Google Chrome 50 Dirilis, Versi Terakhir Chrome yang Mendukung Windows XP dan Vista


Beberapa waktu yang lalu, Google telah memperbarui browser andalan mereka, yaitu Google Chrome ke versi 50. Versi terbaru Chrome kali ini sekaligus menjadi versi terakhir yang mendukung beberapa sistem operasi jadul alias jaman dulu seperti Windows XP dan Windows Vista. Selain kedua OS jadul buatan Windows tersebut, Chrome terbaru ini juga merupakan versi terakhir yang support dengan Mac OS versi lawas atau sebelum versi 10.9 (Mavericks).

Sebenarnya, kabar mengenai dihentikankannya support Google Chrome terhadap beberapa sistem operasi lawas ini memang sudah lama diumumkan oleh Google. Hal tersebut karena Google ingin lebih fokus lagi mengembangkan fitur-fitur baru di Chrome yang lebih relevan pada sistem operasi terbaru. Dan juga Google tidak lagi mau mengambil resiko yang mungkin terjadi akibat lemahnya tingkat keamanan dari beberapa OS lawas tersebut, terlebih lagi Microsoft juga sudah lama menghentikan dukungannya terhadap kedua OS jadul buatannya,Windows XP dan Windows Vista.

Google Chrome 50

Namun demikian, Google Chrome versi 50 ini masih tetap bisa berjalan di Windows XP, Windows Vista, serta Mac OS versi lawas. Akan tetapi, untuk selanjutnya tidak akan menerima update terbaru lagi. Itu artinya, tingkat keamanan browser juga akan semakin rentan jika tidak lagi mendapatkan update security.

Ada sekitar 20 perbaikan celah keamanan dan beberapa fitur baru yang ditambahkan pada Google Chrome versi 50 ini. Beberapa perbaikan dan fitur baru tersebut diantaranya dapat membuka situs dengan lebih cepat dan tetap dapat menampilkan notifikasi yang muncul meskipun koneksi internet lambat atau bahkan tanpa koneksi internet. Hal tersebut karena Google Chrome versi terbaru ini menggunakan metode terbaru yang bernama push notifications payload yang juga bagian dari Push API. Sehingga notifikasi akan ditampilkan secara bersamaan meskipun koneksi internet lambat atau tanpa koneksi internet. Selain itu, pada Google Chrome versi mobile juga ditambahkan tombol Pause dan tombol Cancel di bagian mode Download.

Nah, bagi yang menggunakan Google Chrome namun sampai saat ini masih menggunakan Windows XP atau Windows Vista, sebaiknya kamu segera beralih ke OS Windows yang terbaru seperti Windows 7, Windows 8, ataupun juga Windows 10 jika kamu masih ingin browser favoritmu tersebut tetap mendapat support penuh dari Google.

Dan bagi pengguna Google Chrome yang sudah menggunakan OS Windows terbaru, bisa langsung update browser kamu melalui Menu -> Bantuan -> Tentang Google Chrome.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »