29 September 2015

Candi Borobudur Kini Bisa Dijelajahi Lewat Google Street View


   Beberapa waktu yang lalu, tepatnya hari Minggu (27/9/2015) yang juga bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia. Google yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi telah mengumumkan layanan Google Street View untuk lokasi-lokasi yang bersejarah di Indonesia. Kompleks cagar budaya Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah menjadi lokasi bersejarah pertama yang kini kita bisa jelajahi melalui layanan Google Street View tersebut.

Borobudur Google Street View

   Dipilihnya Candi Borobudur sebagai situs bersejarah yang pertama untuk divisualisasikan secara digital bukan tanpa alasan. Menurut Head of Public Policy and Government Relations Google Indonesia, Shinto Nugroho, karena Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang berarsitektur cantik. Dan juga menjadi tujuan utama para wisatawan dari mancanegara. Google Street View sendiri adalah sebuah fitur dari Google Maps yang menampilkan pemandangan 360 derajat dan mengizinkan pengguna dapat  melihat berbagai bagian dari kota sesuai pilihan kita.
   Tidak hanya kompleks candi Borobudur saja, kita juga bisa menjelajahi pemandangan jalan kawasan candi Prambanan juga candi Ratu Boko serta candi- candi yang lain di sekitarnya. Jadi hanya dengan menggunakan Google Street View ini kita serasa berwisata secara nyata di Borubudur. Selain itu, Google juga meluncurkan fitur Google Cultural Institute untuk Indonesia. Sehingga kita bisa sekaligus mempelajari lebih dalam lagi tentang sejarah relief dan stupa "Kisah Ramayana" yang terpahat indah di kompleks candi Borobudur. Jika gambar dari relief tersebut diperbesar, maka akan muncul keterangan - keterangan secara lengkap.
   Dengan kata lain, hal ini merupakan kombinasi yang pas. Karena Google Street View menyajikan pengalaman menjelajah virtual dengan pemandangan 360 derajat sedangkan Google Cultural Institute menyajikan materi informasi juga pengetahuan tentang benda-benda yang bersejarah.
Selengkapnya...

27 September 2015

BlackBerry Priv, Nama Resmi Smartphone Android BlackBerry


   Setelah sekian lama rumor beredar bahwa BlackBerry berencana membuat smartphone berbasis Android. Dan beberapa waktu yang lalu juga sempat beberapa kali beredar bocoran foto BlackBerry dengan OS Android tersebut yang bernama Venice. Akhirnya rasa penasaran publik tentang smartphone Android besutan BlackBerry ini pun terjawab sudah. Kemarin pada Jumat (25/9/2015) CEO BlackBerry, John Chen telah mengumumkan bahwa pihak BlackBerry memang benar akan bersiap merilis smartphone berbasis sistem operasi Android.

BlackBerry Priv

   Namun, smartphone berbasis Android yang BlackBerry akan rilis tersebut bukanlah bernama Venice tetapi akan diberi nama BlackBerry Priv. Nama "Priv" sendiri diambil dari kata “Privacy” yang mengacu pada misi untuk melindungi privasi dan keamanan pemiliknya. BlackBerry Priv merupakan perangkat flagship (andalan) yang ditujukan untuk pengguna umum, pekerja profesional, juga kalangan di dalam pemerintahan. Kerjasama antara BlackBerry dengan Google ini akan menawarkan perlindungan yang lebih aman bagi pengguna Android, sementara untuk pengguna yang terbiasa dengan BlackBery juga akan memperoleh berbagai aplikasi baru untuk menunjang produktifitas.
   Belum ada detail tentang spesifikasi resmi dari BlackBerry Priv ini. Namun, berdasarkan bocoran yang telah beredar beberapa waktu lalu. BlackBerry Priv mengusung desain sliding lengkap dengan keyboard Qwerty, layar touchscreen seluas 5.4 inchi curved display beresolusi Quad HD, desain tersebut mirip seperti Blackberry Torch. Dibagian dapur pacu menggunakan processor HexaCore Snapdragon 808, RAM 3 GB, kamera belakang 18 megapixel dan kamera depan 5 megapixel. Sedangkan untuk jadwal perilisannya, BlackBerry Priv direncanakan akan dirilis pada akhir tahun 2015 ini.

Sumber: dikutip dari berbagai sumber
Selengkapnya...

26 September 2015

NeoKylin, Sistem Operasi Buatan China Yang Mirip Windows XP


   Mungkin kamu selama ini sudah tahu, bahwa negara China sangat pandai meniru apapun dan membuat versi yang khusus bagi warga mereka, tak terkecuali dengan berbagai macam teknologi. Mereka pun juga membuat versinya sendiri, contohnya Baidu sebagai pengganti Google, Weibo sebagai pengganti Twitter dan Youku sebagai pengganti Youtube. Tidak hanya itu saja, bahkan pemerintah China juga membuat sistem operasi yang sangat mirip sekali dengan Windows XP yang diberi nama NeoKylin.
   Lalu mengapa pemerintah China membuat sistem operasi sendiri?? Menurut kabar yang beredar, Setahun yang lalu Pemerintah China sempat berselisih dengan Microsoft. Karena Microsoft akan menghentikan support untuk Windows XP secara global. Yang kemudian menyarankan pengguna Windows XP untuk melakukan upgrade ke versi Windows yang masih disupport oleh Microsoft. Pemerintah China tidak setuju dengan keputusan Microsoft tersebut karena biaya untuk upgrade itu tidak sedikit. Dan, konon NeoKylin inilah yang akan menjadi sistem operasi pengganti Windows XP di China.
   NeoKylin adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh China Standard Software. Yang kemudian didesain mirip sekali dengan Windows XP mulai dari desain Start Menu, taksbar, tombol close, tombol minimize, tombol maximize, My Computer, Control Panel sampai Recycle Bin. Penasaran seperti apa tampilannya? Berikut ini beberapa screenshotnya:

neokylin

neokylin

neokylin

   Bagaimana? Mirip seperti Windows XP kan? Tidak hanya sistem operasi saja yang mirip, bahkan NeoKylin sudah dilengkapi dengan beberapa game, seperti Minesweeper versi open source dan aplikasi NeoShine Office yang juga hampir mirip dengan Microsoft Office. NeoShine sendiri merupakan aplikasi berbasis Open Office, yang kemudian dirubah tampilannya agar mirip dengan Microsoft Office.
   Di China, sistem operasi NeoKylin ini mulai di bundling sebagai OS built-in di berbagai PC. Seperti Dell, sekitar 40% dari produk mereka yang dijual di China sudah built-in dengan OS ini.

Sumber: Winpoin | Gizmodo
Selengkapnya...

23 September 2015

Microsoft Resmi Merilis Office 2016


   Ada kabar gembira bagi kamu yang selalu bekerja dengan Microsoft Office, ya akhirnya Microsoft resmi merilis versi terbaru dari Microsoft Office yaitu Office 2016. Pada versi terbarunya, aplikasi penunjang produktivitas kerja ini dirancang oleh Microsoft dengan mengacu pada dua hal yang lagi nge-tren saat ini, yaitu mobilitas dan layanan cloud.

Office 2016

   Office 2016 yang dirilis Microsoft kali ini juga fokus pada tiga hal, yaitu teamwork (kerja sama tim), Windows 10, serta bertujuan untuk meringankan pekerjaan penggunanya. Office 2016 menyediakan fasilitas untuk kerja sama tim seperti Co-authoring, sharing OneNote, dan Skype Meeting pada Office Word, PowerPoint, serta OneNote. Untuk user experiencenya, Office 2016 akan lebih mantap jika dipadukan dengan Windows 10. Karena sudah terintegrasi dengan asisten digital Cortana, sign-in dengan suara, serta dapat berpindah mode dari perangkat mobile ke desktop dengan mudah melalui fitur Continuum. Selain itu, Office 2016 juga dirancang untuk memudahkan pekerjaan penggunanya dengan fitur-fitur barunya, seperti Powerfull Analysis, Smart Lookup (fitur untuk melihat informasi dari Wikipedia secara langsung tentang tulisan atau artikel yang di-highlight serta mencari gambar dan mengimportnya langsung ke dalam dokumen Word), Modern Attachment dan masih banyak lagi.
   Dengan fitur-fitur baru yang keren tersebut. Pasti kamu bertanya-tanya, berapa harga Office 2016 ini?? Untuk harganya sediri, Office 2016 dirilis dalam beberapa edisi dan Microsoft menjual dengan harga yang berbeda-beda untuk setiap edisi Office di masing-masing negara. Untuk edisi Office Home & Student 2016 dijual dengan harga US$ 120 atau sekitar Rp. 1,7 juta, Office Home & Business dijual dengan harga US$ 290 atau sekitar Rp. 4,2 juta, Layanan cloud Office 365 Home Subscription dijual dengan harga US$ 80 atau sekitar Rp. 1 juta dan Office 365 Personal Subscription US$ 60 atau sekitar Rp. 800 ribu. Bagaimana?? Tertarik untuk mencobanya??

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
Selengkapnya...

22 September 2015

Wow.. Google Terbentuk Dari 2 Milyar Baris Kode Dengan Total Ukuran 86 Terabytes


   Saat kita membuka halaman pencarian Google, maka yang kita lihat adalah tampilan halaman Google yang begitu bersih dan sangat simpel sekali. Tapi tahukah kamu?? Bahwa Google sebenarnya terbentuk dari kode-kode pemrograman yang kompleks dan tidak sedikit. Jika dihitung hingga saat ini, Google memiliki sekitar 2 milyar baris kode, dengan lebih dari 1 milyar file dengan total ukurannya mencapai 86 terabytes. Wooww!!

Google Terbentuk Dari 2 Milyar Baris Kode

   Seluruh kode-kode tersebut merupakan code base untuk semua layanan Google seperti Gmail, Google Search, Google Drive, Google Plus, Google Analytics dan berbagai layanan Google lainnya yang dijadikan satu. Semuanya disusun dan telah disimpan dalam sebuah database di 10 data center. Lokasi penyimpanan data center tersebut juga tersebar di seluruh penjuru dunia.
   Barisan kode-kode tersebut dijadikan satu agar diperlukan untuk menjalakan segala perintah yang diinputkan melalui aplikasi atau web dan juga Google lebih cepat dalam mengembangkan suatu fitur ataupun memulai project yang baru. Selain itu, code basa Google juga dirubah hampir 45000 commit dalam sehari oleh sekitar 25000 engineer ahli yang dimilikinya. Setiap engineer bisa mengakses code base tersebut untuk melakukan perubahan yang kemudian akan di cek oleh manusia ataupun robot.
   Untuk robot yang mengecek perubahan tersebut, Google menggunakan bot yang bernama Piper. Piper digunakan untuk memastikan tidak ada masalah di code yang diubah, membuang code yang sudah tidak terpakai lagi, menghilangkan bug, hingga memproduksi data dan file konfigurasi agar seluruh perubahan yang telah dilakukan tetap dapat berjalan dengan lancar. Karena saking banyaknya kode yang dimiliki Google jika dibandingkan dengan kode didalam Linux Kernel hanya berisi 15 juta baris kode, sedangkan di Windows hanya 50 juta baris kode. Hmmm,, bisa dibayangkan kan banyaknya kode-kode . Google tersebut??

Sumber: Wired | bgr
Selengkapnya...

20 September 2015

Akibat Jika Terlalu Sering Melakukan Install Ulang Komputer


Install Ulang Komputer

   Tidak selamanya komputer dapat berjalan dengan normal. Seiring dengan berjalannya waktu, tiba-tiba komputer kita mengalami error. Entah itu sering not responding sampai  tidak bisa booting. Jika kamu tipe orang yang tidak sabaran dan menghadapi komputer yang mulai "bertingkah aneh" pasti akan memilih jalan pintas, yaitu menginstall ulang komputer. Memang, Install ulang seringkali menjadi jalan keluar bagi sebagian orang untuk mengatasi masalah berat pada komputer.

   Tetapi perlu diketahui, bahwa melakukan install ulang bukanlah selamanya menjadi jalan keluar yang terbaik. Bahkan jika terlalu sering melakukan install ulang, malah terkadang akan menjadi masalah rumit yang akan kita hadapi di kemudian hari. Nah, berikut ini aku akan membagikan berbagai konsekuensi yang mungkin akan kamu hadapi jika terlalu sering melakukan install ulang komputer.

#1. Resiko Kerusakan Hardware Semakin Besar

Jika kamu terlalu sering install ulang maka resiko kerusakan hardware akan semakin besar. Karena secara tidak langsung setiap kita melakukan install ulang akan membuat semua hardware akan bekerja dengan sangat keras dan juga membutuhkan tenaga listrik yang cukup besar. Hal ini jika sering dilakukan maka akan merusak hardware secara perlahan. Biasanya, bagian hardware yang sangat rentan mengalami kerusakan adalah layar LCD dan harddisk.

#2. Dapat Memperpendek Umur Baterai

Khusus bagi pengguna laptop atau netbook, install ulang dapat mengakibatkan daya baterai akan terkuras habis dengan sangat cepat. Perlu diperhatikan, jika memang terpaksa harus install ulang, sebaiknya menggunakan charger sampai proses instalasi selesai. Dan jangan melepas baterai pada saat Menginstall ulang, karena tegangan listrik yang masuk menjadi kurang stabil.

#3. Beresiko Kehilangan Data

Proses install ulang yang tidak sesuai prosedur dapat mengakibatkan seluruh data yang tersimpan akan hilang. Namun hal ini akan terjadi jika kamu memilih melakukan format harddisk terlebih dahulu.

#4. Dapat Membuat Ketergantungan

Jika kamu sering melakukan install ulang dapat mengakibatkan ketergantungan. Lho kok bisa?? Alih-alih  menginginkan komputer yang selalu optimal. Maka bila komputer terasa lemot sedikit saja, pasti langsung install ulang, begitupun seterusnya. Tentunya hal ini akan tidak baik bagi PC ataupun laptop kamu, terlebih bagi hardware penting seperti harddisk.

#5. Hanya Buang-Buang Waktu

Jika kamu memutuskan untuk menginstall ulang komputer maka kamu juga harus meluangkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan hal tersebut. Karena setelah proses install ulang maka kamu juga harus menginstall kembali semua driver dan beberapa aplikasi-aplikasi yang lainnya. Tentunya hal ini hanya akan membuang-buang waktumu.

Itulah beberapa konsekuensi yang kamu ambil jika terlalu sering melakukan install ulang. Untuk itu kamu perlu pertimbangkan terlebih dulu apabila ingin melakukan install ulang.
Jika memang masalah komputer tidak begitu berat, kamu bisa menggunakan System Restore. System Restore merupakan tools bawaan Windows yang ampuh karena bisa digunakan untuk mengembalikan sistem menjadi semula seperti sebelum terjadi masalah.
Selengkapnya...

17 September 2015

7 Cara Merawat Harddisk Agar Tetap Awet


Harddisk

   Harddisk merupakan sebuah hardware yang sangat penting dalam sebuah komputer. Mengingat fungsinya sebagai media tempat penyimpanan data. Namun perawatan harddisk ini bisa dibilang tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Jika kamu menggunakannya dengan tidak benar, maka resiko kerusakan harddisk pun juga semakin besar.
   Tanda-tanda kerusakan harddisk sendiri dapat kita ketahui mulai dari data-data yang tiba-tiba menghilang hingga komputer tidak bisa booting. Oleh sebab itu, kali ini aku akan berbagi tips cara merawat harddisk baik itu internal maupun harddisk eksternal.

#1. Jangan Terlalu Sering Menginstall Ulang Komputer

Kegiatan install ulang ini biasanya sering kita lakukan jika komputer sudah mulai lemot ataupun terkena virus. Perlu diketahui, Proses install ulang sangat berhubungan dengan keawetan harddisk. Karena jika kita melakukan install ulang, harddisk akan bekerja lebih keras dari biasanya. Maka dari itu, jangan terlalu sering melakukan install ulang jika memang benar-benar tidak diperlukan. Sebagai gantinya apabila komputer mengalami masalah, sebaiknya kamu gunakan fasilitas System Restore.

#2. Lakukan Defragment Harddisk Secara Berkala

Seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan, data-data didalam harddisk akan mengalami fragmentasi (tersebar/terpecah) yang mengakibatkan performa harddisk jadi menurun. Untuk mengatasi hal tersebut maka kamu perlu melakukan defragment harddisk secara berkala. Kegiatan defrag ini berguna untuk penataan ulang data-data yang tersebar tersebut menjadi satu lagi, agar harddisk dapat membaca data-data dengan cepat. Tetapi perlu diketahui, kamu hanya perlu men-defrag saat harddisk sudah terfragmentasi mencapai diatas 10%. Namun usahakan juga jangan terlalu sering melakukan defrag harddisk karena bisa mengurangi umur harddisk jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan.

#3. Install Anti Virus Terupdate

Selalu gunakan anti virus yang terupdate di komputermu. Anti virus dapat membuat kinerja harddisk kamu tetap normal karena anti virus dapat menangkal virus yang bisa memicu berbagai masalah di harddisk. Selain itu, anti virus dapat memecahkan masalah yang biasanya hanya bisa diselesaikan dengan install ulang.

#4. Uninstall Aplikasi dan Hapus Data Yang Sudah Tidak Perlu

Sebaiknya kamu uninstall aplikasi dan rutin menghapus data-data yang sudah tidak diperlukan lagi. Karena jika aplikasi yang terinstall dan data-data yang tersimpan sangat banyak, hanya akan mengurangi space harddisk kamu. Akibatnya, harddisk akan bekerja terlalu keras. Oleh sebab itu, pastikan space harddisk kamu tetap mencukupi agar harddisk mampu bekerja dengan optimal.

#5. Selalu Perhatikan Arus Listrik

Selalu perhatikan arus listrik pada komputer agar tetap stabil. Karena jika tegangan listrik turun atau sampai listrik padam, maka akan memperpendek umur harddisk. Jika hal tersebut terlalu sering terjadi, malah akan mengakibatkan harddisk cepat rusak. Jadi sebaiknya gunakan stabilizer atau stavolt agar tegangan listrik selalu stabil.

#6. Hindari Dari Guncangan yang Berlebih

Biasanya, kita selalu membawa laptop kemana-mana untuk berbagai keperluan. Tentunya hal ini tidak lepas dari guncangan. Guncangan pada harddisk dapat membuat harddisk cepat rusak. Karena piringan yang berputar didalam harddisk menjadi tidak stabil akibat guncangan yang terus menerus. Jadi usahakan agar posisi laptop tetap stabil dan bebas dari guncangan.

#7. Nonaktifkan Komputer Sesuai Prosedur

Selalu nonaktifkan/matikan komputer saat sudah selesai pemakaian dengan cara yang benar sesuai dengan prosedur, yaitu hanya melalui tombol shutdown. Perlu diperhatikan, menonaktifkan komputer dengan cara yang paksa dapat juga merusak harddisk. Karena sama seperti poin nomer 5 tadi, menonaktifkan komputer dengan cara yang paksa sama halnya memutus arus listrik secara mendadak.

Itulah 7 cara merawat harddisk agar tetap awet. Tips diatas perlu untuk dilakukan jika kamu tidak ingin kehilangan data-data pentingmu. Dan jika kamu punya tips yang lain, bisa kamu tambahkan dikolom komentar.
Selengkapnya...

13 September 2015

Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis


Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

   Salah satu kelebihan menggunakan laptop atau netbook dibandingkan dengan desktop PC adalah kamu bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja. Dengan baterai laptop yang terpasang memungkinkan kamu untuk bisa menggunakan laptop selama beberapa jam tanpa harus terhubung dengan listrik.
   Tapi yang menjadi masalah utama dari baterai laptop atau netbook adalah keterbatasan daya. Namun demikian, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk tindakan penghematan agar baterai laptop tidak cepat habis. Nah, pada artikel kali ini aku akan berbagi beberapa tips cara menghemat baterai laptop agar bisa tahan lama dan tidak cepat habis:

#1. Kurangi Tingkat Brightness (Kecerahan) Layar

Kecerahan layar merupakan hal pertama yang banyak menguras daya baterai laptop. Oleh sebab itu, dengan menurunkan tingkat kecerahan layar laptop di beberapa level akan bisa membuat baterai laptop kamu tidak cepat habis.

#2. Aktifkan Mode Power Saver

Mode Power Saver atau Eco-mode dan menyesuaikan pengaturan laptop kamu dan mengalihkan komponen ke konsumsi daya yang lebih rendah. Aturlah setiap mode power saver tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Misalkan saja, kapan saatnya layar akan diredupkan. Pengaturan secara tepat akan dapat mengurangi konsumsi daya baterai laptop.

#3. Aktifkan Sleep Mode

Laptop yang menyala terus menerus akan banyak menguras konsumsi daya baterai bahkan jika laptop masih menyala tapi tidak digunakan. Oleh sebab itu, kamu dapat mengaktifkan sleep mode. Sleep mode akan bekerja saat laptop masih menyala tetapi tidak gunakan dalam jangka waktu tertentu, maka layar laptop akan mati sendiri dan akan menggunakan daya baterai yang sangat rendah. Semua file dan program yang sedang berjalan akan disimpan di memori sementara dan saat kamu menyalakannya lagi, file dan program tersebut akan langsung siap untuk digunakan lagi. Tetapi, jika kamu tidak menggunakan laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya gunakan menu shutdown seperti biasanya.

#4. Cabut Semua Perangkat USB Yang Tidak Terpakai

Ketika sudah melakukan transfer file dari flashdisk atau harddisk ekternal, biasanya kita sering lupa untuk mencabut perangkat USB tersebut. Perlu diketahui, perangkat USB yang masih terpasang dapat menguras daya baterai. Karena perangkat USB membutuhkan daya atau power untuk dapat berfungsi. Oleh sebab itu, pastikan kamu segera mencabut perangkat USB yang memang sudah tidak dibutuhkan.

#5. Hindari Menggunakan Media CD/DVD

CD/DVD-ROM bisa dengan cepat membuat baterai laptop kamu cepat habis. Sebaiknya hindari menggunakan media CD/DVD jika benar-benar tidak dibutuhkan. Tapi jika memang harus menggunakannya, pastikan tidak ada CD/DVD yang tertinggal didalam CD/DVD-ROM setelah kamu menggunakannya.

#6. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Tidak hanya hardware yang bisa menguras daya baterai laptop, beberapa aplikasi yang sedang berjalan pun juga dapat membuat baterai laptop cepat habis. Sebaiknya tutup aplikasi yang sudah tidak kita gunakan. Begitupun juga proses yang tidak kita butuhkan yang berjalan secara background. Untuk proses berjalan secara background, kamu dapat menghentikannya melalui Windows Task Manager -> pilih tab Processes. Cara ini juga dapat membantu mengurangi konsumsi daya baterai laptop secara signifikan.

#7. Nonaktifkan Wireless Card

Wireless card seperti Wi-Fi juga dapat menguras habis daya baterai laptop, bahkan saat kamu tidak terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Oleh sebab itu, pastikan kamu menonaktifkan Wireless Card laptop kamu jika memang tidak diperlukan.

#8. Lakukan Defrag Harddisk Secara Berkala

File yang terfragmentasi seiring waktu ketika kamu menambahkan dan menghapus file dari sistem, akan membuat harddisk bekerja dua kali lipat dari biasanya. Karena harddisk harus menemukan file-file yang terpecah tersebut dan menyatukannya kembali ketika diakses. Akibatnya, harddisk akan memerlukan daya baterai yang lebih besar. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan defrag harddisk hanya saat laptop kamu sedang terhubung dengan daya listrik. Perlu diperhatikan, jika laptop kamu sudah menggunakan harddisk jenis SSD (Solid State Drive), kamu tidak perlu men-defrag harddisk. Karena jika dilakukan, maka akan mengurangi masa pakai harddisk tersebut.

#9. Selalu Bersihkan Laptop Secara Teratur

Laptop yang jarang sekali dibersihkan mengakibatkan banyak sekali debu-debu yang menempel. Debu-debu tersebut dapat menyumbat lubang ventilasi udara pada laptop. Tersumbatnya lubang ventilasi ini membuat laptop cepat panas dan akan memaksa fan (kipas) bekerja lebih cepat. Tentunya, juga akan membuat daya baterai laptop kamu lebih cepat habis. Oleh sebab itu, pastikan kamu untuk selalu rajin membersihkan laptop. Terutama di area lubang ventilasi udaranya.

#10. Bersihkan Baterai Laptop Secara Teratur

Tidak hanya laptop saja yang dibersihkan, baterai pun juga harus dibersihkan. Area kutub baterai seringkali kotor karena terdapat berbagai debu dan kotoran yang menempel. Hal tersebut dapat mengurangi efektifitas serta efisiensi baterai. Oleh sebab itu, pastikan untuk rutin membersihkan bagian logam kutub baterai dengan menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan sedikit alk0hol.

Itulah beberapa tips cara menghemat baterai laptop atau netbook agar tidak cepat habis dan lebih tahan lama. Jika kamu memiliki cara yang lain, bisa kamu tambahkan di kolom komentar.
Selengkapnya...

11 September 2015

Cara Menambahkan Index Pada Windows Search



Cara Menambahkan Index Pada Windows Search

   Fitur Search Index pada Windows merupakan fitur yang berfungsi untuk mempercepat proses pencarian file pada Windows Search. Bagi sebagian orang mungkin fitur ini bukanlah fitur yang begitu penting, karena jarang sekali menggunakan fasilitas pencarian ini. Tetapi bagi orang yang memiliki file yang sangat banyak, pastinya akan lebih praktis menggunakan fasilitas pencarian ini daripada harus mencari filenya di setiap folder satu persatu.
   Pada setting default Windows, file-file yang ter-index hanyalah sebatas di folder IE (Internet Explorer), history, Offline files, Start Menu dan folder Users yang biasanya hanya terdapat pada drive C:. Nah, bagi yang menyimpan file pada drive atau folder yang selain berada di drive C: (misalkan file/ folder yang berada di drive D: atau E:), tentunya tidak akan menemukan file yg dicari. Karena drive atau folder lokasi penyimpanan belum masuk ke daftar index Windows. Oleh sebab itu, kali ini aku akan memberikan tutorial menambahkan drive atau folder ke dalam daftar index Windows. Berikut ini caranya:

Pertama, buka Start Menu lalu ketikkan kata Index. Setelah muncul, kemudian pilih Indexing Options

Cara Menambahkan Index Pada Windows Search

Setelah fitur Indexing Options terbuka, klik pilihan Modify

Cara Menambahkan Index Pada Windows Search

Kemudian beri centang drive atau folder yang akan kamu tambahkan ke daftar index Windows. Jika sudah, lalu klik OK

Cara Menambahkan Index Pada Windows Search

Tunggu sebentar sampai item yana terindex bertambah. Pada proses ini tergantung pada kecepatan komputer yang kamu miliki.

   Dengan melakukan cara diatas, sekarang kamu bisa melakukan pencarian file yang kamu inginkan yang berada di drive atau folder yang lainnya melalui search box di Start Menu atau juga bisa di search box di  Windows Explorer. Perlu diperhatikan, kamu tidak harus menambahkan semua file yang kamu punya ke dalam daftar index Windows, karena hal ini hanya akan membuat komputer menjadi lambat. Sebaiknya kamu hanya cukup menambahkan folder dimana terdapat file yang sering kamu gunakan ke dalam daftar index Windows.
Selengkapnya...

09 September 2015

Beredar Foto Nokia C1, Smartphone Android Pertama Nokia


   Rencana Nokia yang akan kembali masuk ke bisnis smartphone memang sudah sering didengar. Namun karena masih ada perjanjian kontrak antara Nokia dengan Microsoft, Nokia baru bisa mulai kembali ke bisnis smartphone setelah perjanjian kontrak tersebut berakhir pada tahun 2016.
   Sembari kita menunggu smartphone Nokia yang kemungkinan baru akan dirilis tahun depan, kali ini muncul bocoran foto smartphone Android pertama besutan vendor asal Finlandia tersebut yang diberi nama Nokia C1. Bocoran foto tersebut beredar di internet melalui situs jejaring sosial China, Weibo dan Phandroid.

Foto Nokia C1
Gambar grafis Nokia C1

Foto Nokia C1
Foto asli Nokia C1

   Dari foto diatas, memperlihatkan desain tipis unibody dengan bezel (bingkai layar) yang tidak terlalu lebar. Tidak banyak tombol fisik di depan, hanya terdapat tiga tombol khas smartphone Android dengan shortcut untuk kamera di Home Screen. Terlihat juga ada Grill Speaker di tepi bawah lengkap dengan port micro USB, serta kamera yang agak kecil pada bagian belakang. Sedangkan untuk spesifikasi sendiri dirumorkan Nokia C1 menggunakan layar HD 5 inchi, dengan processor Intel Atom dan di bekali RAM 2 GB, kamera belakang 8 Megapixel, kamera depan 5 Megapixel. Selain itu, smartphone ini kemungkinan menjalankan OS Android Marshmallow yang merupakan versi Android terbaru saat ini.
   Namun Perlu diingat, bahwa Nokia masih belum secara resmi memberikan rincian tentang spesifikasinya. Semua informasi diatas masih hanya sebatas rumor dan spekulasi. Tetapi jika smartphone Nokia C1 benar akan resmi dirilis tahun depan, sepertinya akan menjadi smartphone Android Nokia pertama yang menggunakan OS Android murni dari Google. Mengingat dulu Nokia juga pernah merilis Nokia X dan Nokia XL yang menggunakan OS Android yang sebelumnya telah dimodifikasi (custom ROM).

Sumber: Weibo | Phandroid
Selengkapnya...

08 September 2015

Indra's Blog Ganti Domain Baru Menjadi Indradp.Com


Indra's Blog
Setelah kurang lebih 3 tahun melakukan aktivitas blogging dan tentunya juga sudah lama merasakan pahit manisnya ngeblog, akhirnya Indra's Blog resmi ganti nama domain. Yang semula indradp-share.blogspot.com sekarang menjadi indradp.com . Yeeayy :D . Sebenarnya, rencana untuk mengganti nama domain sudah cukup lama sekali. Tetapi karena dana yang belum mencukupi untuk membeli domain TLD sendiri ya jadinya baru terealisasikan sekarang. Hehehe XD

Mengapa Ganti Nama Domain??

Penggantian nama domain  Indra's Blog sendiri bukan tanpa alasan. Aku sendiri sudah sekian lama mencari referensi dari para pakar SEO. Dan dari berbagai sumber yang telah aku dapatkan, ternyata nama domain yang singkat akan mudah sekali diingat oleh pembaca/pengunjung daripada nama domain yang menggunakan embel-embel tanda hubung (-) .

Meskipun demikian, tidak ada larangan menggunakan tanda hubung. Tetapi disarankan untuk menghindari tanda tersebut jika memang tidak perlu. Oleh karena alasan itulah, akhirnya keputusanku jadi lebih mantap untuk mengganti nama domain blog ini menjadi indradp.com (sekarang jadi lebih singkat dan mudah diingat kan?? Hehehe :D)

Nah, dengan diluncurkannya nama domain baru blog ini. Semoga bisa terus rutin update artikel untuk memberikan informasi teknologi yang lebih menarik lagi. Dan juga bisa memberi motivasi untuk sahabat blogger yang masih menggunakan subdomain blogspot. (syukur-syukur kalau sahabat sudah bisa migrasi ke Wordpress Self Hosting). O,iya tidak lupa juga terima kasih juga buat sahabat pembaca setia Indra's Blog. Tanpa kunjungan dari kalian semua, blog ini tidak ada apa-apanya. Hehehe. :D

Selengkapnya...

06 September 2015

Akhirnya Google Chrome Sudah Tidak "Rakus" Memori dan Hemat Daya


   Seperti yang telah kita ketahui selama ini, Google Chrome memang dikenal memiliki respon dan performa yang begitu cepat dari kebanyakan browser lainnya. Namun dengan performa tersebut, harus mengorbankan resource memori RAM yang begitu besar sehingga browser menjadi sering nge-hang/crash serta konsumsi baterai yang lebih boros. (Baca Juga: Mengapa Google Chrome Menghabiskan Banyak RAM ?)
   Oleh sebab itu, akhirnya Google mengklaim telah berhasil mengatasi semua masalah tersebut melalui Google Chrome versi terbaru, yaitu versi 45. Serta berbagai peningkatan yang membuat browser tersebut menjadi lebih hemat memori RAM dan daya. Penghematan memori dan daya tersebut dapat diterapkan dengan adanya fitur auto-pause untuk file animasi atau video berbasis Flash.

Google Chrome

Fitur Restore Tabs Dibuat Lebih Canggih

Jadi misalkan suatu saat browser Google Chrome mengalami hang/crash lalu kemudian dibuka lagi, maka tab akan otomatis direstore mulai dari tab yang terakhir kali kamu buka sampai tab yang jarang dibuka. Sehingga kamu bisa mengakses tab tersebut dengan lebih cepat.
Selain itu, Pada Google Chrome versi 45 bisa mendeteksi apabila resource memori RAM dari komputer semakin terbatas. maka tab-tab urutan terakhir yang ada akan secara otomatis menghentikan proses restore-nya untuk menghemat memori. Tab-tab tersebut hanya akan direstore secara keseluruhan jika kamu mengaksesnya kembali.

Adanya Fitur Clear Memory Otomatis

Pada Google Chrome versi 45 terdapat fitur clear memory otomatis. Yang berfungsi untuk membersihkan secara otomatis memori yang tidak terpakai pada tab yang tidak aktif. Jadi penggunaan memori bisa digunakan hanya pada tab yang sedang aktif diakses. Jadi secara rata-rata Google Chrome bisa lebih hemat memori sekitar 10% dari sebelumnya. Tapi jika membuka web apps yang kompleks seperti Gmail, memori yang dihemat bisa mencapai 25% dari sebelumnya.

Semakin Lebih Hemat Daya Baterai

Karena sudah bisa mengatur  resource memori RAM dengan bijak, maka Google Chrome versi terbaru ini juga mampu menghemat penggunaan baterai hingga 15%, tetapi hal ini juga tergantung OS yang kamu gunakan.

Nah, bagi pengguna browser Google Chrome, pastikan kamu sudah mengupdatenya ke versi yang terbaru yaitu versi 45 agar browser kamu bisa segera menggunakan memori yang lebih hemat.

Sumber: Google Chrome Blog
Selengkapnya...

02 September 2015

Google Punya Logo Baru, Sekarang Lebih Flat dan Modern


Logo Baru Google

   Jika saat ini kamu membuka halaman Google, pastinya kamu akan menyadari ada sesuatu yang berbeda. Ya, Google baru saja memperkenalkan logo terbarunya hari ini. Tampilan pada logo terbaru Google ini terlihat lebih flat dan modern dengan jenis font yang berbeda namun tetap menggunakan pola warna yang sama. Selain itu, Google mengubah identitasnya yang selama ini kita kenal dengan huruf “g“ berwarna biru, menjadi huruf  “G” berwarna-warni dan juga Huruf  “e“ yang sengaja diputar sedikit ke atas, sama seperti logo Google yang terdahulu untuk menunjukkan paradigma Google yang selama ini dianggap selalu mencoba untuk tidak konvensional.

   Lalu, Mengapa Google mengganti logonya lagi? Mengingat Google baru mengganti logonya sekitar dua tahun yang lalu, tepatnya pada bulan September 2013. Perubahan logo yang dilakukan Google saat ini ternyata memiliki alasan dan filosofi tersendiri. Berikut ini penjelasan dari Google:
Dahulu kala, Google merupakan tujuan yang kamu kunjungi dari satu device: desktop PC. Kini orang-orang berinteraksi dengan Google di banyak platform, apps, dan devices — bahkan seringkali bersamaan dalam satu waktu. Kamu bisa terbantu oleh Google kapanpun dan dimanapun kamu membutuhkannya, di mobile phone, TV, jam tangan, dashboard mobil, bahkan juga di desktop.
Hari ini kita memperkenalkan logo baru yang merefleksikan realita ini, untuk menunjukkan bahwa keajaiban Google bisa bermanfaat bagi kamu, bahkan di layar terkecil sekalipun. Logo baru ini tidak hanya menunjukkan bahwa kamu menggunakan Google, tetapi Google sedang bekerja bagi kamu. Misalnya saja elemen Mic warna-warni akan membuat kamu tahu bahwa Google sedang mendengarkan kamu, saat kamu bicara ataupun mengetik.”
Animasi Logo Baru Google
Animasi Logo Baru Google

   Jadi menurut penjelasan Google diatas, alasan untuk merubah kembali logo mereka yaitu berkaitan dengan tren perangkat yang dipakai oleh pengguna internet saat ini. Ya, memang saat ini banyak sekali yang browsing di internet menggunakan berbagai perangkat. Mulai dari PC hingga perangkat mobile atau gadget lain. Contohnya smartphone, TV, jam tangan pintar, hingga dashboard mobil. Oleh karena itu, Logo terbaru Google ini diharapkan bisa lebih sesuai untuk semua jenis perangkat bahkan perangkat yang memiliki "layar terkecil" sekalipun.
   Ternyata, rencana pembuatan logo baru Google ini memang telah direncanakan sejak awal tahun ini. Google mengumpulkan perusahaan desainer di New York pada awal tahun termasuk juga tim Creative Lab dan tim Material Design. Tugas mereka masing-masing adalah untuk membuat logo baru yang kemudian oleh Google dideskripsikan dalam empat poin utama, yaitu logo yang bisa digunakan di semua ukuran perangkat, logo yang menggambarkan interaksi yang dinamis dengan pengguna, logo yang memberikan konsistensi terhadap pengguna, serta logo yang mengenalkan brand Google. Selain itu, Google juga merubah logo pada layanan mereka yang lainnya. Seperti Gmail, Google Plus, Google Maps, dan Google Search.

Sumber: Blog Google
Selengkapnya...

01 September 2015

Inilah Bocoran Foto BlackBerry Venice yang Semakin Jelas


   Setelah beberapa waktu lalu sempat muncul bocoran foto yang memperlihatkan sebagian desain dari smartphone BlackBerry pertama dengan OS Android yaitu BlackBerry Venice. Kali ini muncul kembali bocoran foto BlackBerry Venice yang lebih jelas dari berbagai sudut. Berikut ini adalah beberapa bocoran foto-foto terbaru dari smartphone besutan perusahaan asal Kanada tersebut:

BlackBerry Venice

BlackBerry Venice

BlackBerry Venice

   Dari foto-foto diatas, terlihat dengan jelas bahwa BlackBerry Venice menggunakan desain slider dan lengkap dengan Qwerty keyboard fisik khas BlackBerry. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri karena saat ini kita tahu sekarang sudah zamannya smartphone yang menggunakan full touchscreen. Untuk spesifikasi BlackBerry Venice sendiri dirumorkan akan mengusung layar 5,4 inci dengan resolusi Quad-HD (2560 x 1440 pixel), processor Snapdragon 808, RAM 3 GB, kamera belakang 18 Megapixel, kamera depan 5 Megapixel. Dan menggunakan OS Android Lollipop.
   Namun, dikutip dari TheVerge beberapa sumber dalam mengatakan foto yang beredar masih merupakan prototipe. Tetapi desain akhirnya mungkin tak akan berbeda jauh. Kita tunggu saja kabar selanjutnya, karena kemungkinan smartphone BlackBerry dengan OS Android pertama ini akan resmi diperkenalkan pada bulan November nanti.

Sumber: TheVerge | techrum

Selengkapnya...