Windows 10 Akan Bisa Jalankan Aplikasi Android dan iOS


   Pada acara konferensi developer tahunan Build 2015 yang berlangsung di San Fransisco, Amerika Serikat kemarin Rabu (29/4/2015), Microsoft telah mengumumkan sejumlah informasi menarik. Salah satunya pengumuman Microsoft Edge sebagai nama Browser baru dari Project Spartan yang akan menjadi pengganti Internet Explorer di Windows 10 nanti. Selain itu ada lagi kabar yang tidak kalah menariknya yaitu aplikasi berbasis Android dan iOS kemungkinan besar juga akan bisa dijalankan di OS Windows 10.

Windows 10 Android dan iOS

   Menurut Microsoft, aplikasi Android dan iOS yang berjalan di Windows 10 mereka tidak akan menggunakan sistem emulator, tetapi dengan cara mem-porting aplikasi tersebut di Windows 10 melalui subsystem. Meskipun harus di porting terlebih dahulu, developer Android dan iOS akan dapat dengan mudah melakukan porting app mereka menjadi universal apps, karena Microsoft juga menghadirkan dua buah software development kit (SDK) yang dapat digunakan oleh developer aplikasi untuk membuat aplikasi Android dan iOS berjalan di Windows 10. Sehingga para developer aplikasi cukup dengan melakukan sedikit modifikasi pada kode pemrograman mereka.
   Untuk Android, Microsoft telah menyematkan dukungan untuk kode pemrograman Java dan C++ di Windows 10. Tidak hanya untuk perangkat desktop, Microsoft memastikan perangkat smartphone (Windows Phone) juga akan dibekali dukungan ke subsystem Android, sehingga memungkinkan perangkat mengoperasikan sebagian besar kode sistem Android. Sedangkan untuk iOS, Developer iOS tetap dapat menggunakan kode Objective-C yang sudah ada. Aplikasi yang sudah di-porting ke Windows juga dikabarkan akan terintegrasi dengan navigasi Live Tiles khas Windows (Metro UI). Selain mengumumkan alat pengembangan aplikasi Android dan iOS, Microsoft juga memberikan dua kode yang lainnya, yaitu kode pemrograman web dan .NET serta Win32 untuk memikat para developer.
   Langkah-langkah yang sedang Microsoft lakukan merupakan respon perusahaan terhadap berbagai permintaan agar platformnya memiliki aplikasi semakin banyak. Dengan adanya dukungan Microsoft terhadap aplikasi Android dan iOS, bukan tidak mungkin aplikasi dan game populer di Windows Store akan semakin bertambah banyak.

Sumber: The Verge dan The Next Web
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »