Cara Melihat Link Asli Dibalik Short URL


image short link

   Di internet, seringkali kita menjumpai berbagai link atau URL (Uniform Resource Locator) untuk menuju ke suatu halaman website tertentu. Dengan adanya link maka kita akan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan ataupun juga membagikan suatu informasi kepada orang lain.
   Salah satu bentuk link atau URL yang biasa kita temukan di internet yaitu berupa link pendek atau biasa disebut juga short URL. Sama seperti link atau URL yang lain, short URL jika di klik maka akan menuju ke suatu halaman website tertentu. Hanya saja pada short URL ini, link asli disembunyikan. Dengan kata lain, short URL ini berfungsi untuk menyederhanakan link atau URL asli yang biasanya memiliki karakter yang panjang menjadi lebih pendek. Contohnya pada short URL berikut ini, goo.gl/d6jTxK , bit.ly/FSprHidd . Jika kamu klik salah satu link tersebut, maka akan menuju ke salah satu artikel di blog ini.
   Akan tetapi, banyak sekali orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan short URL ini menyembunyikan link spam, script berbahaya, phishing, penipuan, penyebaran virus, dan lain-lain. Oleh sebab itu, kamu perlu hati-hati sebelum memutuskan menge-klik short URL. Jika kamu tidak yakin apakah short URL yang akan kamu buka tersebut aman atau tidak, maka sebaiknya kamu lihat dulu link asli yang menggunakan layanan URL Shortener seperti bitly.com, goo.gl, adf.ly dan lain-lain dengan menggunakan LongURL.

UPDATE 04-04-2016:

Saat ini situs LongURL - http://longurl.org/ sudah tidak bisa diakses lagi.
Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba salah satu situs URL Expander yang aku rekomendasikan berikut ini:
  • URL Expander - http://urlex.org/
    Di situs ini kamu bisa memasukkan beberapa short URL sekaligus dan menampillkan link asli dari beberapa short URL tersebut.
  • CheckShortURL - http://checkshorturl.com/
    Situs ini dapat menampilkan detail informasi dari short URL. Diantaranya, informasi tentang link asli, judul halaman, deskiripsi halaman, keyword, dan nama Author. Bahkan kamu juga bisa langsung mengecek keamanan link asli dari short URL tersebut melalui layanan Google safebrowsing, Norton, Web Of Trust, McAfee SiteAdvisor, dan Sucuri.

LongURL merupakan URL Expander yang mampu melihat sekitar kurang lebih 340 jenis short URL. Nah, untuk menggunakannya. Berikut ini caranya:

Pertama, silahkan kunjungi situs LongURL disini:   http://longurl.org/

Kemudian, tinggal kamu paste-kan short URL yang ingin kamu lihat, lalu klik Expand.

LongURL

Maka akan terlihat detail rincian link yang asli, Judul dan juga keyword halaman di balik short URL tersebut.

LongURL

Dengan menggunakan layanan LongURL ini maka kamu tidak perlu penasaran lagi dengan short URL yang ingin kamu buka.

Semoga bermanfaat..
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »