kamu Coba


Opera

Bagi pengguna internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan browser Opera. Ya, meskipun sebagian orang memang menganggap Opera adalah browser jadul alias jaman dulu yang sudah kehilangan popularitasnya jika dibandingkan dengan browser lain seperti Google Chrome dan Firefox. Tapi Opera hingga kini tetap berusaha menghadirkan berbagai fitur baru yang membuat browser ini menjadi semakin kaya akan fitur kerennya dan pastinya akan menggoda para netter.

Oleh karena itu, melalui artikel kali ini aku akan membahas tentang 5 fitur keren yang ada di browser Opera. Yuk langsung saja disimak:

#1. VPN Gratis dan Unlimited

VPN Opera

Pasti kamu sangat kesal jika situs favorit kamu diblokir, iya kan? Satu-satunya cara agar bisa mengakses situs yang terblokir adalah mengunakan layanan VPN atau Virtual Private Network. Ada banyak sekali layanan VPN diluar sana, baik yang gratis ataupun juga berbayar. Meski ada yang gratis, tapi layanan VPN tersebut memberikan akses kuota yang terbatas, entah itu 500MB per bulan, atau 1GB per bulan. Kalaupun ada yang memberikan kuota unlimited, namun koneksinya mungkin lambat karena memang penggunanya yang banyak.

Oleh sebab itu, Opera membuat gebrakan dengan langsung memberikan fitur VPN gratis dan Unlimited kedalam browser mereka. Sebelumnya, fitur ini sudah ada di Opera versi Developer. Tapi kini, fitur VPN gratis ini telah resmi hadir di Opera versi final.

Baca juga: Browser Opera Kini Dilengkapi Fitur VPN Gratis dan Tak Terbatas

Secara default, fitur VPN ini tidak aktif. Kamu bisa mengaktifkannya melalui menu Settings -> Privacy & security -> Enable VPN. Lalu pada bagian pojok kiri address bar akan ada icon VPN. Silahkan klik icon tersebut, lalu geser icon toggle menjadi On. Terdapat 5 pilihan server VPN yang bisa kamu gunakan, diantaranya Kanada, Jerman, Belanda, Singapura, dan Amerika Serikat. Namun defaultnya akan terpilih otomatis di server VPN yang paling optimal.

Kamu juga bisa melihat berapa banyak bandwidth VPN yang sudah kamu gunakan, serta grafik penggunaannya selama ini.

#2. Built-in Ad Blocker

Ad Blocker Opera

Adanya Iklan yang ada di suatu website memang seperti dua sisi uang logam yang berbeda. Di satu sisi, karena iklan inilah pengelola website bisa mendapatkan penghasilan dari konten yang dibagikannya. Tetapi di sisi lain tidak sedikit pengguna internet yang merasa terganggu dengan iklan tersebut hingga memutuskan menggunakan layanan ad blocker di browser mereka.

Opera menjadi browser pertama yang telah menghadirkan fitur Ad Blocker secara default. Fitur ini bisa diaktifkan melalui Settings -> Basic -> Block ads.

Sama seperti layanan Ad Blocker lainnya, Ad Blocker di Opera ini juga dilengkapi dengan fitur Manage Exceptions. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan white list atau daftar website yang kamu suka dan kamu support dengan tetap menampilkan iklan didalamnya. Jadi jika misalnya kamu suka dengan Indra's Blog, maka silahkan kamu masukkan Indra's Blog ke daftar white list di browser Opera kamu ya.. ;)

#3. Video Pop Out

Video Pop Out Opera

Fitur ini adalah fitur yang paling keren menurutku. Karena dengan adanya fitur Video Pop Out di Opera, kamu bisa menampilkan video di YouTube melalui jendela pop out secara terpisah yang tampil di pojok browser.

Cara menggunakan fitur Video Pop Out ini juga sangat mudah. Saat kamu menonton video di situs YouTube, maka kamu akan menemukan icon pop out tepat diatas frame video. Silahkan klik icon tersebut maka frame video akan tampil di pojok browser.

Video Pop Out Opera

Dengan begitu kamu bisa melanjutkan browsing lagi sembari melihat video yang tetap berjalan di jendela pop out tersebut.

#4. Tab Preview

Tab Preview Opera

Fitur ini sangat cocok bagi kamu yang suka membuka banyak tab sekaligus. Dengan tab preview, kamu bisa mengintip tab yang sebelumnya kamu buka tanpa harus membuka tab tersebut. Caranya, kamu cukup mengarahkan kursor ke arah tab yang ingin kamu lihat. Maka Opera akan menampilkan thumbnail website dengan ukuran yang lebih kecil didepan tab yang saat ini kamu buka.

#5. Battery Saver

Fitur battery saver kini juga hadir di Opera versi final setelah sebelumnya cukup lama berada di Opera versi developer. Opera mengklaim bahwa dengan adanya fitur battery saver ini, maka dapat menghemat baterai laptop hingga 50% jika dibandingkan dengan menggunakan browser lainnya.

Untuk mengaktifkan fitur battery saver ini, kamu cukup pergi ke menu Settings -> Browser -> Battery Saver -> Enable battery saver.

Battery Saver Opera

Fitur ini sangat cocok untuk kamu yang biasa menggunakan laptop untuk browsing di tempat outdoor, sehingga daya tahan baterai laptop menjadi lebih awet.

Itulah 5 fitur keren yang ada di browser Opera. Sebenarnya masih banyak lagi fitur keren lainnya, seperti Opera Turbo untuk me-load halaman website dengan cepat, Bookmark Bin untuk tempat penampungan sementara dari bookmark yang telah dihapus (sama seperti Recycle Bin di Windows) dan juga efek transisi yang lebih halus.

Meskipun Opera menggunakan engine Chromium yang juga di pakai oleh Google Chrome, tapi Opera mampu menghadirkan fitur-fitur yang sangat inovatif. Nah, bagi kamu yang tertarik mencoba browser Opera ini, silahkan unduh secar gratis melalui website resmi Opera disini.