GOLE1, PC Terkecil Didunia dengan Dual OS Windows 10 dan Android Seharga 1 Jutaan Rupiah


GOLE1

Sempat ada kabar bahwa akan segera hadir perangkat PC Windows 10 dengan ukuran layar 7 inchi dan bakal menjadi perangkat PC terkecil. Tapi apa jadinya jika ada perangkat PC yang muat dimasukkan kedalam saku celana? Ya, salah satu perusahaan startup asal Tiongkok, Gole, menjawab itu semua dengan mengembangkan sebuah mini PC yang seukuran smartphone, lengkap dengan layar touchscreen yang bernama GOLE1.

Baca juga: Asus Chromebit: Komputer Sebesar Flashdisk Buatan Google

Yang paling menarik, GOLE1 menggunakan dua sistem operasi yang berbeda, yakni Windows 10 dan Android 5.1 Lollipop. Itu artinya, beberapa aplikasi Windows termasuk Microsoft Office, bisa berjalan dengan sempurna di mini PC ini. Dan dengan aplikasi "switch to Android", memungkinkan pengguna untuk reboot dengan mudah ke sistem operasi Android.

GOLE1

GOLE1 menggunakan layar HD seluas 5 inchi beresolusi 1280x720 pixels dan memiliki body yang sedikit tebal dengan bobot 198 gram. Dibagian dapur pacunya, GOLE1 ditenagai dengan processor quad core Intel Cherrytrail Z8300. GOLE1 juga memiliki dua varian yang berbeda, yakni versi RAM 2GB dengan memori internal sebesar 32GB dan versi RAM 4GB dengan memori internal sebesar 32GB. Jika masih kurang, pengguna juga bisa menambahkan media penyimpan eksternal menggunakan HDD ataupun juga SSD yang berukuran 2.5 inchi hingga 2TB hal ini karena GOLE1 telah dilengkapi dengan aksesoris berupa adapter untuk HDD yang bisa dipasang dibagian bawah mini PC ini.

GOLE1

Dibagian konektivitas, bisa dikatakan GOLE1 memiliki koneksi yang sangat lengkap, diantaranya, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, 3 slot port USB 2.0, 1 slot port USB 3.0, port micro USB, port micro SD Card, port HDMI dan port Ethernet. Akan tetapi semua kelebihan dari GOLE1 tersebut tidak didukung dengan kemampuan baterai yang memadai, karena GOLE1 hanya menggunakan baterai berkapasitas 2.600 mAh sehingga hanya bisa digunakan hingga sekitar 2 jam saja.

Sebelumnya, Gole juga menggalang dana melalui situs Indiegogo agar dapat memproduksi mini PC ini secara massal. Dan kabarnya kini donasi tersebut telah mencapai dana yang dibutuhkan. Itu artinya, bagi kamu yang berminat memiliki PC mungil ini, kini GOLE1 sudah bisa dipesan melalui sistem pre-order di situs Indiegogo dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari 79 USD atau sekitar Rp. 1 juta hingga 149 USD atau sekitar Rp. 2 juta.

Sumber: Indiegogo
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »