Pria Hong Kong Ini Ciptakan Robot Mirip Scarlett Johansson


Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita terus belajar dan berusaha. Dan sepertinya prinsip itulah yang diterapkan oleh Ricky Ma, seorang desainer grafis dari Hong Kong yang berhasil mewujudkan mimpi masa kecilnya dengan menciptakan sebuah robot humanoid berparas sangat cantik yang bernama Mark 1. Dan entah ini disengaja atau tidak, jika kita perhatikan, wajah robot tersebut bisa dikatakan sangat mirip sekali dengan aktris Hollywood Scarlett Johansson. Meskipun demikian, Ricky Ma tidak mau mengatakan siapakah sebenarnya wanita yang menjadi model robot cantik tersebut.

Mark 1

Ricky Ma mengembangkan Mark 1 seorang diri mulai dari awal sampai akhir selama satu setengah tahun dan menghabiskan dana hingga lebih dari 50 ribu dollar AS atau sekitar Rp. 657 juta. Sejak kecil, Ricky Ma memang sudah menyukai robot saat dia menonton film-film Sci-Fi, seperti Transformers. Dan sejak itulah, Ricky Ma memiliki keinginan untuk menciptakan robot sendiri. Selama proses pembuatannya, Ricky Ma sering menerima ejekan dari orang lain karena Ricky sama sekali tidak memiliki basic di bidang ilmu robotika. Selain itu, biaya pembuatan robot yang berkemampuan lebih itu tidak murah dan pengembangannya butuh waktu tidak sebentar. Namun tidak disangka, dengan kegigihannya yang begitu besar kini Ricky Ma berhasil membuktikannya dengan menciptakan Mark 1.

Mark 1

Robot buatan Ricky Ma tersebut memiliki kemampuan gerak terbatas. Diantaranya menggerakkan tangan dan jari jemari, memutar kepala, membungkuk, serta menampilkan ekspresi wajah, seperti tersenyum dan mengedipkan mata. Selain itu, Mark 1 juga memiliki kemampuan berbicara dan dapat merespon beberapa pertanyaan. Misalkan saat orang memuji robot tersebut dengan mengatakan "kamu cantik", Maka Mark 1 akan merespon dengan senyuman sambil mengucapkan "terima kasih".

Bagian kerangka dari Mark 1 ini juga dibentuk menyerupai tulang manusia serta dibuat dengan menggunakan teknologi 3D printer. Di kerangka tersebut seluruh komponen mekanik dan elektronik diletakkan. Dan dibagian kulitnya, Mark 1 menggunakan bahan silikon yang sangat lentur untuk menutupi seluruh komponen didalamnya.

Mark 1

Berikut ini video demo dari si robot cantik, Mark 1:


Bagaimana? Sudah lihat video demonya? Jangan sampai naksir ya.. Ingat, itu cuma robot. Hehehe,,, XD.

Saat ini, Mark 1 masih dalam tahap pengembangan. Ricky Ma sendiri mengatakan jika robot buatannya tersebut masih butuh banyak perbaikan, seperti cara bergerak, kemampuan berinteraksi, serta dapat menjaga keseimbangan.

Baca juga: Erica, Robot Android Yang Mirip Manusia

Sumber: SlashGear
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »