Tahun 2016, Ratusan Balon Google Masuk Indonesia


Project Loon

    Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar didunia, yang terdiri lebih dari 17.000 pulau. Dan juga terbentang hutan, laut dan gunung mulai dari Sabang hingga Merauke. Karena faktor tersebut menyebabkan sebagian penduduk Indonesia yang tinggal di daerah-daerah pelosok sulit untuk mengakses infrastruktur jaringan telekomunikasi termasuk internet. Oleh sebab itulah, perusahaan raksasa mesin pencarian Google mendirikan sebuah project yang dinamakan Project Loon.
    Project Loon adalah suatu misi Google untuk menyebarkan jaringan internet ke daerah terpencil atau pelosok yang selama ini belum bisa menikmati akses internet, dengan cara menerbangkan balon-balon yang melayang setinggi 20 kilometer di lapisan stratosfer dari permukaan laut. Yang masing-masing balon memiliki jangkauan sejauh radius 40 kilometer.
    Dan beberapa waktu lalu Google dan pemerintah Indonesia beserta tiga operator besar Indonesia diantaranya Telkomsel, Indosat dan XL Axiata pada hari Rabu (28/10/2015) di Google X, Mountain View, California telah sepakat untuk melakukan uji coba untuk Project Loon. Project Loon ini resmi akan masuk di Indonesia pada tahun 2016. Dan sekaligus Indonesia merupakan negara keempat setelah negara Brazil, Selandia Baru dan Australia yang lebih dulu menggunakan balon Google dari Project Loon ini. Namun menurut Google, Indonesia akan menjadi negara pertama yang akan melalukan uji coba Project Loon dalam skala yang besar.

Project Loon
Skema Project Loon Google

    Project Loon tidak hanya menerbangkan satu balon saja, tetapi ratusan balon yang akan mengelilngi bumi seperti cincin. Balon tersebut berfungsi layaknya seperti menara BTS (base transceiver station) tetapi melayang diatas sehingga dapat menjangkau area yang lebih luas. Satu balon bisa menggantikan tugas balon yang lain saat melintasi suatu wilayah tertentu. Balon tersebut akan fokus untuk menghadirkan jaringan internet bagi pengguna smartphone di wilayah yang belum terjangkau oleh jaringan telekomunikasi.
    Jadi, Setiap smartphone yang berjalan pada jaringan 4G LTE akan diberikan akses internet yang cukup lumayan. Yaitu memiliki kecepatan download hingga 10 Mbps. Namun hingga saat ini pemerintah Indonesia belum memberikan keterangan tentang daerah mana saja yang akan dilintasi oleh balon Project Loon ini.

Sumber: Kompas dan berbagai sumber
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »