Smartphone Bongkar Pasang Buatan Google Mulai Dijual Tahun 2017, Tertarik?


Project Ara

Belum lama ini Google telah mengumumkan bahwa smartphone modular yang diberi nama Project Ara akan dirilis ke pasaran pada tahun 2017 mendatang. Informasi tentang jadwal perilisan smartphone yang bisa dibongkar pasang tersebut diungkapkan langsung oleh Google dalam acara Google I/O 2016 yang diselenggarakan pekan lalu. Dan dikabarkan juga bahwa saat ini ada 30 orang dari Google telah menggunakan smartphone Project Ara sebagai ponsel utama mereka untuk kegiatan sehari-hari.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu Project Ara? Project Ara merupakan sebuah smartphone modular yang memungkinkan pengguna dapat menentukan sendiri spesifikasi smartphone sesuai keinginan dengan cukup mengubah salah satu modul atau komponen pada smartphone. Sebagai contoh, misalnya kamu ingin kualitas resolusi kamera yang lebih baik, maka kamu hanya cukup melepas bagian kamera dan menggantinya dengan modul kamera yang lain. Begitupun juga bila kamu menginginkan kualitas audio yang lebih baik maka kamu bisa mengganti modul speaker yang lain. Bagaimana? Masih penasaran dengan smartphone Project Ara ini? berikut video demonya:


Pada smartphone Project Ara, terdapat 6 slot modul generik yang bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan pengguna. Diantaranya modul kamera, memory, speaker, dan modul lainnya. Setiap modul terhubung dalam sebuah jaringan yang disebut dengan Unipro. Google juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan seperti Sony, Samsung, Toshiba, Panasonic, TKD, iHealth, dan E Ink untuk mengembangkan modul Project Ara. Yang paling menarik, nantinya pada setiap modul dari Project Ara ini bisa dilepas hanya dengan melalui perintah suara. Woww!!!

Sebenarnya, konsep smartphone bongkar pasang ini pertama kali dikembangkan oleh Motorola pada tahun 2012 lalu. Yang kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Google mulai tahun 2014. Tujuan utama dari konsep ini adalah untuk mengurangi pemborosan konsumsi bahan elektronik. Karena biasanya, jika kita ingin mengupgrade smartphone hanya pada bagian tertentu saja, maka kita mesti membeli smartphone baru lagi. Oleh sebab itu, Project Ara ingin mengatasi masalah tersebut dengan mengurangi pemborosan yang diakibatkan oleh pembuangan bahan elektronik.

Nah, apakah kamu tertarik ingin memiliki smartphone yang unik ini? Yuk, bagikan pendapatmu dikolom komentar. :)

UPDATE:
Google Batalkan Smartphone Project Ara, Kenapa? Baca selengkapnya disini.

Sumber: The Verge
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »