Android M, Versi Terbaru Android dan Inilah Fitur Terbarunya


   Google akan mengumumkan Android versi terbarunya di ajang Google I/O yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 28 - 29 Mei di San Francisco, Amerika Serikat. Android versi terbaru ini akan diberi codename Android M. Menurut beberapa sumber yang beredar Android M ini merupakan singkatan dari Android "Macadamia Nut Cookie" (MNC).

UPDATE: Nama resmi Android M adalah Android Marshmallow.

Android M

Namun hingga saat ini, Google masih belum mengumumkan nama resmi dari Android penerusnya tersebut. Tetapi ada dua bukti yang mengungkapkan hal tersebut. Pertama, nama "MNC" dikatakan sering muncul dalam situs Android Open Source Project. Kemudian, situs Android Police mengaku mendengar langsung dari sumber internal bahwa Android terbaru memang benar akan menggunakan nama Macadamia Nut Cookie.  

Dalam seri terbaru Android kali ini akan ada pembaruan besar-besaran, baik dari segi interface (tampilan), maupun kinerja. Lalu, fitur-fitur baru apa saja yang akan hadir pada Android M ini? Berikut ini bocoran beberapa fitur terbaru yang terdapat di Android M.

#1. Voice Access (Perintah Suara)

Fitur Voice Access (perintah suara) ini merupakan salah satu fitur terbaru di OS Android dan juga fitur andalan yang konon akan menjadi daya tarik bagi para pengguna. Fitur ini hampir mirip seperti Google Now yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan smartphone Android tanpa harus menyentuh layar sama sekali. Voice Access akan menyediakan perintah suara pada aplikasi yang dibuat oleh developer pihak ketiga, sehingga aplikasi-aplikasi yang terdapat pada smartphone dapat dibuka hanya dengan perintah suara.

#2. Nearby

Nearby juga merupakan fitur terbaru di Android M. Fitur ini memungkinkan smartphone Android berkomunikasi dengan smartphone lain yang berdekatan mirip dengan fungsi Bluetooth, dan NFC (Near Field Communication). hanya saja Nearby berjalan dengan teknologi yang berbeda.

#3. User Control

Fitur User Control yang kemungkinan besar akan hadir di Android M. Fitur ini mengijinkan pengguna smartphone Android untuk mengunci aplikasi yang berjalan di sistem operasi tersebut sampai batas waktu tertentu. fitur baru ini jika jadi diterapkan, maka para pengguna bisa mengatur hak akses aplikasi tersebut ke data-data sensitif. Seperti foto, daftar kontak, dan lain-lain.

#4. Native Fingerprint Authentication (Pemindai Sidik Jari)

Menurut rumor yang beredar, Android M kemungkinan juga akan dibekali fitur native fingerprint authentication (Pemindai Sidik Jari) yang biasanya hanya terdapat di smartphone Android "kelas premium". Fitur ini nantinya juga akan menjadi hardware wajib dalam Android M. Pengguna Android M bisa membuka smartphone Android atau log-in ke aplikasi yang ter-install tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu.

#5. Reply di Notification

Fitur Reply di Notification pada Android M kemungkinan juga akan hadir dengan beberapa perubahan dan perbaikan. Fitur ini memungkinan pengguna dapat langsung membalas pesan teks melalui tab notifications hanya dengan swipe dari sisi atas layar ke bawah. Jadi, tidak perlu repot-repot untuk masuk kedalam aplikasi demi membalas pesan yang sudah masuk. Tidak hanya membalas notifikasi dari pesan saja, tapi juga dapat membalas notifikasi dari WhatsApp, Facebook Messenger, dan lainnya.

#6. Mendukung Platform Otomotif

Android M ini tidak hanya digunakan pada smartphone dan tablet, tetapi juga digunakan sebagai sistem operasi pada fitur hiburan kendaraan. Melalui sistem operasi Android yang terpasang pada kendaraan, pengguna dapat mengakses beberapa aplikasi yang ada pada smatphone langsung menggunakan layar yang terpasang dalam mobil.

Itulah beberapa fitur-fitur terbaru di Android M. Beberapa diantaranya masih sebatas rumor hingga Google mengumumkannya secara resmi di konferensi Google I/O. Dan smartphone Google Nexus dikabarkan akan menjadi smartphone pertama yang menggunaakan Android M ini.

Sumber: Dikutip dari berbagai Sumber
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »