Penyebab Kipas Laptop Berbunyi Bising dan Cara Mengatasinya


Kipas laptop

Salah satu masalah hardware pada laptop atau Notebook yang sering terjadi adalah kipas (fan/heatsink) laptop yang berbunyi sangat bising. Hal ini biasanya dapat kita ketahui saat laptop bekerja dalam waktu yang cukup lama ataupun bisa juga terjadi pada saat kita menjalankan aplikasi yang terlalu berat, maka saat itu juga tiba-tiba dibagian kipas laptop berbunyi sangat keras serta suhu laptop yang meningkat. Tentunya dengan suara bising yang berasal dari kipas laptop tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan kita dalam bekerja menggunakan laptop.

Sebenarnya selain dua penyebab yang telah aku sebutkan diatas, masih ada beberapa hal yang menyebabkan kipas laptop berbunyi bising. Berikut adalah penyebab yang sering diketahui terkait dengan kipas laptop yang berbunyi bising tersebut dan cara mengatasinya:


#1. Processor Yang Bekerja Terlalu Keras

Processor

Salah satu penyebab kipas laptop berbunyi sangat bising yang sering terjadi adalah processor yang bekerja terlalu keras. Seperti yang telah aku sebutkan di awal tadi, apabila kita menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan (multitasking) atau menjalankan aplikasi yang terlalu berat, seperti game dengan grafis berkualitas HD ataupun juga menjalankan aplikasi editing foto dan video, jika processor tidak sanggup memproses perintah tersebut, maka suhu processor akan meningkat drastis. Dengan demikian kipas yang berfungsi sebagai pengstabil suhu processor akan bekerja lebih ekstra, sehingga putaran kipas akan jauh lebih kencang dari biasanya, hal inilah yang menyebabkan kipas laptop berbunyi bising.

Oleh sebab itu, sebaiknya menjalankan aplikasi yang diperlukan saja. Jika memang terpaksa harus multitasking, sebaiknya jalankan paling banyak 3 macam aplikasi saja. Dan perhatikan juga spesifkasi laptop sebelum menjalankan aplikasi yang berat. Jika spesifikasi laptopmu tidak sesuai dengan sistem yang dibutuhkan dari aplikasi yang akan kamu jalankan, sebaiknya urungkan niatmu tersebut.


#2. Kipas Laptop Kotor

Kipas laptop kotor

Berapa lama kamu memiliki laptop? Satu tahun, dua tahun, atau bahkan lebih lama dari itu. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak sekali debu yang menempel pada kipas laptop Debu yang semakin banyak akan menghalangi sirkulasi udara dari dalam laptop, sehingga mengakibatkan laptop menjadi panas yang berlebihan atau yang biasa dikenal dengan istilah overheat (Baca juga: Tips Agar Laptop Tidak Mengalami Overheat). Selain itu, debu yang menempel juga dapat menghambat perputaran kipas dan membuatnya berbunyi bising karena gesekan-gesekan debu yang terjadi.

Oleh sebab itu, sebaiknya bersihkan kipas laptop secara berkala dengan menggunakan kuas, tissu ataupun alat lainnya yang sekiranya tidak merusak komponen yang ada di dalamnya. Tentunya dalam melakukan hal tersebut dibutuhkan ketrampilan dan keahlian khusus untuk bisa membongkar-pasang laptop. Jika kamu memang ahli melakukan hal ini, silahkan kamu lakukan sendiri. Tapi, jika kamu ragu atau tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya kamu menggunakan jasa teknisi komputer ataupun bisa juga ke service center resmi laptopmu.


#3. Kipas Laptop Rusak

Kipas laptop

Jika kamu sudah mengatasi masalah seperti pada poin kedua diatas namun kipas laptop masih tetap mengeluarkan suara bising, bisa jadi kipas laptop sudah mulai rusak. Hal ini terjadi karena pemasangan kipas yang kurang sesuai. Pemasangan kembali kipas yang kurang sesuai bisa mengakibatkan kerusakan pada kipas laptop. Selain itu, bisa jadi komponen pada kipas laptop yang telah usang karena seiring dengan lamanya umur laptop.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu komponen didalam kipas laptop yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Tentunya, untuk melakukan hal ini juga dibutuhkan ketrampilan dan keahlian khusus untuk membongkar laptop. Jika kipas laptop memang benar telah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi, maka solusi terbaik adalah mengganti kipas laptop tersebut dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab kipas laptop yang berbunyi bising yang sering diketahui oleh para pengguna laptop dan cara mengatasinya. Dengan mengetahui beberapa penyebab diatas, maka ada baiknya jika kamu selalu rutin untuk melakukan perawatan dan pengecekan laptop secara berkala agar laptopmu dapat selalu bekerja dengan optimal serta dapat memperpanjang masa pakai laptop.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »