Wow.. Google Terbentuk Dari 2 Milyar Baris Kode Dengan Total Ukuran 86 Terabytes


   Saat kita membuka halaman pencarian Google, maka yang kita lihat adalah tampilan halaman Google yang begitu bersih dan sangat simpel sekali. Tapi tahukah kamu?? Bahwa Google sebenarnya terbentuk dari kode-kode pemrograman yang kompleks dan tidak sedikit. Jika dihitung hingga saat ini, Google memiliki sekitar 2 milyar baris kode, dengan lebih dari 1 milyar file dengan total ukurannya mencapai 86 terabytes. Wooww!!

Google Terbentuk Dari 2 Milyar Baris Kode

   Seluruh kode-kode tersebut merupakan code base untuk semua layanan Google seperti Gmail, Google Search, Google Drive, Google Plus, Google Analytics dan berbagai layanan Google lainnya yang dijadikan satu. Semuanya disusun dan telah disimpan dalam sebuah database di 10 data center. Lokasi penyimpanan data center tersebut juga tersebar di seluruh penjuru dunia.
   Barisan kode-kode tersebut dijadikan satu agar diperlukan untuk menjalakan segala perintah yang diinputkan melalui aplikasi atau web dan juga Google lebih cepat dalam mengembangkan suatu fitur ataupun memulai project yang baru. Selain itu, code basa Google juga dirubah hampir 45000 commit dalam sehari oleh sekitar 25000 engineer ahli yang dimilikinya. Setiap engineer bisa mengakses code base tersebut untuk melakukan perubahan yang kemudian akan di cek oleh manusia ataupun robot.
   Untuk robot yang mengecek perubahan tersebut, Google menggunakan bot yang bernama Piper. Piper digunakan untuk memastikan tidak ada masalah di code yang diubah, membuang code yang sudah tidak terpakai lagi, menghilangkan bug, hingga memproduksi data dan file konfigurasi agar seluruh perubahan yang telah dilakukan tetap dapat berjalan dengan lancar. Karena saking banyaknya kode yang dimiliki Google jika dibandingkan dengan kode didalam Linux Kernel hanya berisi 15 juta baris kode, sedangkan di Windows hanya 50 juta baris kode. Hmmm,, bisa dibayangkan kan banyaknya kode-kode . Google tersebut??

Sumber: Wired | bgr
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »