6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan VPN


VPN

Bagi yang sering menjelajah di internet, pastinya tidak asing lagi dengan VPN. Ya, VPN atau Virtual Private Network merupakan suatu koneksi antara suatu jaringan dengan jaringan yang lain secara pribadi melalui jaringan internet publik. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam VPN ini. Yaitu Disebut Virtual Network karena VPN menggunakan jaringan Internet virtual atau secara tidak langsung, yang artinya tidak dengan menggunakan koneksi yang sebenarnya. Disebut Private Network karena VPN adalah jaringan internet yang terbentuk secara private atau pribadi. Jadi, hanya sebagian orang tertentu saja yang dapat mengakses jaringan tersebut.

Semua data yang dikirim melalui VPN akan terenkripsi sehingga kerahasiaan data akan tetap aman dan terjaga meskipun melalui jaringan publik. Dengan kata lain, menggunakan layanan VPN maka seperti menggunakan jaringan pribadi milik sendiri. Dan juga keamanan saat browsing di internet juga akan lebih terjamin. Selain itu, berikut ini ada enam manfaat lainnya yang menjadi alasan mengapa kamu sangat disarankan menggunakan layanan VPN.

#1. Dapat Mengakses Situs yang Diblokir

Ini merupakan salah satu manfaat VPN yang sangat diandalkan bagi sebagian besar pengguna internet. Karena jika kamu menggunakan VPN, kamu dapat dengan mudah mengakses berbagai situs, termasuk situs yang diblokir di negara tertentu dengan menggunakan sistem geoblocked atau situs yang di blokir berdasarkan wilayah karena kebijakan suatu negara.

Misalkan saja saat ini kamu sedang liburan di China. Tetapi kamu disana tidak bisa mengakses situs jejaring sosial Facebook, hal tersebut karena ada suatu kebijakan dari pemerintah China yang mengakibatkan Facebook diblokir di negara tersebut. Dengan menggunakan VPN, maka kamu bisa menggunakan IP address dari negara manapun yang "bebas" untuk digunakan mengakses situs yang kamu inginkan.

#2. Mengakses Internet Di Wi-Fi Publik Jadi Lebih Aman

Saat ini memang banyak sekali fasilitas umum yang menyediakan Wi-Fi gratis. Namun sebenarnya Wi-Fi di tempat publik bukanlah tempat yang aman untuk mengakses internet. Apalagi jaringan Wi-Fi tersebut digunakan untuk melakukan aktivitas yang sangat rawan terhadap pencurian informasi. contohnya saja melakukan tranksaksi online perbankan. (Baca juga: Tips Aman Menggunakan Hotspot Wi-Fi Umum)

Karena berbagai informasi pribadi ada di perangkat gadget kamu yang terkoneksi dengan hotspot atau jaringan Wi-Fi di tempat tersebut. Bukan tidak mungkin jika ada pihak yang secara diam-diam berusaha mencuri informasi pribadi kamu. Jika kamu menggunakan VPN, maka kegiatan yang kita lakukan di internet akan lebih aman. Karena semua informasi kamu di internet akan dienkripsi dan diacak terlebih dahulu. Tentu hal ini akan menyulitkan bagi seseorang yang berusaha ingin mencuri informasi pribadi kamu.

#3. Sharing File Akan Terjamin Kerahasiaannya

VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan suatu informasi atau data mulai dari data tersebut dikirim hingga sampai di tempat tujuan tanpa diketahui oleh orang lain. Tentu dengan kelebihan ini, maka kamu dapat mengirim dan menerima berbagai informasi penting tanpa ada gangguan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

#4. Dapat Menjamin Keaslian File yang Dikirim ataupun Diterima

VPN mempunyai kemampuan untuk melakukan verifikasi keaslian terhadap sumber dari pengiriman file atau data yang akan di terimanya. Dalam beberapa penggunaanya, VPN akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan verifikasi kepada file atau data yang masuk dan meminta sejumlah informasi dari sumbernya.

Jika proses verifikasi berhasil, maka file atau atau data dapat terkirim. Dengan begitu VPN dapat menjamin semua file atau data yang di kirimkan dan juga yang diterima benar-benar berasal dari sumber yang memang terpercaya.

#5. Dapat Browsing Secara Anonim

Dengan menggunakan VPN, maka kamu bisa menyembunyikan seluruh aktivitas browsing kamu termasuk juga menyembunyikan IP asli kamu. Sehingga tidak ada pihak-pihak tertentu yang melacak aktivitas kamu di internet. (Baca juga: AnonymoX, Cara Mudah Mengganti dan Menyembunyikan IP Address)

#6. Dapat Melakukan Remote Access

Dengan menggunakan VPN, kamu dapat dengan mudah mengakses komputer di rumah ataupun juga jaringan kantor dimanapun dan kapanpun selama masih tetap terhubung ke jaringan internet.

Itulah 6 alasan mengapa kamu perlu menggunakan VPN. Jika kamu memang seorang sangat peduli terhadap privasi, akan lebih baik jika mulai sekarang kamu menggunakan VPN. Ada banyak sekali layanan VPN gratis ataupun juga berbayar, contohnya layanan VPN yang gratis yaitu FrootVPN. Sedangkan yang berbayar diantaranya OkayFreedom dan Steganos Online Shield, serta masih banyak lagi layanan VPN lainnya yang bisa kamu pilih untuk mengamankan aktivitas browsing internet kamu.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »