NeoKylin, Sistem Operasi Buatan China Yang Mirip Windows XP


   Mungkin kamu selama ini sudah tahu, bahwa negara China sangat pandai meniru apapun dan membuat versi yang khusus bagi warga mereka, tak terkecuali dengan berbagai macam teknologi. Mereka pun juga membuat versinya sendiri, contohnya Baidu sebagai pengganti Google, Weibo sebagai pengganti Twitter dan Youku sebagai pengganti Youtube. Tidak hanya itu saja, bahkan pemerintah China juga membuat sistem operasi yang sangat mirip sekali dengan Windows XP yang diberi nama NeoKylin.
   Lalu mengapa pemerintah China membuat sistem operasi sendiri?? Menurut kabar yang beredar, Setahun yang lalu Pemerintah China sempat berselisih dengan Microsoft. Karena Microsoft akan menghentikan support untuk Windows XP secara global. Yang kemudian menyarankan pengguna Windows XP untuk melakukan upgrade ke versi Windows yang masih disupport oleh Microsoft. Pemerintah China tidak setuju dengan keputusan Microsoft tersebut karena biaya untuk upgrade itu tidak sedikit. Dan, konon NeoKylin inilah yang akan menjadi sistem operasi pengganti Windows XP di China.
   NeoKylin adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh China Standard Software. Yang kemudian didesain mirip sekali dengan Windows XP mulai dari desain Start Menu, taksbar, tombol close, tombol minimize, tombol maximize, My Computer, Control Panel sampai Recycle Bin. Penasaran seperti apa tampilannya? Berikut ini beberapa screenshotnya:

neokylin

neokylin

neokylin

   Bagaimana? Mirip seperti Windows XP kan? Tidak hanya sistem operasi saja yang mirip, bahkan NeoKylin sudah dilengkapi dengan beberapa game, seperti Minesweeper versi open source dan aplikasi NeoShine Office yang juga hampir mirip dengan Microsoft Office. NeoShine sendiri merupakan aplikasi berbasis Open Office, yang kemudian dirubah tampilannya agar mirip dengan Microsoft Office.
   Di China, sistem operasi NeoKylin ini mulai di bundling sebagai OS built-in di berbagai PC. Seperti Dell, sekitar 40% dari produk mereka yang dijual di China sudah built-in dengan OS ini.

Sumber: Winpoin | Gizmodo
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »