Cara Agar Google Chrome Tidak Menghabiskan banyak RAM


Google Chrome Menghabiskan banyak RAM

   Siapa yang tidak mengenal Google Chrome?? Browser besutan raksasa pencarian Google yang dikenal akan kecepatannya ini sangat populer sekali dan telah tersedia di berbagai platform. Bahkan mampu mengalahkan kepopuleran browser yang lebih dulu ada yaitu Mozilla Firefox. Namun dibalik kepopulerannya tersebut, ada satu permasalahan yang mungkin dianggap sangat mengganggu bagi sebagian pengguna komputer. Yaitu memakan banyak sekali resource RAM yang cukup besar dibandingkan dengan browser lainnya. Saat membuka banyak tab dan browsing dalam waktu yang lama maka performa PC akan semakin terasa berat.
   Karena tidak seperti pada browser Firefox yang hanya akan berjalan pada satu proses, saat membuka aplikasi browser Google Chrome maka akan langsung mendeteksi menjalankan banyak proses sekaligus. Dan untuk mengeceknya, dapat kamu lihat pada tab Processes di Windows Task Manager.
   Bagi yang menggunakan komputer dengan RAM 4 GB atau lebih, mungkin tidak akan merasakan kejadian seperti ini. Tetapi bagi yang komputernya menggunakan RAM hanya 1 atau 2 GB saja, pasti akan merasakan komputernya semakin berat saat browsing dengan Google Chrome ini. Nah untuk mengatasi hal tersebut, kali ini aku akan membagikan sebuah trik agar browser Google Chrome tidak menghabiskan banyak RAM. Berikut ini caranya:

Pertama, tutup browser Google Chrome jika masih terbuka. Kemudian klik kanan pada shortcut atau icon program Google Chrome lalu pilih Properties.

Cara Agar Google Chrome Tidak Menghabiskan banyak RAM

Pada tab Shortcut, lihat  kotak form Target Lalu tambahkan kode --process-per-site di bagian paling belakang. Jika sudah, klik Apply dan OK.

Cara Agar Google Chrome Tidak Menghabiskan banyak RAM

Kemudian jalankan lagi browser Google Chrome-nya, dan rasakan perbedaannya saat membuka banyak tab. Apakah sudah lebih ringan bukan?? Untuk melihat perbandingannya silahkan buka lagi tab Processes di Windows Task Manager. Dibawah ini screenshot processes browser Google Chrome di komputerku saat membuka 3 tab sekaligus sebelum dan sesudah menambahkan kode diatas.

Windows Task Manager
Sebelum

Windows Task Manager
Sesudah

    Catatan:
  • Trik ini mungkin tidak akan membuat Google Chrome langsung menghemat RAM. Tapi setidaknya akan membuat resources RAM sedikit lega.
  • Jika kamu sudah mencoba trik diatas namun masih terasa lambat, coba hapus history dan cache browser, nonaktikkan exstensions dan plugins yang tidak dibutuhkan.
  • Jika masih saja terasa berat, berarti RAM komputer kamu memang harus ditambah.

UPDATE: 06-09-2015
Silahkan update Google Chrome ke versi 45. Sekarang sudah bisa hemat memori RAM dan daya baterai. Simak penjelasan selengkapnya disini


Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »