Cara Menyertakan Font Saat File Microsoft Word Disimpan


Microsoft Word

Mungkin kamu pernah mengalami suatu kejadian dimana saat kamu akan membuka kembali file dokumen Microsoft Word yang telah kamu buat di komputer yang lain, tetapi file dokumen tersebut tidak bisa menampilkan hasil ketikkanmu? Pasti kamu akan kebingungan bukan? Apalagi jika kamu menggunakan font-font unik yang kamu dapatkan dari internet kedalam file dokumenmu agar tampak lebih menarik. Mudah saja, hal tersebut dikarenakan pada komputer yang kamu gunakan untuk membuka file dokumen Microsoft Word tersebut tidak memiliki atau belum terinstall sebuah font yang telah kamu gunakan di komputer yang sebelumnya kamu gunakan.

Baca juga: Tips Menyisipkan Gambar ke Microsoft Word Tanpa Menyimpan Gambar

Ini biasanya sering terjadi saat kamu akan mencetak atau istilahnya "menge-print" hasil kerja kamu ditempat jasa percetakan karena mungkin kamu belum memiliki sebuah printer atau tidak punya waktu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Nah, untuk menghindari kejadian tersebut agar tidak terulang lagi, sebaiknya kamu mengaktifkan sebuah pengaturan pada aplikasi Microsoft Word yang bernama Embed fonts in the file. Pengaturan tersebut berfungsi untuk menyertakan font yang kamu gunakan untuk membuat file dokumen Microsoft Word ketika file dokumen tersebut akan disimpan. Untuk mengaktifkan pengaturan embed font tersebut, berikut ini langkah-langkahnya. Pada tutorial ini aku menggunakan Microsoft Word 2007.

Pertama, tentunya silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Word. Kemudian klik tombol start Microsoft Word yang berada di pojok kiri atas, lalu pilih Word options.

embed font in the microsoft word

Kemudian klik menu Save. Di bagian paling bawah beri centang pada pilihan Embed fonts in the file. Agar file dokumen saat disimpan tidak turut menyertakan font dari sistem atau font yang sudah menjadi font default Microsoft Word, contohnya seperti font Arial, Calibri, Times New Roman dan lain sebagainya, maka beri centang juga pada pilihan Do not embed common system font.

embed font in the microsoft word

Bagaimana? Sangat mudah dan simpel bukan? Dengan cara sederhana diatas kamu bisa menyertakan juga font yang kamu gunakan saat menyimpan file dokumen Microsoft Word. Tentunya, kamu tidak akan kebingungan lagi dengan masalah file dokumen yang tidak bisa ditampilkan karena font tidak terbaca jika nanti file dokumen tersebut di buka di komputer yang lainnya.

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »