Android One: Smartphone Murah Dari Google Untuk Negara Berkembang


   Baru-baru ini Google menghadirkan smartphone Android One untuk orang-orang yang tinggal di negara berkembang. Raksasa internet Amerika Serikat tersebut mengumumkan inisiatif Android One dalam ajang Google I/O, Juni 2014 lalu.
   Tujuan utama Google adalah ingin seluruh penduduk dunia mendapatkan smartphone murah, berkualitas, lalu dapat terhubung ke dunia maya dan seluruh orang di lokasi manapun, bisa mengakses teknologi juga informasi-informasi terbaru di dunia.

Android One

   Smartphone Android One adalah sebuah smartphone dengan harga yang sangat terjangkau berdasarkan standar rancangan hardware langsung dari Google dengan menggandeng sejumlah vendor lokal di masing-masing negara terpilih. Awalnya, proyek Android One terwujud pertama kali di India pada Pada September 2014. Karena tujuan utamanya untuk mempermudah akses smartphone bagi semua orang, para vendor yang bekerja sama dengan Google juga menetapkan harga menjadi sangat terjangkau.
   Harga smartphone Android One di India dibatasi di kisaran 100 Dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta. Selain itu, Google memberikan jaminan bahwa piranti lunak Google dapat di-update secara gratis. Tetapi dengan syarat, pengguna harus menggunakan kartu SIM milik operator yang telah bekerja sama dengannya.
   Kabar gembiranya, bahwa smartphone Android One juga dipastikan meluncur di Indonesia. dalam situs resmi Android One sudah memberikan pengumuman resmi tentang tiga smartphone Android One yang meluncur di Indonesia. Diantaranya, adalah Evercoss One X, Mito Impact dan Nexian Journey. Ketiga smartphone tersebut dibuat oleh vendor lokal Indonesia.
   Spesifikasinya pun setara, yaitu Layar ukuran FWVGA 4,5 inci, prosesor quad-core 1,3 GHz, RAM 1GB, kamera depan 2 megapixel, dan kamera utama 5 megapixel. Menariknya, ketiga smartphone tersebut sudah menggunakan sistem operasi Android terbaru yaitu Android Lollipop 5.1. Google juga menjamin update piranti lunak di Android One ini. Dengan syarat pengguna harus menggunakan kartu SIM Telkomsel. Dan untuk harganya, tidak jauh berbeda dengan harga yang ditetapkan Google untuk negara India.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »