Microsoft Edge, Nama Browser Terbaru di Windows 10


   Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa Microsoft sedang membuat sebuah project untuk mengembangkan browser terbaru mereka yang diberi nama "Project Spartan". Dan melalui feedback dari Windows Insider & Uservoice, ternyata juga banyak sekali yang menginginkan Microsoft tetap menggunakan nama "Spartan" sebagai browser terbaru di Windows 10. Tetapi usul dari beberapa feedback pengguna Windows tersebut gagal tercapai.
   Microsoft dalam konferensi developer Build, pada Rabu (29/4/2015) akhirnya resmi mengumumkan nama browser terbaru mereka yang diberi nama Microsoft Edge sebagai pengganti Internet Explorer di Windows 10. Nama tersebut diambil dari rendering engine yang menjadi otak dari browser dengan codename Project Spartan.

Microsoft Edge
Tampilan Browser Microsoft Edge

   Beberapa fitur baru yang terdapat di Microsoft Edge diantaranya adalah membuat catatan secara langsung di browser, Modus Reader yang sudah terintegrasi dengan personal assistant Cortana, kartu informasi ala Google Now, yang menampilkan ramalan cuaca dan sejenisnya yang berada di tempat khusus pada laman New Tab, dan juga terintegrasi dengan layanan cloud storage One Drive. Salah satu keunggulan dari Microsoft Edge adalah fitur web extension yang mendukung berbagai macam plug-in extensions dari Firefox dan Google Chrome hanya dengan sedikit beberapa penyesuaian.
Logo Microsoft Edge
Logo Microsoft Edge

   Browser ini menjalankan rendering engine baru bernama EdgeHTML. Karena dirancang khusus agar tetap berjalan dengan ringan, dan tidak lagi mendukung teknologi ActiveX. Tidak hanya untuk PC, namun Microsoft Edge juga dapat ditemukan di tablet serta perangkat smartphone milik Windows. Dan akan menjadi browser default di Windows 10 dan Windows Phone 10.
Berikut ini adalah video perkenalan Microsoft Edge:


Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »