Sebentar Lagi Aplikasi Windows Akan Dapat Berjalan Di Android


Windows di Android

   Baru-baru ini ada salah satu perusahaan pengembang perangkat lunak yang bernama CodeWeavers, dikabarkan sedang mengembangkan sebuah aplikasi CrossOver yang bernama Wine for Android. Aplikasi tersebut dapat memungkinkan kamu untuk menjalankan berbagai aplikasi dari Windows di Android. Mungkin bagi pengguna Linux serta OS X pasti sudah tidah asing lagi dengan aplikasi tersebut.
   CodeWeavers sendiri merupakan perusahaan pembuat teknologi CrossOver yang sebelumnya juga pernah mengembangkan sebuah aplikasi yang memungkinkan aplikasi dari Windows bisa berjalan di sistem operasi Linux dan Mac OS X yang saat ini juga tengah mengembangkan aplikasi CrossOver serupa, namun kali ini untuk sistem operasi Android. Agar aplikasi di Windows akan bisa kamu jalankan juga di Android. Sedangkan Wine merupakan sebuah project code pemrogaraman open source berbasis teknologi CrossOver yang dikembangkan atas dukungan dari CodeWeavers. Ide dalam menghadirkan aplikasi tersebut berawal dari berbagai project yang sebelumnya juga sempat diperkenalkan oleh Microsoft, salah satunya adalah Project Astoria. Project yang diperkenalkan pada bulan Mei lalu merupakan sebuah emulator yang dirancang khusus agar mampu menjalankan aplikasi Android di Windows 10.
   Namun jika kita lihat, sepertinya sangat tidak mungkin untuk sebuah Android dapat menjalankan aplikasi Windows, karena pada umumnya processor Android menggunakan processor berbasis ARM, sedangkan untuk Windows menggunakan prosesor dengan arsitektur x86 dan x64. Dan aplikasi Windows kebanyakan dirancang hanya bisa dioperasikan dengan menggunakan keyboard dan mouse. Hal tersebut sangat jelas memilki perbedaan yang signifikan dan tentunya tidak  kompatibel. Tetapi CodeWeavers mengatakan ada beberapa syarat tertentu pada perangkat Android untuk dapat menjalankan aplikasi Windows. Yaitu perangkat Android harus menggunakan processor dengan arsitektur x86 atau x64.
   Namun untuk saat ini hanya ada beberapa seri saja perangkat Android yang menggunakan processor Intel yang memenuhi kriteria di atas. Oleh sebab itu, mereka sementara mencoba mengoperasikannya pada perangkat Android yang menggunakan chipset Intel dengan arsitektur x86 atau x64, contohnya pada smartphone Asus Zenfone 2. (Baca juga: Seperti inilah Jika Asus ZenFone 2 Diinstall Windows (Video))
   Kabarnya, Aplikasi CrossOver untuk Android ini rencana akan dirilis paling cepat pada akhir tahun ini namun masih dalam versi Technical Preview dan nantinya bisa dicoba secara gratis. Jadi pertanyaannya, apakah mungkin aplikasi Windows bisa berjalan dengan lancar di perangkat Android??. Kita tunggu saja kabar selanjutnya di akhir tahun nanti.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »