Cara Menonaktifkan Izin Removable Drive


Access Denied

  Apakah kamu sering kesal bila memiliki komputer atau laptop yang sering digunakan oleh teman kamu untuk saling bertukar file melalui Flashdisk?? Memang secara default, seluruh akses device removable diizinkan oleh Windows untuk dapat di baca oleh semua user.
  Kita ambil saja contohnya Flashdisk. Flashdisk merupakan media penyimpanan yang sangat praktis sampai saat ini. Akan tetapi, Flashdisk juga salah satu media yang sering digunakan berbagai macam virus untuk menginfeksi komputer.
  Oleh sebab itu, jika komputer atau laptop kamu sering digunakan teman kamu untuk bertukar file, maka kamu perlu menonaktifkan izin removable drive. Sehingga dengan cara ini, maka komputer kamu akan aman dari resiko terinfeksi virus. Tidak hanya Flashdisk saja, kamu juga menonaktifkan izin dari harddisk external, CD/DVD ataupun juga device removable lainnya. Jadi misalkan, jika teman kamu mencoba memasukkan Flashdisk, komputer tidak akan mendeteksi adanya device tersebut.
Ingin tahu caranya?? Berikut ini caranya:

Pertama, buka Run. Dengan cara tekan tombol Win + R . Kemudian ketikkan gpedit.msc lalu OK.

Windows Run

Pada panel sebelah kiri pili User Configuration > Administrative Templates > System > Removable Storage Access. Kemudian pada panel sebelah kanan, pilih menu All Removable Storage classes: Deny all access lalu klik kanan pilih Edit.

Group Policy Editor Windows 7

Ubah pengaturannya menjadi Enable untuk menonaktifkan izin removable drive. Lalu klik OK.

Group Policy Editor Windows

Sekarang kamu coba masukkan Flashdisk atau removable drive lainnya, maka akan muncul peringatan seperti ini.
Access Denied
Untuk mengembalikannya, pada langkah yang ke-3. Ubah pengaturannya dari Enable menjadi Disable atau Not Configured.  Kemudian Restart komputer.
Oiya, trik ini dapat juga digunakan untuk menjaili komputer teman kamu lho.. Sehingga teman kamu akan kebingungan kenapa komputernya menolak semua Flashdisk. Hehehe..... XD

Semoga bermanfaat...
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »