7 Cara Merawat Harddisk Agar Tetap Awet


Harddisk

   Harddisk merupakan sebuah hardware yang sangat penting dalam sebuah komputer. Mengingat fungsinya sebagai media tempat penyimpanan data. Namun perawatan harddisk ini bisa dibilang tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Jika kamu menggunakannya dengan tidak benar, maka resiko kerusakan harddisk pun juga semakin besar.
   Tanda-tanda kerusakan harddisk sendiri dapat kita ketahui mulai dari data-data yang tiba-tiba menghilang hingga komputer tidak bisa booting. Oleh sebab itu, kali ini aku akan berbagi tips cara merawat harddisk baik itu internal maupun harddisk eksternal.

#1. Jangan Terlalu Sering Menginstall Ulang Komputer

Kegiatan install ulang ini biasanya sering kita lakukan jika komputer sudah mulai lemot ataupun terkena virus. Perlu diketahui, Proses install ulang sangat berhubungan dengan keawetan harddisk. Karena jika kita melakukan install ulang, harddisk akan bekerja lebih keras dari biasanya. Maka dari itu, jangan terlalu sering melakukan install ulang jika memang benar-benar tidak diperlukan. Sebagai gantinya apabila komputer mengalami masalah, sebaiknya kamu gunakan fasilitas System Restore.

#2. Lakukan Defragment Harddisk Secara Berkala

Seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan, data-data didalam harddisk akan mengalami fragmentasi (tersebar/terpecah) yang mengakibatkan performa harddisk jadi menurun. Untuk mengatasi hal tersebut maka kamu perlu melakukan defragment harddisk secara berkala. Kegiatan defrag ini berguna untuk penataan ulang data-data yang tersebar tersebut menjadi satu lagi, agar harddisk dapat membaca data-data dengan cepat. Tetapi perlu diketahui, kamu hanya perlu men-defrag saat harddisk sudah terfragmentasi mencapai diatas 10%. Namun usahakan juga jangan terlalu sering melakukan defrag harddisk karena bisa mengurangi umur harddisk jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan.

#3. Install Anti Virus Terupdate

Selalu gunakan anti virus yang terupdate di komputermu. Anti virus dapat membuat kinerja harddisk kamu tetap normal karena anti virus dapat menangkal virus yang bisa memicu berbagai masalah di harddisk. Selain itu, anti virus dapat memecahkan masalah yang biasanya hanya bisa diselesaikan dengan install ulang.

#4. Uninstall Aplikasi dan Hapus Data Yang Sudah Tidak Perlu

Sebaiknya kamu uninstall aplikasi dan rutin menghapus data-data yang sudah tidak diperlukan lagi. Karena jika aplikasi yang terinstall dan data-data yang tersimpan sangat banyak, hanya akan mengurangi space harddisk kamu. Akibatnya, harddisk akan bekerja terlalu keras. Oleh sebab itu, pastikan space harddisk kamu tetap mencukupi agar harddisk mampu bekerja dengan optimal.

#5. Selalu Perhatikan Arus Listrik

Selalu perhatikan arus listrik pada komputer agar tetap stabil. Karena jika tegangan listrik turun atau sampai listrik padam, maka akan memperpendek umur harddisk. Jika hal tersebut terlalu sering terjadi, malah akan mengakibatkan harddisk cepat rusak. Jadi sebaiknya gunakan stabilizer atau stavolt agar tegangan listrik selalu stabil.

#6. Hindari Dari Guncangan yang Berlebih

Biasanya, kita selalu membawa laptop kemana-mana untuk berbagai keperluan. Tentunya hal ini tidak lepas dari guncangan. Guncangan pada harddisk dapat membuat harddisk cepat rusak. Karena piringan yang berputar didalam harddisk menjadi tidak stabil akibat guncangan yang terus menerus. Jadi usahakan agar posisi laptop tetap stabil dan bebas dari guncangan.

#7. Nonaktifkan Komputer Sesuai Prosedur

Selalu nonaktifkan/matikan komputer saat sudah selesai pemakaian dengan cara yang benar sesuai dengan prosedur, yaitu hanya melalui tombol shutdown. Perlu diperhatikan, menonaktifkan komputer dengan cara yang paksa dapat juga merusak harddisk. Karena sama seperti poin nomer 5 tadi, menonaktifkan komputer dengan cara yang paksa sama halnya memutus arus listrik secara mendadak.

Itulah 7 cara merawat harddisk agar tetap awet. Tips diatas perlu untuk dilakukan jika kamu tidak ingin kehilangan data-data pentingmu. Dan jika kamu punya tips yang lain, bisa kamu tambahkan dikolom komentar.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »