Inilah Fitur Baru Yang Bakal Hadir Di Android N


Android N

Belum lama setelah Android Marshmallow resmi dirilis, beberapa waktu yang lalu Google kembali memberikan sebuah kejutan dengan memperkenalkan versi terbaru dari salah satu sistem operasi mobile terpopuler saat ini yang bernama Android N. Sebelum dirilis secara resmi, beberapa hari yang lalu Google juga telah merilis Android N ini tetapi masih dalam versi Developer Preview dan hanya khusus untuk para developer atau pengembang yang tersedia melalui update secara Over The Air (OTA) untuk beberapa perangkat Google Nexus dan Google Pixel C.

Baca juga: Inilah 6 fitur Canggih Android M yang Dibanggakan Google

Tentu, hal ini sedikit berbeda dari kebiasaan Google saat tengah mempersiapkan versi Android yang terdahulu. Tujuan Google merilis versi Android N Developer Preview ini agar tim pengembang Android bisa mendapatkan berbagai feedback atau masukan lebih cepat serta dapat merilisnya secara resmi versi terbaru Android tersebut dengan tepat waktu.

Dari berbagai developer yang telah mendapatkan versi preview ini, ada beberapa fitur-fitur baru yang menarik bakal hadir di Android N ini. Apa saja fitur baru tersebut? Berikut ini ulasannya:

#1. Split Screen (Multi Window)

Android N Split Screen (Multi Window)

Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari Android N yaitu split screen atau multi window. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat menjalankan dua aplikasi berbeda secara bersamaan dan menampilkannya berdampingan dalam satu layar atau multitasking. Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna cukup menekan tombol recent selama beberapa detik yang kemudian dengan otomatis aplikasi akan tampil berdampingan. Ada perbedaan tampilan saat fitur split screen ini digunakan. Pada perangkat smartphone, fitur split screen akan menampilkan dua aplikasi diposisi atas dan bawah. Sedangkan pada perangkat tablet, split screen akan menampilkan dua aplikasi dalam posisi bersebelahan kanan dan kiri.

Sebenarnya, fitur split screen atau multi window sebelumnya memang sudah pernah digunakan, tapi hanya pada perangkat smartphone dan tablet Samsung kelas atas. Namun sekarang, fitur ini akan menjadi salah satu fitur standar yang ada di Android N. Itu artinya, semua pengguna smartphone dan tablet buatan vendor lain akan dapat menikmati fitur keren ini.


#2. Membalas Langsung Lewat Notifikasi

Android N Notification

Selanjutnya dibagian sistem notifikasi Android N, Google mengadopsi fitur dari perangkat Android Wear yaitu RemoteInput Notification API. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat membalas berbagai notifikasi yang muncul baik itu dari pesan ataupun lainnya langsung dari notifikasi tersebut dengan cepat dan mudah tanpa harus masuk ke dalam aplikasi.

Selain itu, ada juga fitur Bundled notifications yaitu beberapa notifikasi dari aplikasi yang sama akan di kelompokkan menjadi satu. Pengguna cukup menekan tombol expand untuk melihat rincian pesan dari setiap orang. Tentunya dengan fitur terbaru ini, pengguna tidak akan dipusingkan lagi dengan notifikasi yang menumpuk pada layar.


#3. Lebih Henat Baterai Dengan Fitur Doze Dan Project Svelte

Doze Android N

Fitur Doze pertama kali diperkenalkan di Android Marshmallow. Fitur ini berfungsi untuk menghemat konsumsi daya baterai saat smartphone tidak sedang digunakan. Dan pada Android N, fitur Doze ini lebih ditingkatkan lagi kemampuannya. Jadi saat layar smartphone mati, semua aktivitas background akan juga akan dinonaktifkan, bahkan saat perangkat tersebut dalam keadaan bergerak. Sehingga pengguna bisa menghemat daya baterai setiap saat, tanpa harus meletakkan smartphone agar tidak bergerak. Selain itu, Google juga terus mengembangkan Project Svelte. Fitur tersebut memungkinkan untuk mengurangi kebutuhan memori sehingga aktivitas background pada Android N dapat bekerja lebih efisien dan lebih hemat daya.


#4. Night Mode Theme

Android N Night Mode

Fitur Night Mode sebenarnya juga sudah diperkenalkan di Android Marshmallow. Namun entah karena suatu hal, fitur ini tidak jadi disertakan pada saat perilisannya. Dan kini pada Android N, fitur ini dipastikan akan kembali dihadirkan. Fitur Night Mode akan mengubah warna tema pada smartphone menjadi gelap saat digunakan di dalam ruangan dengan kondisi yang kurang cahaya. Sehingga pengguna akan lebih nyaman saat menatap layar smartphone mereka.


#5. Lebih Hemat Kuota Internet Dengan Data Saver

Android N Data Saver

Fitur Data Saver berfungsi untuk membatasi jumlah pemakaian data dari semua aplikasi yang terinstall di smartphone dengan cara mencegah aplikasi yang biasanya melakukan proses update secara otomatis. Dengan begitu maka konsumsi data diklaim dapat berkurang hingga kurang lebih sebesar 50 persen. Sehingga pemakaian data akan menjadi lebih hemat.


#6. Dukungan Java 8 Language

Android N Java 8

Google menambahkan fitur baru di dalam Android N agar dapat membaca bahasa Java 8 untuk kemampuan komputasi yang lebih baik. Dengan Android’s Jack Compiler, maka para developer atau pengembang akan bisa menikmati berbagai fitur yang ada di dalam Java 8 language seperti functional interface, streams, dan default and static methods.

Itulah beberapa fitur baru yang akan hadir di Android N dan kemungkinan masih ada lagi fitur menarik lainnya setelah versi finalnya dirilis nanti. Meskipun versi Developer Preview-nya telah dirilis oleh Google, hingga saat ini Google belum memberikan keterangan secara resmi mengenai nama dibalik huruf “N” pada versi Android terbarunya itu. Tapi berdasarkan rumor yang banyak beredar, bahwa arti huruf “N” ini adalah “Nutella” yaitu nama sebuah selai kacang coklat yang terkenal dunia. Namun nama tersebut masih hanya sebatas rumor, kita tunggu saja informasi resminya secara lengkap mengenai Android N ini yang mungkin akan diumumkan oleh Google di ajang Google I/O pada bulan Mei mendatang.

UPDATE: Nama resmi Android N adalah Android Nougat. Info selengkapnya silahkan kunjungi artikel berikut ini.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »