6 Teknologi yang Dulu Hanya Sebuah Imajinasi dan Impian Kini Menjadi Kenyataan


Jika kita sering menonton film bergenre Sci-Fi, pastinya kita sering melihat beberapa kecanggihan teknologi yang sebenarnya hanya sebuah khayalan dan imajinasi dari sang sutradara. Namun seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang dengan pesatnya, sudah banyak teknologi yang terinspirasi dari film kini perlahan-lahan mulai menjadi kenyataan.

Berikut ini ada 6 teknologi yang dulu hanya merupakan sebuah imajinasi dan impian kini telah menjadi sebuah kenyataan yang beberapa diantaranya dapat kita rasakan langsung kecanggihannya:

#1. Hologram

Iron Man

Kamu penggemar film Iron Man? Jika iya pastinya kamu sering melihat betapa kerennya teknologi hologram yang sering dimainkan oleh Tony Stark. Teknologi yang kita anggap hanya sebuah imajinasi tersebut kini benar-benar menjadi nyata berkat adanya teknologi Augmented Reality yang bernama Microsoft HoloLens. (Baca juga: Microsoft HoloLens: Kacamata Masa Depan Buatan Microsoft)

Microsoft HoloLens

Melalui HoloLens, kita dapat melihat objek 3D dalam bentuk hologram didunia nyata. Bahkan kita juga dapat berinteraksi langsung dengan objek hologram tersebut. Dan saat ini, HoloLens versi Developer Kit sudah tersedia di pasaran yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu mencapai sekitar 40 juta rupiah. Namun bagi kamu yang ingin lebih hemat, kini juga hadir smartphone Lenovo Phab 2 Pro yang dibanderol dengan harga sekitar 6,7 juta rupiah. Smartphone tersebut menawarkan konsep serupa dengan dukungan teknologi Augmented Reality dari project Google Tango.


#2. Smartwatch

Power Rangers

Bagi kamu angkatan tahun 90-an, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan film Power Rangers. Dalam film tersebut seringkali kita lihat para Ranger yang dapat berkomunikasi langsung dengan Gordon dan Alpha menggunakan jam tangan. Waktu itu pasti mungkin beberapa diantara kalian ada yang berimajinasi jika jam tangan seperti itu bakal ada di dunia nyata.

Dan kini, jam tangan yang bisa digunakan untuk berkomunikasi tersebut benar-benar terwujud didunia nyata. Ya, jam tangan pintar atau yang biasa disebut dengan Smartwatch ini dapat dengan mudah kita temukan di berbagai toko-toko gadget.

Samsung Gear S2

Samsung Gear S2, adalah contoh smartwatch yang cukup populer saat ini. Dengan smartwatch tersebut memungkinkan kita bisa langsung melakukan panggilan telepon, mirip seperti yang ada di film Power Rangers.


#3. Mobil Tanpa Sopir (Self-Driving Car)

KITT

Masih seputar film tahun 90-an. Bagi kamu angkatan tahun tersebut mungkin ada yang pernah menonton film The Knight Rider. Dimana pada film tersebut terdapat sebuah mobil super canggih yang bernama KITT milik Michael Knight, sang tokoh utama. Menariknya, mobil tersebut bisa berjalan sendiri tanpa ada sopir didalamnya.

Self-Driving Car Google

Kini teknologi mobil tanpa sopir tersebut benar-benar ada di dunia nyata. Dan mulai dikembangan oleh beberapa perusahaan teknologi ternama, yaitu Google dan Tesla. Bahkan kabarnya, mobil tanpa sopir buatan Google diketahui sering terlihat melintas di jalanan.


#4. Virtual Assistance

Virtual Assistance KITT

Masih seputar mobil canggih KITT di film The Knight Rider yang juga bisa diajak ngobrol oleh pemiliknya. Begitupun juga hal sama seperti Jarvis di film Iron Man. Mungkin dulu kita pernah kepikiran betapa asyiknya dapat berinteraksi langsung dengan asisten virtual yang cerdas seperti itu.

Cortana

Namun kini, hal tersebut telah terwujud di dunia nyata melalui Cortana di Windows 10 dan Windows 10 Mobile ataupun juga Siri di iPhone. Meskipun belum secanggih KITT dan Jarvis, tapi itu sudah cukup menyenangkan bisa mengobrol langsung melalui suara dengan asisten yang berwujud virtual.


#5. Remote Control dengan Video

Mobil remote control

Dulu ada sebuah mainan berupa mobil remote control yang cukup populer. Saat itu mobil remote control tersebut masih dilengkapi kabel dan dilengkapi controller dengan 2 buah tombol yang hanya bisa untuk mengendalikan mobil maju dan mundur dengan jarak laju yang sangat terbatas.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, teknologi remote control menjadi semakin canggih. Ya, sekarang ada berbagai Drone yang dikendalikan dengan remote control serta dapat berjalan sangat jauh. Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa Drone yang dilengkapi kamera berkualitas tinggi dan dapat merekam video secara real-time. Sehingga kita dapat langsung melihat tampilan visual yang dihasilkan dari kamera Drone tersebut melalui layar smartphone ataupun juga melalui komputer.

Drone

Sekarang juga tidak sulit menemukan Drone dipasaran. Ada banyak toko gadget yang menawarkan Drone dari berbagai brand, mulai dari harganya yang murah hingga sampai puluhan juta rupiah. Semua itu tinggal kita pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita.


#6. Smartphone dan Tablet Berbasis Windows

Selama ini kita tahu bahwa OS Windows merupakan salah satu sistem operasi yang mungkin hanya dapat berjalan dengan sempurna jika dijalankan di komputer ataupun laptop. Tapi pernahkah kamu terpikirkan? jika OS Windows dapat juga berjalan di smartphone ataupun juga tablet agar kita dapat lebih meningkatkan produktivitas dan tentunya akan lebih praktis dibawa kemana-mana.

Lumia

Jika kamu pernah memikirkan hal tersebut, maka kini impianmu tersebut menjadi kenyataan. Sekarang telah ada smartphone yang dapat menjalankan OS Windows, bahkan dapat juga menjalankan aplikasi desktop. Contohnya saja smartphone ber-OS Windows adalah jajaran seri smartphone Lumia. Sedangkan untuk tablet, ada Surface Book yang sangat powerfull dari Microsoft. Dan bagi yang ingin versi lebih mini, ada GOLE1, mini PC yang bisa masuk kantong.

Itulah 6 teknologi yang dulu hanya merupakan sebuah imajinasi dan impian kini telah benar-benar menjadi nyata. Bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti ada lagi inovasi teknologi yang terinspirasi dari film dan imajinasi. Misalkan mobil yang bisa terbang, atau bahkan baling-baling bambu seperti milik Doraemon mungkin juga akan dihadirkan di dunia nyata.

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »