5 Browser Uji Hemat Baterai di Laptop, Mana yang Paling Boros?


5 Browser populer

    Belum lama ini ada sebuah lembaga startup yang bernama Digital Citizen menguji 5 browser yang cukup populer saat ini untuk mengetahui berapa banyak konsumsi daya baterai yang dibutuhkan saat digunakan browsing di laptop. Kelima browser tersebut juga telah diupdate ke versi terbarunya masing-masing diantaranya, Google Chrome versi 46, Mozilla Firefox versi 41, Opera versi 32, Internet Explorer versi 11 dan Microsoft Edge versi 20.
    Kelimanya diuji secara bergantian di tiga laptop berbeda yang telah menggunakan sistem operasi Windows 10, yaitu ASUS ZenBook UX305F, Toshiba Portege Z20t-B serta Microsoft Surface Pro 3. Semua pengaturan konfigurasi browser diatur secara default, tidak menggunakan add-ons ataupun juga toolbar tambahan. Kemudian untuk ketiga laptop, masing-masing diatur untuk beroperasi dalam mode Balanced, tetapi pada layar diatur agar tidak pernah mati sehingga laptop tidak sampai masuk ke mode sleep kecuali ketika baterai memang sudah benar-benar habis. Pengaturan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana daya tahan baterai ketiga laptop tersebut saat dipakai untuk browsing secara non-stop.
    Dan hasilnya sangat mengejutkan, dari semua browser yang telah diuji di tiga laptop tadi, browser Google Chrome yang selama ini kita tahu sebagai browser paling cepat ternyata masih menjadi browser yang paling boros daya baterai. Sementara untuk browser Internet Explorer dan Microsoft Edge menjadi yang paling hemat baterai. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi Peacekeeper battery test, yang setiap tesnya dijalankan sebanyak dua kali di setiap browser dan di setiap laptop. Dan kemudian dihitung hasil rata-rata dari setiap device. Berikut ini tabel laporan hasil pengujian kelima browser pada setiap laptop:

Hasil pengujian 5 browser di laptop Microsoft Surface Pro 3:

Hasil pengujian 5 browser di laptop Microsoft Surface Pro 3

Hasil pengujian 5 browser di laptop ASUS ZenBook UX305F:

Hasil pengujian 5 browser di laptop ASUS ZenBook UX305F

Hasil pengujian 5 browser di laptop Toshiba Portege Z20t-B:

Hasil pengujian 5 browser di laptop Toshiba Portege Z20t-B

    Dari ketiga tabel diatas dapat dilihat bahwa browser Google Chrome membuat baterai ketiga laptop tadi menjadi cepat habis dalam waktu masing-masing 152 menit, 206 menit dan 282 menit. Sekaligus paling boros dari ke empat kompetitornya. Tim teknisi Google sendiri juga belum lama ini mengakui jika Google Chrome memang masih boros baterai, mereka telah berjanji untuk memperbaiki secepatnya. Hal tersebut tentu jauh berbeda dengan pernyataan tim teknisi Google sebelumnya, jika mereka dahulu pernah mengklaim bahwa pada versi terbaru Google Chrome sudah lebih hemat daya baterai.

Sumber: www.digitalcitizen.life
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »