Android 7.0 Nougat Resmi Dirilis, Inilah Fitur Terbarunya


Android N
Akhirnya pada Selasa kemarin (23/08) Google secara resmi merilis versi Android terbaru mereka yang bernama Android 7.0 Nougat. Dan seperti biasa, pada awal perilisannya, Google memberikan update resmi secara over the air (OTA) pada beberapa smartphone Nexus, diantaranya Nexus 5X, Nexus 6, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, dan Google Pixel C serta smartphone Android One. Untuk selanjutnya, update akan digulirkan kepada smartphone Android lainnya.

Baca juga: Android 'Nougat' Jadi Nama Resmi untuk Android N

Mungkin kalian bertanya, mengapa perangkat Nexus dan Android One menjadi yang pertama merasakan hal yang baru dari Google termasuk mendapatkan update Android Nougat? Itu karena perangkat Nexus dan Android One dikembangkan berkat kerjasama Goole dengan manufaktur pilihannya dan dibawah pengawasan langsung oleh Google sendiri.

Bagi kamu pengguna dari salah satu seri smartphone di atas namun belum mendapatkan notifikasi update OS, jangan bingung dulu. Menurut berbagai sumber yang aku dapat, biasanya, perangkat akan membutuhkan waktu hingga paling lama satu minggu untuk mendapatkan notifikasi update. Hal ini karena untuk saat ini hanya sebagian pengguna saja beruntung yang mendapat giliran update paling awal.

Android 7.0 Nougat hadir dengan membawa berbagai fitur baru yang belum pernah ada pada versi Android sebelumnya serta perbaikan dari segi keamanan. Dan berikut ini beberapa fitur terbaru Android 7.0 Nougat :

#1. Penambahan 72 Emoji Baru

New emoji Android N

Android 7.0 Nougat dilengkapi dengan 72 Emoji terbaru untuk memberikan pengalaman chatting menjadi makin seru. Pengguna juga dapat menggunakan emoji Google hasil dari modifikasi dan emoji smiley dengan tampilan lebih realistis.

#2. Menjalankan Dua Aplikasi Secara Bersamaan (Multi Window)

Multi window Android N

Seperti yang telah aku jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa Android 7.0 Nougat telah dilengkapi fitur multi window. Dimana pada fitur ini memungkinkan pengguna dapat menggunakan dua aplikasi bersamaan secara berdampingan dalam satu layar.

Sebenarnya, fitur ini bukanlah fitur baru, karena sebelumnya juga pernah digunakan pada beberapa smartphone buatan Samsung yang telah mengkustomasi UI Androidnya. Namun sekarang, pada Android 7.0 Nougat fitur ini dihadirkan secara default. Jadi semua pengguna yang perangkatnya menjalankan Android 7.0 Nougat akan dapat menikmati fitur keren ini.

#3. Multitasking yang Lebih Cepat dan Efektif

Pada Android 7.0 Nougat, terdapat penambahan fitur pada tombol recent apps yang diberi nama Quick Switch. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat melakukan 'double tap' untuk beralih dengan cepat antara dua aplikasi yang terakhir telah dibuka.

Misalnya, saat pengguna sedang membuka aplikasi Gmail tapi ingin mengcopy sebuah link yang pada browser Chrome untuk disisipkan ke dalam email. Maka pengguna dapat membuka Chrome untuk mengcopy link, kemudian cukup double tap tombol recent apps maka seketika itu juga akan kembali beralih ke aplikasi Gmail.

#4.Notification Direct Reply

Notification Direct Reply Android N

Pada Android 7.0 Nougat dilengkapi dengan fitur Notification Direct Reply, dimana fitur ini memungkinkan pengguna dapat langsung membalas pesan dari notification bar. Jadi pengguna tidak perlu lagi membuka aplikasi secara penuh hanya untuk membalas chatting atau pesan yang masuk. Selain itu notifikasi dari aplikasi yang sama akan dibundle menjadi satu. Sehingga akan lebih rapi dan tidak menumpuk pada layar.

#5. Data Saver

Data Saver Android N

Dengan perangkat yang menjalankan Android 7.0 Nougat, maka pengguna tidak perlu khawatir lagi jika kuota internet telah menipis. Hal ini karena pada versi terbaru Android ini telah dilengkapi fitur Data Saver. Fitur ini akan menonaktifkan akses data pada aplikasi yang berjalan di background, sehingga dapat meminimalisir penggunaan paket data.

#6. Performa Grafik yang Lebih Baik

3D Perform Android N

Pada perangkat tertentu yang menjalankan Android 7.0 Nougat, performa grafik 3D saat digunakan bermain game dan kinerja aplikasi akan menjadi lebih baik karena telah menggunakan fitur Vulkan API.

Itulah beberapa fitur baru yang hadir di Android 7.0 Nougat. Dan masih banyak lagi fitur-fitur baru lainnya yang tidak bisa aku sebutkan semuanya disini. Untuk detail mengenai fitur Android 7.0 Nougat selengkapnya, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi Android. Nah, bagaimana? Fitur mana yang paling keren menurutmu? Bagikan pendapatmu dikolom komentar.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »