Android 'Nougat' Jadi Nama Resmi untuk Android N


Kemunculan Android N memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar sistem operasi Android. Karena sistem operasi terbaru besutan Google ini mengusung berbagai fitur baru yang selama ini tidak tersedia di versi Android sebelumnya. Namun sejak diumumkan versi developer preview-nya pada bulan Maret lalu, rasa penasaran publik pun muncul tentang arti huruf "N" dari Android N tersebut. Karena pada saat itu, Google belum memiliki nama yang cocok untuk sistem operasi terbarunya tersebut.

Saat itu juga sempat muncul banyak rumor terkait pemberian nama sistem operasi Android terbaru ini. Mulai dari Nutella, New York Cheesecake, hingga Neyyapam (sejenis kue cucur khas India). Bahkan Google pun beberapa waktu lalu sempat mengadakan sayembara khusus untuk mendapatkan masukan dari publik mengenai ide nama apa yang akan dipakai oleh Android N. Dan tepat pada hari Jum'at kemarin (1/7/2016), akhirnya Google mengumumkan bahwa "Nougat" sebagai nama resmi untuk Android N.

Android N

Nama Android Nougat resmi diperkenalkan oleh Google melalui akun Snapchat resmi dari raksasa internet tersebut pada hari Jum'at (1/7/2016) dan di akun Twitter resmi Android yang dikicaukan sehari sebelumnya.



Pemberian nama Nougat ini diambil dari sebuah nama camilan manis yang terbuat dari dari bahan gula, kacang yang dipanggang, putih telur dan madu. Karena seperti yang telah kita ketahui, Google selama ini selalu memberikan nama-nama resmi pada sistem operasinya dengan nama makanan ringan atau camilan yang manis. Jika kita urutkan dari versi awal sampai versi yang baru kemarin, nama-nama dari Android tersebut yaitu Android Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0 - 2.1), Froyo (2.2 - 2.2.3), Gingerbread (2.3 - 2.3.7), Honeycomb (3.0 - 3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0 - 4.0.4), Jelly Bean (4.1 - 4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0).

Android Nougat nantinya akan menjadi penerus dari Android Marshmallow. Tetapi untuk saat ini, statusnya masih Beta kedua yang diklaim lebih stabil dari versi yang dulu pertama kali diumumkan. Dan satu hal yang kini menjadi pertanyaan, yakni mengenai nomor versi yang akan dipakai oleh Android Nougat, apakah Android 6.1 atau Android 7.0 ? Belum ada info lebih lanjut mengenai hal ini.

Adapun fitur baru yang paling menarik di Android N ini yaitu perubahan di bagian notifikasi. Kini notifikasi dari aplikasi yang sama akan dibundel menjadi satu sehingga tampilan notifikasi menjadi lebih sederhana, serta pengguna dapat langsung membalas notifikasi yang masuk; mendukung layar split-screen atau multitasking untuk menampilkan beberapa aplikasi yang dijalankan secara bersamaan; peningkatan kinerja fitur Doze agar lebih hemat baterai; peningkatan kinerja Project Svelte agar tingkat konsumsi RAM lebih sedikit; dan mendukung bahasa pemrograman Java 8 bagi para developer untuk mengembangkan aplikasinya. (Baca selengkapnya mengenai fitur baru Android N: Inilah Fitur Baru Yang Bakal Hadir Di Android N)
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »