Google PhotoScan, Ubah Foto Cetak 'Jadul' Menjadi Foto Digital Berkualitas Tinggi


Google PhotoScan

Dahulu, banyak orang membuat foto kenangan bersama keluarga yang diabadikan dengan menggunakan kamera film dan kemudian mencetaknya untuk dikumpulkan dalam sebuah album foto. Namun ada satu masalah yang sering terjadi pada foto-foto tua atau jadul tersebut adalah dapat dengan mudahnya hilang atau rusak karena termakan usia. Oleh sebab itu, untuk membantu "menyelamatkan" berbagai foto jadul tersebut dari kerusakan, Google belum lama ini telah merilis sebuah aplikasi yang bernama Google PhotoScan untuk perangkat Android dan iOS.

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang dikembangkan oleh tim Google Photos ini memiliki fungsi yang mirip seperti mesin scanner. Dimana dengan Google PhotoScan, pengguna dapat memindai/scan foto hasil cetakan dan mengubahnya kedalam bentuk foto digital berkualitas tinggi yang kemudian menyimpannya pada smartphone.

Sebenarnya, tanpa bantuan aplikasi pun kita masih bisa memotret foto cetakan dengan smartphone. namun kita harus memperhatikan hal-hal yang bisa mempengaruhi hasil foto, seperti refleksi cahaya, bayangan, kemiringan objek, dan lainnya. Tapi dengan menggunakan Google PhotoScan, maka kita tidak perlu pusing memikirkan semua hal tersebut. Karena Google PhotoScan dapat secara otomatis memutar objek kearah yang tepat, mengoreksi warna, mendeteksi bagian tepi objek, menghilangkan efek bayangan dan silau, hingga meningkatkan kualitas hasil foto. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memindai foto yang ada pada bingkai/frame atau di dalam album.


Untuk cara menggunakan Google PhotoScan ini juga sangat mudah. Kamu tidak perlu mendaftarkan diri/sign up sebelum menggunakannya, karena Google PhotoScan akan langsung terhubung dengan akun Google milik kamu. Kemudian kamu hanya perlu menempatkan objek foto tepat di kotak pemindai PhotoScan.

Selanjutnya tekan tombol pindai, maka aplikasi akan meminta kamu untuk menyesuaikan lingkaran yang terletak ditengah layar aplikasi dengan empat titik yang terletak di masing-masing sudut foto. Silahkan tunggu hingga Google PhotoScan akan mengambil dan menggabungkan beberapa foto yang kemudian akan memberikan hasil foto yang terbaik. Selanjutnya, kamu akan diberikan pilihan untuk menyimpan hasil foto tersebut di smartphone atau mengupload ke layanan Google Photos.

Nah, bagi kamu yang tidak ingin foto kenangan kamu bersama mantan keluarga jadi hilang atau rusak, langsung coba saja aplikasi "scanner" buatan Google ini. Google PhotoScan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »