Microsoft Akan Hadirkan Cortana di Android dan iOS


   Tampaknya Microsoft saat ini benar-benar "memanjakan" pengguna Android. Setelah beberapa waktu lalu Microsoft meluncurkan aplikasi Office untuk pengguna Android. Kali ini Microsoft akan menghadirkan personal assistant Cortana, yang selama ini hanya eksklusif bagi pengguna Windows Phone ke dalam versi Android dan juga iOS.

Cortana di Android dan iOS
Sekilas info: Cortana adalah personal asistant (asisten pribadi) yang selama ini merupakan fitur eksklusif dari Windows Phone 8.1 dan saat ini juga akan di integrasikan di Windows 10. Cortana dirancang untuk mempermudah pengguna smartphone dalam berbagai keperluan, seperti membuat pengingat, bertanya ke internet, memberikan informasi dan lain sebagainya hanya dengan perintah suara.
Nama Cortana sendiri diambil dari karakter game Halo. Cortana dalam game tersebut adalah asisten artifisial yang memiliki kedekatan dengan tokoh utama, Master Chief. Hubungan yang erat tersebut diaplikasikan oleh Microsoft dalam kehidupan nyata. Sedangkan pengisi suara Cortana adalah Jen Taylor, yang juga mengisi suara Cortana dalam game Halo. Suara Jen Taylor akan terdengar saat merespon dan tanya-jawab dengan pengguna."
   Aplikasi Cortana di Android dan iOS dapat melakukan sebagian besar fitur dan kemampuan yang sama seperti di Windows Phone dan Windows 10. Seperti pengingat aktivitas, melacak rute pesawat terbang, atau mencari informasi mengenai hal-hal yang belum diketahui. Namun, Cortana di Android ataupun juga di iOS sama-sama akan memiliki keterbatasan dalam mengakses sistem internal. Ada beberapa fitur yang membutuhkan integrasi device seperti mengaktifkan dengan memanggil “Hey Cortana” yang hanya akan ada di Windows 10.
   Untuk menginstall aplikasi Cortana ke dalam smartphone, pengguna Android dan iOS harus terlebih dahulu memiliki aplikasi Phone Companion (yang akan aku jelaskan pada artikel selanjutnya). Phone Companion adalah sebuah aplikasi perantara yang menjembatani antara aplikasi desktop di Windows 10 dan aplikasi mobile di perangkat berbasis Windows Phone, Android, dan iOS (Baca Juga: Windows 10 Akan Bisa Jalankan Aplikasi Android dan iOS). Microsoft akan merilis aplikasi Cortana untuk Android pada bulan Juni mendatang, sementara untuk iOS akan dirilis pada akhir tahun ini.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Update: 14-12-2015: Cortana untuk Android dan iOS sudah dirilis, bagi yang ingin mencobanya silahkan download melalui link berikut ini:

Cortana untuk Android

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.microsoft.cortana

Cortana untuk iOS

https://itunes.apple.com/us/app/cortana/id1054501703?mt=8


Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »