Cara Mengetahui Waktu Lama Komputer Menyala


Cara Mengetahui Waktu Lama Komputer Menyala

  Berapa lama kamu bekerja dengan menggunakan komputer?? Rata-rata, setiap orang menggunakan komputer selama 3 - 5 jam perhari. Apakah kamu juga salah satu tipe orang yang betah berjam - jam didepan komputer?? Memang suatu komputer dapan menyala hingga berjam - jam atau bahkan sampai berhari - hari sesuai dengan kebutuhan.
  Akan tetapi, pemakaian komputer yang terlalu lama dapat meningkatkan temperatur yang menyebabkan suhu komputer menjadi terlalu panas (overheat). Hal ini juga dapat menimbulkan resiko komputer sering lambat, sering  tidak merespon (Not Responding) . Atau bahkan terjadi kerusakan komponen di dalam komputer.
  Oleh karena itu, untuk menghindari semua masalah tersebut. Kamu perlu mengetahui berapa lama komputer menyala. Untuk cara mengeceknya sangat mudah sekali. Tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Hanya menggunakan aplikasi bawaan Windows. Berikut ini caranya :

Pertama, buka Task Manager dengan cara klik kanan pada Taskbar. Lalu pilih Start Task Manager.

Taskbar Windows 7

Kemudian buka tab Performance. Perhatikan pada kotak System akan ada informasi yang bernama Up Time, waktu yang tertera pada informasi inilah yang menunjukkan sudah berapa komputer kamu menyala.

Task Manager Windows 7

  Penghitungan waktu lama pemakaian komputer ini dihitung mulai dari komputer start pertama kali (booting) sampai saat kamu melakukan pengecekan waktu pemakaian.
  Dengan cara diatas, maka kamu dapat mengistirahatkan komputer sejenak jika sudah menggunakannya terlalu lama dengan melakukan shutdown ataupun juga bisa hibernate agar komputer kamu tetap awet.

Semoga bermanfaat..

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »