Akhirnya Google Chrome Sudah Tidak ''Rakus'' Memori dan Hemat Daya


   Seperti yang telah kita ketahui selama ini, Google Chrome memang dikenal memiliki respon dan performa yang begitu cepat dari kebanyakan browser lainnya. Namun dengan performa tersebut, harus mengorbankan resource memori RAM yang begitu besar sehingga browser menjadi sering nge-hang/crash serta konsumsi baterai yang lebih boros. (Baca Juga: Mengapa Google Chrome Menghabiskan Banyak RAM ?)
   Oleh sebab itu, akhirnya Google mengklaim telah berhasil mengatasi semua masalah tersebut melalui Google Chrome versi terbaru, yaitu versi 45. Serta berbagai peningkatan yang membuat browser tersebut menjadi lebih hemat memori RAM dan daya. Penghematan memori dan daya tersebut dapat diterapkan dengan adanya fitur auto-pause untuk file animasi atau video berbasis Flash.

Google Chrome

Fitur Restore Tabs Dibuat Lebih Canggih

Jadi misalkan suatu saat browser Google Chrome mengalami hang/crash lalu kemudian dibuka lagi, maka tab akan otomatis direstore mulai dari tab yang terakhir kali kamu buka sampai tab yang jarang dibuka. Sehingga kamu bisa mengakses tab tersebut dengan lebih cepat.
Selain itu, Pada Google Chrome versi 45 bisa mendeteksi apabila resource memori RAM dari komputer semakin terbatas. maka tab-tab urutan terakhir yang ada akan secara otomatis menghentikan proses restore-nya untuk menghemat memori. Tab-tab tersebut hanya akan direstore secara keseluruhan jika kamu mengaksesnya kembali.

Adanya Fitur Clear Memory Otomatis

Pada Google Chrome versi 45 terdapat fitur clear memory otomatis. Yang berfungsi untuk membersihkan secara otomatis memori yang tidak terpakai pada tab yang tidak aktif. Jadi penggunaan memori bisa digunakan hanya pada tab yang sedang aktif diakses. Jadi secara rata-rata Google Chrome bisa lebih hemat memori sekitar 10% dari sebelumnya. Tapi jika membuka web apps yang kompleks seperti Gmail, memori yang dihemat bisa mencapai 25% dari sebelumnya.

Semakin Lebih Hemat Daya Baterai

Karena sudah bisa mengatur  resource memori RAM dengan bijak, maka Google Chrome versi terbaru ini juga mampu menghemat penggunaan baterai hingga 15%, tetapi hal ini juga tergantung OS yang kamu gunakan.

Nah, bagi pengguna browser Google Chrome, pastikan kamu sudah mengupdatenya ke versi yang terbaru yaitu versi 45 agar browser kamu bisa segera menggunakan memori yang lebih hemat.

Sumber: Google Chrome Blog
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »