Tanda-Tanda Komputer yang Terkena Malware


   Komputer, baik itu laptop maupun desktop tentunya merupakan perangkat yang paling penting untuk menunjang pekerjaan kita sehari-hari. Jika terjadi masalah pada perangkat komputer, maka sudah hampir dipastikan pekerjaan kita juga turut terganggu. Terkadang beberapa pengguna komputer berpendapat kalau komputer mereka tidak perlu memerlukan Antivirus. Hal ini mungkin bisa saja tidak menjadi masalah bagi pengguna yang jeli dan teliti bisa melewati "jebakan betmen".
(Baca Juga: Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware)

Tanda-Tanda Komputer yang Terkena Malware

   Tetapi, bagaimana dengan pengguna yang belum mengerti atau mereka yang masih pemula? Pastinya mereka akan mudah sekali terkena jebakan-jebakan itu, dengan secara tidak sengaja mendownload file yang berbahaya (bisa jadi itu file virus) dari internet dan menginstallnya ke dalam sistem. Komputer yang sebelumnya berfungsi dengan normal bisa saja suatu saat akan "bertingkah aneh". Hal ini bisa disebabkan beberapa hal. Salah satu yang paling umum adalah disebabkan karena komputer telah terinfeksi malware.
   Malware atau malicious software merupakan program jahat yang dapat menyebabkan komputer bekerja tidak sebagaimana mestinya. Contohnya, Windows tidak bisa melakukan update rutin. Ini dikarenakan malware memang dirancang untuk bersembunyi dan tidak bisa ditemukan. Malware ada bermacam-macam jenis. Salah satunya, malware dapat berupa virus maupun keylogger yang “memata-matai” aktivitas kita. Maka dari itu, kali ini aku akan memberikan beberapa tanda-tanda jika komputer terkena malware. Tanda-tanda dari malware tergantung dari jenis malware itu sendiri, karena sangat sulit untuk mengenali malware hanya melalui tanda-tanda saja. Tetapi berikut ini tanda-tanda yang biasanya terjadi saat komputer terkena malware:

#1. Komputer Menjadi Lambat

Komputer Menjadi Lambat

Jika komputer kamu berjalan lebih lambat dari biasanya, apalagi jika kamu sama sekali belum pernah menginstall aplikasi apa pun tapi tiba-tiba komputer kamu menjadi lambat. Ini perlu diwaspadai, karena kemungkinan komputer kamu terkena malware. Apabila dilihat di Task Manager, biasanya terdapat banyak process "yang mencurigakan" berjalan secara background.

#2. Beberapa Aplikasi Maintenance Tidak Bekerja

Aplikasi Maintenance Tidak Bekerja

Seperti yang sudah aku jelaskan sedikit diatas, bahwa malware merupakan program jahat yang dapat menyebabkan komputer bekerja tidak sebagaimana mestinya. Termasuk juga menyebabkan beberapa aplikasi maintenance tidak berfungsi. Contohnya seperti Windows Update, Task Manager, Anti virus, Registry Editor, System Restore, ataupun juga Msconfig yang tidak bisa berjalan atau terbuka.

#3. Muncul Toolbar yang Aneh di Browser

Muncul Toolbar yang Aneh di Browser

Ini juga sering terjadi pada pengguna yang kurang teliti dan hati-hati saat menginstall sebuah aplikasi. Bisa jadi toolbar akan turut terinstall jika pengguna tidak meng-uncheck pilihan install toolbar (pada saat install aplikasi, biasanya ada pilihan untuk tidak menginstall toolbar). Alhasil, toolbar tersebut akan muncul di browser kamu. Sebenarnya bisa saja kamu menghapusnya dengan menggunakan aplikasi seperti, Smart Toolbar Remover Tool. Tapi jika kamu tidak berhasil menghapus toolbar ataupun kamu berhasil menghapusnya namun muncul kembali, kemungkinan besar komputer kamu terkena malware. Oleh sebab itu pastikan kamu teliti saat menginstall sebuah aplikasi. (Baca Juga: Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar).

#4. Halaman Homepage dan Search Bar Browser Tiba-Tiba Berubah

Homepage dan Search Bar Browser Tiba-Tiba Berubah

Tanda-tanda ini juga mirip dengan toolbar yang ada di browser. Jika kamu mengalami hal ini, silahkan coba mengembalikannya ke pengaturan defaultnya melalui options pada browser. Tetapi jika kamu sudah mengembalikan ke default namun masih tidak bisa, maka kamu harus berhati-hati. Sebaiknya jangan sembarangan login ke akun penting kamu, seperti akun bank, Email, sosial media atau situs penting lainnya. Karena untuk menghindari resiko pencurian data.

   Itulah beberapa tanda-tanda komputer yang terkena Malware. Jika anti virus kamu tidak berhasil menemukan dan menghapus malware tersebut, sebaiknya kamu coba dengan antivirus online yang tidak membutuhkan installasi pada komputer seperti Trend Micro HouseCall, ESET Online Scanner atau Bitdefender Quick Scan. Apakah kamu menemukan tanda-tanda yang lain jika komputer terkena malware? Kamu bisa juga menambahkannya di kolom komentar.

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »