Tips Aman Menggunakan Hotspot WiFi Umum


Tips Aman Menggunakan Hotspot WiFi Umum

   Saat ini, mulai banyak sekali muncul tempat umum yang memberikan layanan hotspot WiFi umum. Seperti di restoran, hotel, cafe, hingga warung kaki lima. Tapi tidak semua hotspot WiFi umum yang menggunakan proteksi jaringan privat.
   Perlu diketahui, semua yang digunakan secara bersama-sama tentu akan memberikan dampak yang lebih berbahaya jika dibandingkan dengan yang digunakan secara pribadi. Nah, oleh sebab itu bagi kamu pengguna mobile yang sering menggunakan layanan hotspot WiFi umum ini, berikut ini ada beberapa tips aman yang harus kamu lakukan.

#1. Gunakan Layanan VPN (Virtual Private Network)

Cara paling aman untuk browsing di jaringan umum adalah dengan menggunakan layanan VPN atau Virtual Private Network. Rute lalu lintas jaringan VPN akan membawa kamu ke jaringan aman di WiFi umum. Cara ini bisa kamu lakukan jika memang mendesak. Misalkan kamu harus melakukan transaksi keuangan atau pertukaran data penting. Tapi tentu saja, kamu perlu mengeluarkan biaya untuk dapat menggunakan layanan VPN ini.

#2. Gunakan Secure Socket Layer (SSL)

Saat ini banyak website memakai SSL untuk mengenkripsi transfer data, tapi tak jarang juga website umum yang mentransfer kontennya dalam teks polos, menjadikannya target yang mudah untuk siapapun menyusup ke koneksi jaringan kamu.
Sebaiknya kamu tak harus bergantung pada service website untuk berlindung. Kamu juga dapat membuat koneksi terenkripsi dengan ekstensi SSL Everywhere pada browser. Sehingga data yang kamu transfer akan tetap aman.

#3. Hindari Terhubung ke Hotspot WiFi Secara Otomatis

Biasanya, Smartphone akan secara otomatis terkoneksi ke hotspot WiFi mana saja yang tersedia. Hal ini sangat berbahaya untuk privasi data kamu, karena bisa jadi kamu akan terhubung ke jaringan berbahaya yang bisa mengambil data kamu.

#4. Pastikan Nama Jaringan yang Akan Kamu Gunakan

Terkadang, ada seseorang yang tidak bertanggung jawab akan membuat jaringan WiFi palsu untuk menarik siapapun pengguna jaringan hotspot WiFi umum tanpa sadar. Ini akan sangat berbahaya karena bisa jadi jaringan yang kamu gunakan adalah jaringan palsu atau jaringan berbahaya.
Jika kamu tidak yakin dengan jaringan yang akan kamu gunakan, sebaiknya kamu bertanya terlebih dahulu ke pihak yang memiliki jaringan ataupun bisa ke salah satu karyawannya untuk memastikan jaringan yang akan kamu gunakan benar-benar aman.

#5. Menonaktifkan Mode Sharing

Mungkin kamu sering meng-share file musik, printer atau file yang lain, bahkan mengijinkan login langsung dari komputer-komputer lain saat berada di jaringan Wi-Fi umum. Tindakan ini sangat beresiko, karena orang lain yang menggunakan jaringan WiFi tersebut bisa memasuki komputer kamu.
Bagi kamu pengguna laptop dan PC yang menggunakan OS Windows, kamu dapat menonaktifkan mode ini melalui ‘Advanced Sharing Settings’ di bagian Homegroup dari Network and Internet Settings dari Control Panel. Nah dari situ, kamu bisa menuju ke bagian ‘file and printer sharing’ dengan ‘network discovery’, dimana kamu akan dapat melihat siapapun yang terkoneksi di jaringan yang sama.

#6. Gunakan Password yang Berbeda di Setiap Akun

Selalu gunakan password yang berbeda dan unik di setiap akun pribadimu. Hal ini untuk mencegah resiko pencurian data oleh orang yang tidak bertanggung jawab, contohnya Keylogger. (Baca Juga: Cara Menghindar dari Serangan Keylogger)
Menjaga dan mengingat password berbeda di setiap akun agar aman memang sulit, untuk itu gunakan aplikasi pengelola password seperti Password Depot 7 ataupun Sticky Password. Kedua aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi layanan keduanya sangat aman untuk digunakan.

#7. Aktifkan Firewall

Firewall berfungsi untuk user yang tidak menginginkan lalu lintas jaringan yang berusaha masuk ke komputer. Tidak hanya itu saja yang bisa dilakukan firewall. Firewall juga dapat menganalisis jaringan yang mencoba masuk ke komputer kamu, dan dapat melakukan apa yang harus dilakukan ketika jaringan tersebut masuk. Contohnya, firewall bisa diatur untuk memblokir beberapa jenis jaringan yang mencoba keluar atau mencatat log lalu lintas jaringan yang mencurigakan.
Untuk OS Windows, lokasi setting firewall ada di Control Panel lalu ke System Security. Klik Windows Firewall.

#8. Gunakan Anti Virus yang Ter Up-Date

Selalu gunakan aplikasi anti virus yang TerUp-Date, karena dapat membantu kamu memberi peringatan ketika jika sistem terganggu ketika sedang terkoneksi ke suatu jaringan yang tidak aman.
Meskipun menggunakan anti virus, hal ini tidak menjamin dapat menangkal semua kegiatan yang menganggu, tapi cara ini sangat tepat untuk melindungi komputermu dari berbagai serangan yang berbahaya.

Itulah beberapa tips aman menggunakan hotspot WiFi umum. Jika kamu memiliki tips yang lain bisa kamu tambahkan di kolom komentar.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »