BlackBerry DTEK50, Smartphone Android yang Diklaim Paling Aman Di Dunia


Belum lama ini, BlackBerry secara resmi mengumumkan smartphone terbaru mereka bernama BlackBerry DTEK50. Smartphone yang juga sempat di rumorkan sebagai BlackBerry Hamburg ini merupakan generasi kedua dari jajaran smartphone BlackBerry yang menggunakan sistem operasi berbasis Android setelah BlackBerry Priv.

BlackBerry DTEK50 merupakan produk hasil kerjasama antara BlackBerry dengan TCL, sebuah perusahaan asal China yang juga memproduksi smartphone Alcatel Idol 4. Jika kita perhatikan, BlackBerry DTEK50 sekilas sangat mirip dengan Alcatel Idol 4. Tidak hanya bentuk desain fisiknya saja, tapi spesifikasi hardwarenya juga mirip. Hal tersebut dikarenakan bahwa kabarnya BlackBerry DTEK50 merupakan produk hasil rebranding dari Alcatel Idol 4.

BlackBerry DTEK50

Namun, yang paling membedakan antara BlackBerry DTEK50 dengan "kembarannya" tersebut adalah terletak di bagian software. Dimana pada BlackBerry DTEK50 telah dilengkapi fitur keamanan khas dari BlackBerry yang bernama DTEK Security Suite. Fitur ini berfungsi untuk melindungi smartphone dari serangan malware dan resiko keamanan lainnya yang biasanya ditemukan di Android. Bahkan, pihak BlackBerry berani mengklaim bahwa DTEK50 merupakan smartphone Android paling aman di dunia.

Adapun cara kerja dari fitur DTEK ini mirip dengan antivirus. Dimana pengguna dapat mengontrol privasi pada fitur yang tersedia untuk mencegah aksi dari aplikasi pihak ketiga yang dianggap mencurigakan. Seperti misalnya ketika aplikasi mencoba mengakses lokasi ataupun kontak secara sembunyi-sembunyi, maka akan ada pemberitahuan mengenai hal tersebut.

Untuk spesifikasinya, BlackBerry DTEK50 menggunakan sistem operasi Android versi 6.0 Marshmallow dan mengusung layar 5.2 inchi Full HD 1080p yang dilapisi dengan Oleophobic coating untuk melindungi layar dari kotoran berupa air dan minyak. Dari segi dapur pacu, DTEK50 ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 617, processor quad-core 1,5 GHz, RAM 3 GB, pengolah grafis GPU Adreno 405, memori internal 16 GB yang bisa ditambah dengan slot micro SD hingga 2 TB, serta baterai 2610 mAh.

Untuk urusan konektivitas, DTEK50 dibekali dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, Bluetooth versi 4.2 LE, NFC. Dan untuk urusan fotografi, DTEK50 menggunakan kamera belakang 13 Megapixel dengan dual-tone LED flash yang didukung teknologi PDAF (Phase Detection AutoFocus), dan Kamera Depan 8 Megapixel. Selain dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup canggih, BlackBerry DTEK50 juga telah dibekali berbagai fitur yang mendukung produktivitas. Diantaranya ada fitur Pop up widget, BlackBerry Hub, dan juga Intelligent Touch Keyboard yang mampu mempelajari setiap ketikan pengguna dan menampilkan saran kata yang lebih akurat untuk mempercepat proses pengetikan.

BlackBerry DTEK50 Keyboard

Berbeda dengan saran kata yang terdapat pada keyboard Android pada umumnya yang di tampilkan dibagian paling atas, keyboard pada BlackBerry DTEK50 justru menampilkan saran kata tepat diatas huruf kedua yang mungkin akan diketikkan oleh pengguna. Hmm, cukup antimainstream bukan??

BlackBerry DTEK50 dibanderol di kisaran $299 atau sekitar 4 juta rupiah. Nah, bagi kamu yang ingin memiliki smartphone Android berfitur keamanan yang canggih ini sepertinya harus bersabar dulu. Karena sampai saat ini belum ada kabar apakah smartphone keren ini bakal masuk Indonesia atau tidak.
 
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »