Browser Opera Kini Dilengkapi Fitur VPN Gratis dan Tak Terbatas


Browser Opera Dilengkapi Fitur VPN Gratis

Di internet, ada banyak sekali situs yang menyajikan berbagai macam informasi yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Mulai dari situs yang berisikan konten edukasi, berita, hiburan hingga situs yang berisikan konten yang mungkin dilarang untuk diakses. Sehingga situs tersebut diblokir oleh beberapa negara tertentu. Agar kita dapat dengan bebas mengakses situs yang diblokir tersebut, kita biasanya menggunakan layanan Virtual Private Network (VPN) atau bisa juga menginstall add-ons VPN tambahan pada browser (Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan VPN). Namun sayangnya, kebanyakan diantara layanan VPN atau add-ons VPN tersebut memberikan kuota yang terbatas mulai dari 500MB sampai 1GB perbulan saja. Jika pengguna ingin lebih dari itu, maka pengguna harus berlangganan dengan biaya yang tentunya juga bervariasi.

Nah untuk menjawab masalah tersebut, kini Opera menambahkan fitur Built-in VPN langsung didalam browser mereka. Dan yang paling menarik, fitur Built-in VPN ini bisa digunakan secara gratis dan tanpa ada batasan kuota alias unlimited! Woww!!!.. Opera juga mengklaim bahwa mereka menjadi browser pertama yang terintegrasi dengan fitur Virtual Private Network (VPN) didalamnya. Dihadirkannya Fitur built-in VPN ini karena Opera telah mengakuisisi SurfEasy, sebuah plugin VPN khusus untuk Opera pada bulan Maret 2016 lalu. Namun perlu diketahui, untuk sementara fitur built-in VPN hanya bisa kita temukan pada Opera versi Developer dan masih hanya menyediakan 3 pilihan Server VPN (Amerika, Kanada dan Jerman). Tapi bisa jadi tidak menutup kemungkinan fitur ini juga bakal hadir pada versi finalnya nanti.

Opera VPN settings

Meskipun fitur built-in VPN di browser Opera ini gratis, namun fasilitas yang disediakan tidak kalah canggihnya dengan layanan VPN berbayar. Diantaranya menggunakan enkripsi 256-bit, dapat menyembunyikan IP address, dapat mengakses situs tertentu yang telah diblokir, dan tetap aman meskipun menggunakan Wi-Fi publik. Untuk dapat menggunakan fitur built-in VPN ini, pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu Settings -> Privacy & security -> centang Enable VPN. Pengguna pun juga bisa melihat ringkasan statistik tentang data yang telah digunakan.

Nah, bagi yang tertarik untuk mencobanya, silahkan download Opera versi Developer melalui situs resminya disini.

UPDATE:
Sekarang fitur VPN gratis sudah tersedia di Opera versi final. Silahkan download Opera versi final melalui situs resminya disini.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »