Google Punya Logo Baru, Sekarang Lebih Flat dan Modern


Logo Baru Google

   Jika saat ini kamu membuka halaman Google, pastinya kamu akan menyadari ada sesuatu yang berbeda. Ya, Google baru saja memperkenalkan logo terbarunya hari ini. Tampilan pada logo terbaru Google ini terlihat lebih flat dan modern dengan jenis font yang berbeda namun tetap menggunakan pola warna yang sama. Selain itu, Google mengubah identitasnya yang selama ini kita kenal dengan huruf “g“ berwarna biru, menjadi huruf  “G” berwarna-warni dan juga Huruf  “e“ yang sengaja diputar sedikit ke atas, sama seperti logo Google yang terdahulu untuk menunjukkan paradigma Google yang selama ini dianggap selalu mencoba untuk tidak konvensional.

   Lalu, Mengapa Google mengganti logonya lagi? Mengingat Google baru mengganti logonya sekitar dua tahun yang lalu, tepatnya pada bulan September 2013. Perubahan logo yang dilakukan Google saat ini ternyata memiliki alasan dan filosofi tersendiri. Berikut ini penjelasan dari Google:
Dahulu kala, Google merupakan tujuan yang kamu kunjungi dari satu device: desktop PC. Kini orang-orang berinteraksi dengan Google di banyak platform, apps, dan devices — bahkan seringkali bersamaan dalam satu waktu. Kamu bisa terbantu oleh Google kapanpun dan dimanapun kamu membutuhkannya, di mobile phone, TV, jam tangan, dashboard mobil, bahkan juga di desktop.
Hari ini kita memperkenalkan logo baru yang merefleksikan realita ini, untuk menunjukkan bahwa keajaiban Google bisa bermanfaat bagi kamu, bahkan di layar terkecil sekalipun. Logo baru ini tidak hanya menunjukkan bahwa kamu menggunakan Google, tetapi Google sedang bekerja bagi kamu. Misalnya saja elemen Mic warna-warni akan membuat kamu tahu bahwa Google sedang mendengarkan kamu, saat kamu bicara ataupun mengetik.”
Animasi Logo Baru Google
Animasi Logo Baru Google

   Jadi menurut penjelasan Google diatas, alasan untuk merubah kembali logo mereka yaitu berkaitan dengan tren perangkat yang dipakai oleh pengguna internet saat ini. Ya, memang saat ini banyak sekali yang browsing di internet menggunakan berbagai perangkat. Mulai dari PC hingga perangkat mobile atau gadget lain. Contohnya smartphone, TV, jam tangan pintar, hingga dashboard mobil. Oleh karena itu, Logo terbaru Google ini diharapkan bisa lebih sesuai untuk semua jenis perangkat bahkan perangkat yang memiliki "layar terkecil" sekalipun.
   Ternyata, rencana pembuatan logo baru Google ini memang telah direncanakan sejak awal tahun ini. Google mengumpulkan perusahaan desainer di New York pada awal tahun termasuk juga tim Creative Lab dan tim Material Design. Tugas mereka masing-masing adalah untuk membuat logo baru yang kemudian oleh Google dideskripsikan dalam empat poin utama, yaitu logo yang bisa digunakan di semua ukuran perangkat, logo yang menggambarkan interaksi yang dinamis dengan pengguna, logo yang memberikan konsistensi terhadap pengguna, serta logo yang mengenalkan brand Google. Selain itu, Google juga merubah logo pada layanan mereka yang lainnya. Seperti Gmail, Google Plus, Google Maps, dan Google Search.

Sumber: Blog Google
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »