Cara Mudah Memperbesar Resolusi Foto Tanpa Pecah


perbandingan resolusi foto menggunakan Photoshop dan Waifu2x

Apakah kamu memiliki sebuah foto namun foto kamu tersebut memiliki kualitas resolusi yang rendah? Biasanya foto dengan resolusi rendah tersebut seringkali diambil dari kamera handphone yang juga memiliki resolusi kamera rendah. Bagi yang berkecimpung di dunia graphic designer, khususnya yang membuka jasa pembuatan vector kartun seperti aku ini, foto dengan resolusi rendah tentunya akan menimbulkan masalah. Karena jika foto tersebut diubah dengan memperbesar resolusinya, maka tampilannya menjadi pecah atau buram.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kali ini aku akan membagikan tips bagaimana cara memperbesar resolusi foto hingga menjadi dua kali lipat dari resolusi awal foto tanpa perlu khawatir tampilan foto tersebut akan pecah atau buram. Pada tips ini, kita akan menggunakan fasilitas yang disediakan secara gratis oleh Waifu2x.

Waifu2x adalah sebuah website yang dikembangkan oleh developer asal Jepang. Dengan tampilan website yang cukup sederhana, Waifu2x menyediakan fasilitas yang memungkinkan kita memperbesar resolusi foto dengan mudah tanpa mengurangi kualitas foto. Jika kita lihat, cara kerja Waifu2x ini bisa dikatakan hampir mirip seperti teknik resampling image.

Untuk menggunakan fasilitas dari Waifu2x ini sangat mudah sekali. Pertama, silahkan kunjungi website Waifu2x.

Waifu2x
  1. Setelah halaman website terbuka, silahkan klik tombol Browse... untuk memilih foto yang tersimpan pada komputermu (ukuran file maksimal 3 MB). Jika kamu menemukan foto yang berasal dari situs lain dan kamu ingin mengubah resolusinya, silahkan masukkan URL foto pada kolom URL yang telah disediakan.
  2. Kemudian pada bagian Style, pilih Photo.
  3. Lalu pada bagian Noise Reduction, silahkan pilih salah satu. Semakin tinggi Noise Reduction maka semakin bagus foto yang dihasilkan. Namun, ukuran file foto juga akan semakin besar.
  4. Selanjutnya pada bagian Upscaling, silahkan pilih salah satu. Bagian ini akan mengubah resolusi foto menjadi 1,6x hingga 2x lipat dari resolusi awal foto. Dan tentunya, semakin tinggi tingkat perbesaran, maka semakin besar pula ukuran file foto yang dihasilkan. Jadi, pilihlah perbesaran sesuai kebutuhan.
  5. Jika sudah, silahkan klik tombol Convert. Maka kamu akan dibawa ke Tab baru untuk menampilkan hasilnya. Untuk menyimpan foto hasil dari pengubahan tersebut, silahkan tekan tombol Ctrl + S pada keyboard (bagi pengguna browser Firefox), atau klik kanan pada gambar lalu pilih Simpan gambar sebagai.. (bagi pengguna browser Google Chrome).
Bagaimana? Mudah bukan? Dengan menggunakan Waifu2x kamu bisa mengubah resolusi foto menjadi lebih besar dan tidak pecah atau buram. Masih gak percaya? Dibawah ini adalah hasil perbandingan foto yang aku ubah resolusinya dengan menggunakan Photoshop dan Waifu2x (Jangan ditanya siapa modelnya.. hehehe.. XD). Sebagai catatan, kedua foto tersebut memiliki resolusi yang sama.

perbandingan resolusi foto menggunakan Photoshop dan Waifu2x
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »