Cara Menambahkan Index Pada Windows Search



Cara Menambahkan Index Pada Windows Search

   Fitur Search Index pada Windows merupakan fitur yang berfungsi untuk mempercepat proses pencarian file pada Windows Search. Bagi sebagian orang mungkin fitur ini bukanlah fitur yang begitu penting, karena jarang sekali menggunakan fasilitas pencarian ini. Tetapi bagi orang yang memiliki file yang sangat banyak, pastinya akan lebih praktis menggunakan fasilitas pencarian ini daripada harus mencari filenya di setiap folder satu persatu.
   Pada setting default Windows, file-file yang ter-index hanyalah sebatas di folder IE (Internet Explorer), history, Offline files, Start Menu dan folder Users yang biasanya hanya terdapat pada drive C:. Nah, bagi yang menyimpan file pada drive atau folder yang selain berada di drive C: (misalkan file/ folder yang berada di drive D: atau E:), tentunya tidak akan menemukan file yg dicari. Karena drive atau folder lokasi penyimpanan belum masuk ke daftar index Windows. Oleh sebab itu, kali ini aku akan memberikan tutorial menambahkan drive atau folder ke dalam daftar index Windows. Berikut ini caranya:

Pertama, buka Start Menu lalu ketikkan kata Index. Setelah muncul, kemudian pilih Indexing Options

Cara Menambahkan Index Pada Windows Search

Setelah fitur Indexing Options terbuka, klik pilihan Modify

Cara Menambahkan Index Pada Windows Search

Kemudian beri centang drive atau folder yang akan kamu tambahkan ke daftar index Windows. Jika sudah, lalu klik OK

Cara Menambahkan Index Pada Windows Search

Tunggu sebentar sampai item yana terindex bertambah. Pada proses ini tergantung pada kecepatan komputer yang kamu miliki.

   Dengan melakukan cara diatas, sekarang kamu bisa melakukan pencarian file yang kamu inginkan yang berada di drive atau folder yang lainnya melalui search box di Start Menu atau juga bisa di search box di  Windows Explorer. Perlu diperhatikan, kamu tidak harus menambahkan semua file yang kamu punya ke dalam daftar index Windows, karena hal ini hanya akan membuat komputer menjadi lambat. Sebaiknya kamu hanya cukup menambahkan folder dimana terdapat file yang sering kamu gunakan ke dalam daftar index Windows.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »