Jepang Mulai Mempersiapkan Jaringan 5G Berkecepatan Tinggi


5G Network

     Seperti yang telah kita ketahui, di beberapa negara termasuk di Indonesia baru saja menghadirkan jaringan 4G LTE. Di Indonesia sendiri, meskipun jaringan 4G LTE sudah dihadirkan, namun untuk saat ini di beberapa wilayah masih ada yang belum tercover. Namun perlahan tapi pasti seluruh wilayah di Indonesia bakal bisa menikmati jaringan super cepat tersebut. Sementara beberapa provider jaringan telekomunikasi di Indonesia masih sibuk menata jaringan 4G LTE-nya, salah satu provider jaringan telekomunikasi asal Jepang, NTT DoCoMo malah saat ini sedang mulai mempersiapkan uji coba jaringan 5G. Jaringan 5G tersebut diklaim mampu menyediakan kecepatan internet yang lebih tinggi daripada jaringan 4G LTE. Dalam uji coba tersebut, NTT DoCoMo bekerja sama dengan Nokia Network, Fujitsu, Ericsson dan Samsung Electronics.
     Untuk bisa menguji coba jaringan 5G ini, NTT DoCoMo menggunakan sinyal milimeter-wavelength pada frekuensi 70 GHz. Saat uji coba bersama Nokia Network di Tokyo, NTT DoCoMo mendapatkan kecepatan jaringan 5G mencapai 2 Gbps, Bersama Ericsson mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi dari sebelumnya yaitu mencapai 10 Gbps. Dan bersama Fujitsu, NTT DoCoMo berhasil mendapatkan kecepatan tertinggi dari jaringan 5G yaitu mencapai 11 Gbps.
     Kecepatan jaringan yang dihasilkan saat uji coba tersebut mungkin akan berbada dengan kecepatan jaringan 5G yang kabarnya akan diluncurkan secara komersial pada tahun 2020 mendatang. Tapi yang jelas, dengan dilakukannya uji coba kali ini, pastinya jaringan 5G bakal menjadi jaringan internet yang berkecepatan tinggi di masa depan.

Sumber:
NTT DoCoMo
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »