7 Tips Aman Berselancar di Internet


Berselancar di Internet

   Internet saat ini bisa dikatakan telah menjadi "kebutuhan sehari-hari" bagi para pencari informasi yang up to date. Karena dengan internet kita dapat melakukan banyak hal seperti, mencari semua informasi yang kita butuhkan dengan cepat tanpa harus membuka buku ataupun juga menonton televisi terlebih dahulu, bermain di sosial media, kegiatan upload dan download, dan lain-lain.
   Tapi seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali kejahatan yang dilakukan melalui internet. Namun juga tidak jarang banyak orang menganggap sepele tentang bahaya berselancar di internet dan tanpa mereka sadari ada saja program jahat yang masuk ke dalam PC / Laptop dan merusak data yang ada. Oleh karena itu, kali ini aku akan berbagi tentang 7 tips aman saat berselancar di internet.

#1. Selalu Gunakan Browser yang Up to Date

Terkadang browser yang jarang diupdate juga bisa menjadi media penyebaran program jahat. Karena browser dengan versi lama belum mendapatkan patch atau tambalan untuk celah keamanan oleh para developer browser tersebut. Oleh sebab itu pastikan untuk selalu menggunakan browser versi terbaru karena telah mendapatkan "penambalan" pada celah keamanannya.

#2. Selalu Gunakan Anti Virus yang Memiliki Fitur Real-Time Protection

Pastikan anti virus yang kamu gunakan memiliki fitur real-time protection. Maksudnya, anti virus tersebut mampu untuk terus melindungi komputermu dan bekerja secara otomatis dalam berbagai hal. Ini sangat diperlukan agar kamu tetap aman saat sedang berselancar di internet.
Dan gunakanlah anti virus yang original atau juga kamu dapat menggunakan anti virus versi gratis dengan kemampuan yang lumayan baik. Seperti Avast Free Anti Virus. Dan jangan lupa, untuk selalu rutin mengupdate database anti virus agar komputermu lebih aman lagi.

#3. Jangan Gunakan Aplikasi Downloader Dari Situs Download

Ini sering kita temui jika kita ingin mendownload aplikasi dari situs-situs sharing file. Kita terlebih dahulu akan disuruh mendownload aplikasi downloader buatan dari situs tersebut yang kemudian akan digunakan untuk mendownload aplikasi yang kita inginkan.
Biasanya, ciri-ciri dari aplikasi downloader ini mempunyai ukuran file lebih kecil dari ukuran file aplikasi yang kita inginkan. Oleh sebab itu, kita harus waspada. Karena bisa jadi aplikasi tersebut telah disisipi oleh malware. Dan pastikan kamu hanya menggunakan aplikasi downloader yang terpercaya, contohnya seperti Internet Download Manager.

#4. Jangan Membuka Iklan Sembarangan

Biasanya jika kita mengunjungi situs tertentu, kita sering melihat iklan yang sifatnya "merayu" kamu untuk menggunakan jasa atau mendownload produknya. Ini juga dapat menjadi masalah jika kamu ceroboh dan membuka iklan tersebut.
Karena bisa jadi iklan itu malah berisikan virus, malware atau adware yang dapat merusak komputermu. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati dalam membuka iklan dan melihat sumbernya jelas atau tidak.

#5. Hati-hati Jika Ingin Melakukan Transaksi di Internet

Jangan terlalu sering melakukan kegiatan transaksi internet contohnya pembayaran tagihan, transaksi bank dan lain-lain dengan menggunakan perangkat komputer milik umum, misalnya di warnet atau fasilitas internet gratis yang melalui jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum. Karena hal ini akan sangat beresiko sekali pencurian data-data pribadi kamu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab/hacker maupun keylogger.
Baca Juga Cara Menghindar dari Serangan Keylogger

#6. Perhatikan Tingkat Keamanan Pada Website yang Kamu Kunjungi

Pastikan untuk selalu memperhatikan tingkat keamanan website sebelum kamu memasukkan data-data yang sensitif. Dan periksa juga petunjuk enkripsi, misalkan alamat website,nya dengan awalan 'https' ataupun terdapat logo kunci gembok yang biasanya ada di sudut kiri pada address bar browser kamu.

#7. Gunakan Sistem Operasi yang Terbaru

Sama seperti browser, sistem operasi (Operating System/OS) pun perlu diperbarui. Karena dengan semakin berkembangnya sistem di dunia komputer, OS versi yang lama juga akan meninggalkan celah keamanan.
Untuk itu bagi kamu yang saat ini menggunakan OS yang "lawas", contohnya Windows XP. Sebaiknya segera meng-upgrade ke versi yang lebih baru seperti Windows 8 ataupun bisa juga Windows 7.

Itulah 7 tips aman berselancar di internet. Jadi intinya kamu harus lebih bijak dalam menggunakan internet. Karena jika kita berhati-hati, hal seburuk apapun akan dapat kita hindari.

Semoga bermanfaat..
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »