4 Alasan Mengapa Backup Data Itu Penting


   Backup data adalah kegiatan menyalin data yang telah tersimpan di dalam harddisk sebuah komputer ke media penyimpanan lain seperti USB flashdisk, harddisk eksternal atau media lainnya. Membackup data sangat penting sekali dilakukan karena bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan hal terburuk, yaitu terjadinya kehilangan data-data penting karena kerusakan pada perangkat penyimpanan.

backup data

   Namun yang jadi pertanyaan saat ini, seberapa sering kamu melakukan backup data-data, dan kapan terakhir kali kamu melakukan backup?. Banyak orang yang jarang sekali atau bahkan tidak pernah melakukan backup karena malas, merasa tidak punya waktu, lupa dan mereka tidak menyadari bahwa  resiko kehilangan data bisa terjadi kapan saja. Berikut ini 4 alasan mengapa backup data itu penting:

#1. Harddisk Bisa Rusak Kapan Saja

Seperti yang telah aku sebutkan diatas, bahwa penyebab utama data hilang adalah harddisk yang rusak. Harddisk bisa rusak karena disebabkan berbagai hal seperti guncangan, ketidakstabilan listrik. Hal ini bisa membuat hardisk kamu rusak sebelum waktunya.
Dan sama seperti perangkat elektronik lainnya, harddisk juga memiliki umur dan masa pakainya sendiri. Jika habis masa pakainya, harddisk menjadi rusak atau bermasalah. Jadi sebelum kamu kehilangan data penting kamu karena hal tersebut, maka melakukan proses backup adalah keputusan yang sangat bijak.

#2. Data Penting = Waktu Yang Sangat Berharga

Jika kita berbicara mengenai data penting, berarti berbicara mengenai waktu. Sebuah data  walaupun terkadang hanya berukuran beberapa Kb saja, nilainya bisa setara dengan puluhan bahkan ratusan jam kerja. Misalkan saja, kamu adalah seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan laporan skripsi. Tentu kamu sudah mengerjakan skripsi tersebut dengan susah payah selama ratusan jam duduk di depan komputer.
Namun tiba-tiba harddisk kamu rusak dan dokumen skripsi kamu hilang. Karena kejadian tersebut, artinya kamu tidak cuma kehilangan dokumen yang hanya berukuran beberapa MB saja, tetapi kamu juga telah kehilangan ratusan jam waktu yang telah kamu habiskan untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, melakukan backup data secara berkala tidak hanya dapat menyelamatkan data penting kamu tapi juga menyelamatkan waktu yang sangat berharga.

#3. Virus Yang Ada Dimana-mana

Tidak jarang juga ditemukan virus yang bekerja dengan menghapus atau merusak berbagai data dengan ekstensi tertentu. Contohnya saja virus Blackmall yang mampu menghapus sekitar 11 ekstensi file.
Oleh karena itu, membackup data merupakan langkah yang penting untuk mengamankan data dari serangan virus penghapus file semacam ini.  Karena saat ini pengguna Windows masih menjadi sasaran utama dari para pembuat virus.
(Baca juga: Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware)

#4. Backup Data Itu Sangat Mudah dan Murah

Bagi kamu pengguna Windows dan Windows Phone yang ingin membackup data secara online, bisa memanfaatkan layanan One Drive yang sudah terintegrasi baik di OS tersebut. Kamu tinggal memilih letak dokumen penting yang ingin dibackup dan proses sinkronisasi akan otomatis berjalan setiap waktu sehingga  aktivitas backup menjadi semakin mudah untuk dilakukan.
Kamu juga bisa memanfaatkan cloud storage lainnya untuk membackup data secara online. Contohnya saja Dropbox, Box, SugarSync, dan berbagai cloud storage lainnya yang memberikan paket penyimpanan gratis yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai data penting kamu.
Dan jika kamu memilih untuk membackup data secara offline, juga bisa dilakukan mudah. Yaitu menggunakan media USB flashdisk, CD/DVD ataupun juga harddisk eksternal.

   Itulah 4 alasan mengapa backup data itu penting. Jika kamu termasuk orang yang jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah melakukan backup data hingga hari ini, aku sarankan untuk melakukan backup data sekarang juga. Karena resiko kehilangan berbagai data penting akan jauh lebih besar daripada waktu yang kamu gunakan untuk backup data secara rutin.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »