BQ Aquaris E4.5: Smartphone Ubuntu Pertama Akhirnya Dirilis


   Sebuah perusahaan pengembang sistem operasi Ubuntu, Canonical. Akhirnya memperkenalkan smartphone pertama setelah pengembangan selama dua tahun yang menggunakan sistem operasi Ubuntu, yaitu BQ Aquaris E4.5. Perusahaan piranti lunak open source tersebut mewujudkannya melalui kerjasama dengan brand Meizu yang berasal dari China dan brand BQ yang berasal dari Spanyol. Kedua brand tersebut sama-sama berpengalaman sebagai pembuat gadget.

BQ Aquaris E4.5
 
   Seperti yang telah kita ketahui selama ini, Ubuntu dikenal sebagai sistem operasi open-source yang dibuat oleh Canonincal untuk komputer desktop. Yang kemudian dalam perkembangannya, Canonical akhirnya memutuskan untuk membuat sistem operasi tersebut ke dalam versi mobile.
   Desain smartphone BQ Aquaris E4.5 ini memang tidak terlalu istimewa, sama seperti smartphone kebanyakan. Tapi yang menarik dari smartphone ini adalah menggunakan sistem operasi Ubuntu Touch OS. Kemudian spesifikasi dari BQ Aquaris E4.5 juga termasuk kategori menengah yaitu layar sentuh berukuran 4,5 inchi dengan resolusi qHD 960 x 540 pixel berteknologi IPS kapasitif, prosesor MediaTek @1,3 GHz quad-core, RAM 1 GB, memori internal 8 GB, dual micro-SIM, kamera belakang 8 megapixel, kamera depan 5 megapixel. Dan untuk tampilan interface sendiri, smartphone Ubuntu ini hampir mirip dengan Android. Hanya saja memiliki launcher khas Ubuntu desktop.
Bagi yang penasaran, berikut ini video tampilan Smartphone BQ Aquaris E4.5.


   BQ Aquaris E4.5 akan dirilis dengan harga 170 euro atau sekitar Rp 2,4 juta. Akan tetapi untuk sementara ini akan tersedia untuk wilayah Eropa saja dalam waktu dekat. Hmmm,, dengan sistem operasi yang cukup populer saat ini, mampukah BQ Aquaris E4.5 akan dapat bersaing dengan Android dan Windows Phone di masa depan.?? Kita tunggu saja perkembangannya.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »