Mengapa Google Chrome Menghabiskan Banyak RAM ?


Mengapa Google Chrome Menghabiskan Banyak RAM ?

   Memang saat ini Google Chrome masih menjadi salah satu browser terbaik, tetapi saat kamu menggunakan Google Chrome untuk berinternet di gadget ataupun PC dan  tiba-tiba kinerja gadget ataupun PC kamu semakin lambat karena Chrome menghabiskan RAM yang cukup banyak. Itulah yang menjadi kekurangan browser dengan engine Chromium tersebut. Untuk itu, dalam artikel kali ini aku akan memberikan sedikit penjelasan mengapa browser besutan Google ini menggunakan RAM begitu banyak.

Google Chrome Membagi Masing-Masing Tabnya Ke Dalam Proses yang Berbeda

   Google Chrome membagi setiap tab, plugin, dan ekstensi ke dalam proses yang berbeda-beda. Jadi, jika salah satu mengalami crash atau not responding misalkan pada program Flash hal tersebut tidak akan mempengaruhi keseluruhan halaman web atau semua tab yang dibuka. Hal ini menyebabkan penggunaan RAM menjadi lebih banyak, karena memerlukan penggandaan beberapa tugas pada setiap tab.
   Selain itu, terdapat juga fitur prerendering yang dimiliki oleh Google Chrome juga bisa menjadi penyebabnya. Prerendering dapat membuat penggunaan RAM kamu lebih banyak karena Chrome akan memuat halaman web bahkan sebelum halaman tersebut terbuka. Inilah alasan mengapa Google Chrome terkenal sangat cepat saat membuka halaman web.

Itulah sedikit penjelasan mengapa Google Chrome menghabiskan banyak RAM. Namun dibalik semua itu penggunaan RAM yang banyak bukan berarti buruk bagi PC ataupun gadget kamu. Dengan seringnya penggunaan RAM, maka kamu bisa mengakses aplikasi atau proses yang rutin untuk dibuka dengan lebih cepat, karena sudah tersimpan di dalam RAM. Begitupun juga Google Chrome, browser tersebut memakan banyak RAM bertujuan untuk memberikan pengalaman browsing dengan nyaman bagi penggunanya.
  Tetapi, jangan salah menyimpulkan Google Chrome menggunakan banyak RAM itu biasa-biasa saja. Jika memang penggunaan RAMnya begitu banyak dan mengakibatkan komputer semakin lambat, akan lebih baik jika kita menutup sebagian tab yang tidak perlu. Atau menghapus ekstensi yang tidak wajar menggunakan begitu banyak RAM. Untuk dapat melihat informasi dari berapa banyak RAM yang digunakan masing-masing tab, plugin dan ekstensi tekan tombol Shift + Esc nanti akan muncul jendela Task Manager dari Google Chrome.

Task Manager Google Chrome

Selain itu ada juga langkah alternatif yaitu meminimalisasi penggunaan RAM di Google Chrome, untuk tutorial lengkapnya silahkan baca disini.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »