Microsoft HoloLens: Kacamata Masa Depan Buatan Microsoft


   Jika kamu pernah menonton film Iron Man, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kecanggihan teknologi hologram yang digunakan Tony Stark (Iron Man) untuk mengembangkan kostum besinya. Dimana teknologi tersebut menampilkan hologram sebuah obyek monitor dengan efek 3D yang dapat berinteraksi dengan penggunanya. Kini, kecanggihan seperti itulah yang kini diwujudkan oleh Microsoft ke dunia nyata melalui kacamata masa depan mereka yang bernama Microsoft HoloLens.

Microsoft HoloLens

   Kacamata ini menggunakan teknologi augmented reality untuk menggabungkan gambar hologram dengan penglihatan seseorang. HoloLens juga dibekali sensor untuk mendeteksi dunia nyata, gesture control, dan suara holografis. Perangkat ini juga tanpa kabel dan bisa digunakan tanpa harus terhubung ke komputer dan juga ditenagai sebuah prosesor baru yang disebut Holographic Processing Unit.
   HoloLens dapat menampilkan objek 3D (hologram) di hadapan pemakainya. Untuk menampilkan semua efek tersebut, Hololens menggunakan cara yang terbilang revolusioner. Yaitu dengan cara menyorotkan cahaya ke mata tanpa menyebabkan mata silau atau merasa tidak nyaman. Pengguna juga dapat berinteraksi langsung dengan objek virtual yang ditampilkan pada HoloLens. Menariknya, saat menggunakan Hololens pengguna tetap dapat melihat lingkungan di sekitar layaknya menggunakan kacamata biasa.
   Microsoft juga mengumumkan HoloStudio, sebuah software development tools yang dapat dipakai para developer untuk mengembangkan aplikasi hologram dan Windows 10 memang sengaja dibuat untuk mendukung teknologi ini. Didalam Windows 10 sudah ditanamkan application programming interface (API) khusus untuk tujuan tersebut. Seluruh aplikasi yang bersifat universal juga bisa berjalan menggunakan HoloLens.
Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang menggunakan teknologi kacamata Microsoft HoloLens:

Microsoft HoloLens
HoloLens memudahkan seorang arsitek dalam mendesain bangunan (image by: Winpoin)

Microsoft HoloLens
HoloLens juga memudahkan seorang murid belajar
tentang anatomi tubuh manusia secara nyata
(image by: Winpoin)

Dalam video ini, ini kita juga bisa melihat demo penggunaannya:


Microsoft HoloLens memang didesain untuk memudahkan hidup penggunanya, baik itu untuk hiburan multimedia, berinteraksi, hingga produktivitas dalam bekerja. Meskipun teknologi yang dulunya hanya dapat kita lihat di film. Akhirnya mampu diwujudkan di dunia nyata. Dan bukan tidak mungkin teknologi ini akan bisa dinikmati oleh semua orang.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »