Cara Mematikan Autoplay Video Pada Browser


Autoplay Video

Jika dahulu teknologi konten multimedia berupa video ataupun iklan video pada website didominasi oleh penggunaan konten berbasis Flash, namun saat ini, sudah mulai banyak yang berpindah dan menggunakan basis HTML5. Karena konten berbasis Flash kabarnya memiliki celah keamanan yang serius sehingga mulai berkurang penggunanya. Memang, banyak sekali kelebihan menggunan konten berbasis HTML5 ini, diantaranya kualitas video yang lebih jernih serta bandwidth yang lebih kecil.

Namun saat ini, banyak sekali website yang memainkan video atau iklan video secara otomatis (Autoplay) saat kita membuka website tersebut. Contohnya saja, pada halaman landing page milik Google Adsense. Saat kita membuka halaman tersebut, maka kita akan disambut dengan video pendek yang otomatis dimainkan. Itulah yang disebut dengan autoplay video.

Tentunya, hal tersebut akan sedikit mengganggu kegiatan browsing kita. Karena selain menghabiskan kuota internet, autoplay video ini juga sering mengakibatkan browser menjadi nge-lag. Karena file multimedia termasuk video memiliki ukuran file yang besar, sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk me-load seluruh elemen dari video tersebut.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini, aku akan membagikan tutorial cara mematikan autoplay video pada browser. Berikut ini caranya:

Mematikan Autoplay Video di Browser Mozilla Firefox

1. Pertama, Silahkan ketik about:config pada address bar browser. Lalu tekan Enter.

about config Firefox

2. Setelah itu akan muncul pesan peringatan, klik saja I'll be careful, I promise.

about config Firefox

3. Kemudian pada kotak pencarian ketikkan kata media.autoplay.enabled. Lalu double klik pada parameter agar Value berubah menjadi false.

about config Firefox

Alternatif lain untuk mematikan autoplay video di browser Mozilla Firefox yaitu dengan menggunakan Add-ons Autoplay Toogle. Silahkan download dan install Autoplay Toogle melalui tautan ini.


Mematikan Autoplay Video di Browser Google Chrome

1. Pada Google Chrome kita akan menggunakan bantuan ekstensi Disable HTML5 Autoplay untuk mematikan autoplay video. Silahkan download dan install ekstensinya melalui tautan ini.

disable HTML5 autoplay

2. Setelah ekstensi terinstall, maka akan muncul icon play/pause di pojok kanan atas tepat sebelah kanan address bar.

disable HTML5 autoplay

Kita juga bisa mematikan autoplay video berbasis Flash di Google Chrome. Caranya:

1. Silahkan ketik chrome://settings/content di address bar browser lalu tekan Enter.

Chrome settings

2. Kemudian di bagian plugin, pilih lzinkan saya memilih waktu untuk menjalankan konten plugin, lalu kik tombol Selesai.

Chrome settings

Dengan cara diatas maka konten autoplay video tidak akan berjalan otomatis saat membuka suatu website dan kegiatan browsing kita jadi lebih nyaman. Namun cara diatas juga akan mengharuskan kamu untuk meng-klik tombol Play jika ingin menjalankan video di YouTube. Tapi itu tidak masalah, yang penting tidak akan ada lagi autoplay video yang berjalan otomatis. :D

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »