Cara Menutup Aplikasi Not Responding Dengan Super Cepat di Windows


Aplikasi Not Responding

Ketika sedang asyik bekerja di depan komputer, apakah kamu pernah mengalami dimana aplikasi yang saat itu sedang kamu gunakan mengalami Not Responding atau tiba-tiba nge-hang dan tidak bisa digunakan? Tentu jika kamu pernah mengalami hal tersebut pasti kamu akan merasa marah dan sebal, apalagi jika pekerjaan kamu belum sempat disimpan. Ada beberapa cara yang sering digunakan untuk menutup aplikasi Not Responding ini, biasanya kebanyakan orang langsung menutupnya melalui kotak dialog yang muncul saat aplikasi tersebut terjadi Not Responding,atau ada juga yang menggunakan shortcut Ctrl + Alt + Del untuk menutupnya melalui Windows Task Manager.

Baca juga: Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Namun terkadang, Windows akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merespon perintah kita untuk membuka Windows Task Manager agar kita dapat segera menutup aplikasi yang Not Responding tersebut. Hal ini karena biasanya proses pada aplikasi yang Not Responding menghabiskan cukup banyak resource memory sehingga komputer juga akan turut melambat atau bahkan akan mengalami crash. Untuk itu, kali ini aku akan berbagi sedikit trik sederhana untuk menutup aplikasi yang Not Responding dengan super cepat hanya dengan melalui sebuah shortcut. Berikut ini caranya:

Catatan: Trik ini bisa berjalan di semua versi Windows, kecuali Windows XP Home Edition karena tidak memiliki perintah taskkill.

Pertama klik kanan pada Desktop lalu pilih pilih New -> Shortcut

new shortcut

Kemudian ketik perintah di bawah ini:

taskkill.exe /f /fi “status eq not responding”

Tidak tahu apa arti dari barisan perintah diatas? Tenang, berikut ini aku akan jelaskan juga maksud dari perintah tersebut.
  • taskkill.exe : Sebuah file eksekusi yang ada di system Windows, berfungsi untuk menutup program/aplikasi yang berjalan.
  • /f : Perintah untuk menutup secara paksa program/aplikasi yang berjalan.
  • /fi “status eq not responding” : Hanya akan menutup program/aplikasi yang berstatus Not Responding saja.
create shortcut

Jika sudah, klik Next.

Kemudian beri nama sesuai keinginan kamu untuk shortcut tersebut. Jika sudah, lalu klik Finish.

create shortcut

Apabila kamu tidak suka dengan icon shortcutnya, kamu bisa mengubahnya agar tampilan iconnya lebih menarik, caranya klik kanan pada shortcut tersebut, lalu pilih Properties.

program properties

Pilih Tab Shortcut lalu klik tombol Change Icon...

change icon shortcut

Kemudian pilih gaya icon sesuai dengan keinginan kamu, lalu klik OK. Dan terakhir, klik OK lagi.

icon shortcut

Maka iconnya akan berubah menjadi lebih menarik.

icon shorcut

Dengan menggunakan shortcut tersebut, sekarang kamu bisa dengan cepat menutup aplikasi yang Not Responding tanpa harus menunggu lama. O,, iya.. Agar lebih cepat lagi, kamu bisa menempatkan shortcut tadi pada Taskbar. Caranya klik kanan pada shortcut tersebut, lalu pilih Pin to Taskbar.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »