Kiddle, Mesin Pencari Yang Aman Khusus Untuk Anak


Dengan berbagai macam perkembangan teknologi informasi saat ini, internet kini seolah menjadi kebutuhan pokok bagi semua kalangan. Pengguna internet selalu memanfaatkan fasilitas mesin pencari atau search engine seperti Google, Yahoo ataupun juga Bing untuk mencari suatu informasi yang diinginkan dengan cepat dan tepat. Bahkan sekarang tidak hanya orang dewasa yang menggunakan mesin pencari, anak-anak pun juga selalu menggunakan mesin pencari ini yang memang bertujuan untuk mengerjakan tugas dari sekolah atau hanya sekedar iseng saja. Namun, seringnya anak-anak menggunakan mesin pencari ini akan menimbulkan masalah yang besar. Karena kebebasan anak-anak dalam berselancar di dunia maya sering kali menjadi kesempatan bagi mereka untuk mengakses situs-situs yang mengandung konten negatif.

Tetapi saat ini ada kabar baik bagi para orang tua yang khawatir akan anak-anak mereka mengakses situs negatif. Untuk membatasi anak saat browsing di internet, kini hadir situs mesin pencarian terbaru yang sangat aman di gunakan oleh anak-anak. Situs pencarian yang dikhususkan untuk anak-anak ini bernama Kiddle. Situs yang beralamatkan di Kiddle.co ini menyatakan bahwa mereka juga didukung oleh Google serta beberapa teknologi yang digunakan pada situs tersebut menggunakan produk yang dikembangkan langsung oleh Google. Tidak seperti tampilan situs Google yang berlatar belakang putih polos, Kiddle sengaja didesain imut menggunakan latar belakang planet luar angkasa dengan bukit-bukit yang menggunung serta karakter robot berwarna merah yang lucu berada tepat di bawah kotak pencarian. Penggunaan desain yang unik tersebut bertujuan agar anak-anak akan tertarik dan nyaman menggunakan situs pencarian ini.

Kiddle

Sama seperti Google, Kiddle juga menyediakan empat pilihan kategori pencarian yaitu situs web, gambar, berita dan juga video. Cara penggunaan Kiddle juga masih sama seperti situs mesin pencarian yang lainnya, yaitu dengan mengetikkan kata kunci (keyword) pada kotak pencarian kemudian tunggu hasilnya sampai muncul daftar informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Kiddle menggunakan teknologi Safe Search milik Google untuk menyaring konten-konten negatif yang tidak pantas diakses untuk anak-anak. Selain itu, Kiddle juga memiliki sebuah tim editor yang khusus untuk mengurasi konten pencarian yang hanya layak diakses sehingga semua konten aman untuk dikonsumsi oleh anak.

Hasil pencarian dari Kiddle yang berada di urutan pertama sampai ketiga berasal dari situs yang aman dan isi konten didalamnya ditulis khusus untuk anak-anak. Hasil tersebut sebelumnya telah melewati tahap pemeriksaan oleh tim Kiddle. Selanjutnya pada hasil di urutan keempat sampai ketujuh adalah menggunakan konten dengan gaya bahasa yang sederhana, tetapi masih bisa dipahami oleh anak-anak. Sedangkan pada hasil di urutan kedelapan dan seterusnya menggunakan konten dengan gaya bahasa orang dewasa, tetapi konten-konten tersebut juga masih disaring dengan ketat oleh teknologi Safe Search.

Kiddle

Para orang tua juga bisa turut berpartisipasi dalam penyaringan serta pemblokiran situs dan konten-konten yang tidak aman diakses oleh anak dengan cara memasukkan situs dan kata-kata yang "kurang aman" melalui sebuah formulir yang telah disediakan. Pihak Kiddle juga tidak akan mengumpulkan informasi personal dari anak yang bersangkutan, mereka akan menghapus semua logs setiap 24 jam sekali. Meskipun menggunakan teknologi milik Google serta tampilan antar muka termasuk logo yang juga hampir mirip dengan Google, namun dari kabar yang beredar, Kiddle bukan merupakan bagian produk resmi dari Google. Banyak yang memperkirakan situs ini dibangun secara independen.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »